Pertanyaan

Kebiasaan merokok membahayakan kesehatan. Ada berbagai bahan kimia berbahaya dalam kandungan rokok. Zat kimia tersebut dapat menimbulkan kanker apabila dihirup oleh perokok. Perokok pasif lebih rentan terkena bahaya asap rokok. Rokok juga menimbulkan ketergantungan para pemakainya.space 

Jenis paragraf tersebut adalah ....

Jenis paragraf tersebut adalah ....space 

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jenis paragraf tersebut adalah paragraf argumentasi.

jenis paragraf tersebut adalah paragraf argumentasi.space 

Pembahasan

Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang di dalamnya memiliki satu ide pokok dengan cara penulisan yang terdiri dari beberapa baris. Paragraf di bagi menjadi beberapa jenis yaitu: Paragraf Narasi. Narasi merupakan paragraf yang memiliki cerita atau penjelasan tentang suatu kejadian yang nampak seperti dialami oleh pembaca paragraf tersebut. Paragraf Deskripsi. Deskripsi adalah paragraf yang menjelaskan suatu objek secara detail sehingga pembaca dapat turut merasakan, melihat, dan mendengar objek. Biasanya paragraf deskripsi ditulis secara objektif dari apa yang dilihat dan dirasakan penulis. Paragraf Eksposisi. Eksposisi merupakan paragraf yang berisi uraian tentang suatu topik dengan tujuan menyampaikan informasi dan menambah wawasan kepada pembaca. Paragraf Argumentasi. Argumentasi berisi tentang ide atau gagasan pemikiran (argumen) beserta alasan dari penulis. Biasanya paragraf argumentasi didukung oleh data-data, bukti ataupun contoh yang dapat menguatkan pendapat si penulis. Paragraf di atas berisi argumentasi penulis menganai alasan mengapa kebiasaan merokok dapat membahayakan kesehatan diantaranya karena adanya bahan kimia berbaha di dalam rokok yang dapat menimbulkan kanker apabila dihirup oleh perokok. Jadi, jenis paragraf tersebut adalah paragraf argumentasi.

Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang di dalamnya memiliki satu ide pokok dengan cara penulisan yang terdiri dari beberapa baris. Paragraf di bagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Paragraf Narasi. Narasi merupakan paragraf yang memiliki cerita atau penjelasan tentang suatu kejadian yang nampak seperti dialami oleh pembaca paragraf tersebut.
  2. Paragraf Deskripsi. Deskripsi adalah paragraf yang menjelaskan suatu objek secara detail sehingga pembaca dapat turut merasakan, melihat, dan mendengar objek. Biasanya paragraf deskripsi ditulis secara objektif dari apa yang dilihat dan dirasakan penulis.

  3. Paragraf Eksposisi. Eksposisi merupakan paragraf yang berisi uraian tentang suatu topik dengan tujuan menyampaikan informasi dan menambah wawasan kepada pembaca.

  4. Paragraf Argumentasi. Argumentasi berisi tentang ide atau gagasan pemikiran (argumen) beserta alasan dari penulis. Biasanya paragraf argumentasi didukung oleh data-data, bukti ataupun contoh yang dapat menguatkan pendapat si penulis.

Paragraf di atas berisi argumentasi penulis menganai alasan mengapa kebiasaan merokok dapat membahayakan kesehatan diantaranya karena adanya bahan kimia berbaha di dalam rokok yang dapat menimbulkan kanker apabila dihirup oleh perokok.

Jadi, jenis paragraf tersebut adalah paragraf argumentasi.space 

506

5.0 (1 rating)

Muhammad Naufal Fakhri Adriel 8C

Makasih ❤️ Ini yang aku cari! Mudah dimengerti

Iklan

Pertanyaan serupa

Pasangan calon gubernur berusaha meyakinkan masyarakat bahwa mereka akan memberikan tingkat kesejahteraan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Asal jangan ... saja yang diberikan pada rakyat karena n...

155

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia