Roboguru

Jenis pola pengembangan paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah...

Pertanyaan

Jenis pola pengembangan paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah... space

  1. deduktif space

  2. induktif space

  3. campuran space

  4. deduktif-induktif space

  5. induktif-deduktif space

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat tentang suatu permasalahan dengan menyajikan argumen/pendukung berupa bukti, contoh, dan alasan yang logis. Teks eksposisi memiliki pola pengembangan tertentu, yaitu:

  • Paragraf deduktif, merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir. Letak penempatannya diawali dengan kalimat utama (umum), kalimat penjelas (khusus), kalimat penjelas (khusus).
  • Paragraf induktif, merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal. Letak penempatannya diawali dengan kalimat penjelas (khusus), kalimat penjelas (khusus), kalimat utama (umum).
  • Paragraf campuran, merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir. Letak penempatannya diawali dengan kalimat utama (umum), kalimat penjelas (khusus), kalimat penjelas (khusus), kalimat utama (umum).

Berdasarkan soal, teks eksposisi tersebut diawali kalimat utama berupa banyak usaha yang dilakukan manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Kemudian kalimat selanjutnya terdapat kalimat penjelasan mengenai upaya yang dimaksud yaitu upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang alam dan menanamkan budaya pelestari. Maka paragraf tersebut termasuk paragraf deduktif.
Dengan demikian, jenis pola pengembangan paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah deduktif.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gagasan utama paragraf di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah inti pembahasan pada sebuah paragraf. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola deduktif, yakni kalimat utama ada di awal kalimat. Cara menentukan gagasan utama adalah dengan melihat kalimat utamanya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan tersirat yang terdapat dalam teks tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi sebuah informasi yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan kepada kita semua mengenai suatu hal.

Tersirat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah terkandung; tersembunyi (di dalamnya).

Untuk menentukan pernyataan tersirat, kita harus membaca teks tersebut secara saksama. Pada teks terdapat kalimat:

  • “Penderita biasanya akan mengalami gejala seperti flu.”
  • “Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).”

Berdasarkan kedua kalimat tersebut, kita dapat mengetahui pernyataan tersirat yang terdapat dalam teks tersebut, yaitu “Akibat yang ditimbulkan virus korona tidak selalu sama antara penderita satu dan lainnya.”


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Kalimat penjelas yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

    Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang isinya merupakan penjelasan, uraian, atau berupa rincian-rincian detail tentang kalimat utama suatu paragraf. Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang bersifat khusus dan berfungsi untuk mengembangkan gagasan utama pada sebuah paragraf.

    Kalimat utama teks tersebut adalah Jambu biji yang berwarna merah dapat digunakan sebagai obat bagi penderita demam berdarah. Maka kalimat penjelas yang tepat untuk melengkapi kalimat utama tersebut yaitu mengenai kandungan dari jambu biji tersebut.

    Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space

 

0

Roboguru

Gagasan utama paragraf tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi merupakan karangan yang berisi gagasan dan fakta. Teks eksposisi mengandung informasi atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan. Paragraf dalam teks eksposisi sendiri sifatnya ilmiah atau non-fiksi.

Gagasan utama atau gagasan pokok adalah inti atau pokok dari sebuah pembahasan. Gagasan utama biasanya berupa kalimat dalam paragraf. Dengan kata lain, gagasan utama merupakan kalimat yang menjadi dasar dari sebuah penjelas atau pengembang dalam sebuah paragraf.

Gagasan utama paragraf di atas adalah musim semi yang membawa kehangatan bagi warga Jepang. Hal ini dikarenakan pada keseluruhan isi teks memaparkan mengenai fenomena yang terjadi pada musim semi di Jepang.space 

0

Roboguru

(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakkan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa kasus yang benar-benar merusak li...

Pembahasan Soal:

Kalimat utama merupakan kalimat yang menjiwai seluruh isi paragraf. Kalimat ini bisa terletak di awal ataupun di akhir paragraf. Dalam teks ini, kalimat utama terletak di awal paragraf, yakni dalam kalimat pertama (1) Terjadinya kerusakan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. Kalimat ini kemudian diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya, yakni kalimat (2), (3), dan (4). Dalam kalimat (2), dijelaskan mengenai beberapa kasus yang luput dari jeratan hukum. Sementara itu, dalam kalimat (3) dijelaskan bahwa kasus pengrusakan lingkungan sebaiknya ditindak secara hukum. Kata kunci paragraf ini adalah: penegakan hukum.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved