Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jenis-jenis fauna : tapir; badak; banteng; lutung; orangutan. Fauna khas yang terdapat di pulau Jawa terdapat pada angka .....

Jenis-jenis fauna :

  1. tapir;
  2. badak;
  3. banteng;
  4. lutung;
  5. orangutan.

Fauna khas yang terdapat di pulau Jawa terdapat pada angka .....

  1. 1, 2, dan 3

  2. 1, 3, dan 5

  3. 1, 4, dan 5

  4. 2, 3, dan 4

  5. 2, 4, dan 5

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Fauna khas yang terdapat di pulau Jawa terdapat pada angka (2), (3), dan (4). (2) badak. Badak Jawa dengan nama latin “Rhinoceros sondaicus” merupakan salah satu hewan endemik terlangka di dunia, dimana diperkirakan jumlah populasinya tidak lebih dari 60 ekor saja yang menyebar di Taman Nasional Ujung Kulon. (3) banteng. Hewan endemik di pulau Jawa adalah Banteng Jawa dengan nama latin “Bos javanicus javanicus” merupakan satu dari lima jenis banteng yang ada di dunia, dimana satu di antaranya sudah punah. (4) Lutung. Lutung Jawa dengan nama latin “Trachypithecus auratus” merupakan salah satu hewan endemik di negara Indonesia yang bisa ditemukan di pulau Jawa, Bali, dan Lombok, pulau Sempu, dan Nusa Barung. Lutung Jawa dianggap sebagai hewan yang rentan terhadap habitat dan pemburuan sehingga sudah dilindungi oleh undang-undang negara sejak tahun 1999.

Fauna khas yang terdapat di pulau Jawa terdapat pada angka (2), (3), dan (4).

(2) badak. Badak Jawa dengan nama latin “Rhinoceros sondaicus” merupakan salah satu hewan endemik terlangka di dunia, dimana diperkirakan jumlah populasinya tidak lebih dari 60 ekor saja yang menyebar di Taman Nasional Ujung Kulon.

(3) banteng. Hewan endemik di pulau Jawa adalah Banteng Jawa dengan nama latin “Bos javanicus javanicus” merupakan satu dari lima jenis banteng yang ada di dunia, dimana satu di antaranya sudah punah.

(4) Lutung. Lutung Jawa dengan nama latin “Trachypithecus auratus” merupakan salah satu hewan endemik di negara Indonesia yang bisa ditemukan di pulau Jawa, Bali, dan Lombok, pulau Sempu, dan Nusa Barung. Lutung Jawa dianggap sebagai hewan yang rentan terhadap habitat dan pemburuan sehingga sudah dilindungi oleh undang-undang negara sejak tahun 1999.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Identifikasikanlah daerah fauna Asiatis di Indonesia!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia