Roboguru

Jenis peta tematik Peta persebaran sumber daya alam Peta jalur transportasi Peta topografi Peta geologi Berdasarkan jenis peta tersebut diatas, bermanfaatan untuk....

Pertanyaan

Jenis peta tematik

  1. Peta persebaran sumber daya alam
  2. Peta jalur transportasi
  3. Peta topografi
  4. Peta geologi

Berdasarkan jenis peta tersebut diatas, bermanfaatan untuk....space  

  1. Perencanaan tata kota

  2. Perencanaan situs pertambangan

  3. Perencanaan mitigasi bencana alam

  4. Perencanaan pengembangan wilayah

  5. Perencanaan kawasan industri padat karya

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Peta-peta tersebut dapat dimanfaatkan untuk perencanaan situs pertambangan atau sumber daya alam tambang. Hal ini karena untuk melakukan perencanaan pembangunan situs pertambangan perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut terkait kondisi batuan di wilayah tersebut yang dapat diamati dari peta geologi (mengetahui jenis bahan galian tambang), peta jalur transportasi sebagai pertimbangan aksesibilitas pengangkutan barang tambang dan alat berat, peta persebaran SDA untuk mengetahui letak SDA pertambangan yang akan digali, serta peta topografi untuk mengetahui relief bentuk permukaan daerah yang akan direncanakan sebagai situs pertambangan agar mempermudah perencanaan pembangunan baik dari segi akses atau rencana pertambangan.

​​​​​​​Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Adam seorang pengusaha ingin membuka industri di daerah pedesaan maka jenis peta yang dibutuhkan adalah ....

Pembahasan Soal:

Penggunaan peta tata guna lahan untuk melihat penggunaan lahan di daerah pedesaan, ilustrasi soal menjelaskan Adam ingin membuka industri, untuk menghindari penggunaan lahan yang salah, oleh karenanya Adam sangat membutuhkan sebuah peta yang bisa menjelaskan penggunaan lahan di daerah tersebut. Jawaban yang tepat adalah peta tata guna lahan.

Roboguru

Dilihat dari jenisnya peta terbagi atas peta umum dan peta tematik. Adapun kegunaan peta tematik adalah mempermudah ....

Pembahasan Soal:

Peta tematik merupakan jenis peta yang hanya menampilkan sebagian permukaan bumi yang ingin ditampilkan. Peta ini berfungsi untuk menunjukan informasi khusus tentang wilayah di muka bumi, misalnya seperti kenampakan alam tertentu, baik kondisi fisik maupun sosial budaya. Contoh peta tematik adalah peta penggunaan lahan, peta kepadatan penduduk, peta curah hujan, dan lainnya.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Roboguru

Peta yang diperlukan penduduk untuk meminimalisir kemacetan dan demi kelancaran mudik lebaran adalah ….

Pembahasan Soal:

Peta yang diperlukan untuk mengurangi kemacetan demi kelancaran mudik lebaran adalah Peta jalur transportasi. Peta tersebut menyajikan informasi mengenai jaringan jalan yang dapat dilalui para pemudik, baik jalan utama maupun jalan alternative menuju kota-kota tertentu.

Pilihan jawaban lain pada soal, peta-peta tersebut tidak memberikan informasi mengenai jaringan jalan, sehingga kurang tepat untuk dijadikan pilihan jawaban.

Roboguru

Berikut ini yang merupakan contoh dari peta tematik adalah ….

Pembahasan Soal:

Peta khusus adalah jenis peta yang menampilkan ketampakan permukaan bumi yang bersifat khusus. Contoh dari peta tematik adalah peta daerah rawan bencana, peta tata guna lahan, peta transmigrasi, peta transportasi, peta rute perjalanan KRL, dan lain-lain. Jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Peta tematik: peta topografi peta curah hujan peta irigasi peta tata guna lahan peta penyebaran penduduk Peta yang diperlukan untuk mitigasi bencana banjir sesuai angka ...

Pembahasan Soal:

Dari pilihan jawaban diatas, peta yang bisa digunakan untuk mitigas bencana banjir adalah peta topografi, peta curah hujan, dan peta tata guna lahan. Peta topografi digunakan untuk mengidentifikasi ketinggian-ketinggian tempat, peta curah hujan digunakan untuk mengindentifikasi input presipitasi yang masuk ke suatu wilayah, dan peta tata guna lahan digunakan untuk menganalisis penggunaan lahan di sautu wilayah.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved