Roboguru

Jenis ikatan yang dimiliki oleh larutan nonelektrolit adalah ikatan kovalen mengapa senyawa kovalen tidak dapat menghantarkan arus listrik?

Jenis ikatan yang dimiliki oleh larutan nonelektrolit adalah ikatan kovalen mengapa senyawa kovalen tidak dapat menghantarkan arus listrik?undefined 

Jawaban:

Senyawa kovalen polar murni, tanpa dilarutkan dalam air, tidak dapat menghantarkan arus listrik karena molekul-molekulnya tidak mengandung ion-ion. Saat senyawa kovalen polar dilarutkan dalam air, akan terurai menjadi ion-ion penyusunnya yang dapat bergerak bebas sehingga dapat menghantarkan arus listrik. Namun, ada pula senyawa kovalen polar yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Contohnya begin mathsize 14px style C H subscript 3 O H end style (metanol) dan begin mathsize 14px style C subscript 12 H subscript 22 O subscript 11 end style (sukrosa). Di dalam pelarut air metanol dan sukrosa tidak dapat terurai menjadi ion sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik. Senyawa kovalen non polar memiliki ikatan yang kuat sehingga tidak dapat terionisasi dalam air. Hal ini mengakibatkan tidak terdapat ion-ion yang mampu melepas dan mehangka:p elektron.

Jadi, senyawa kovalen tidak dapat menghantarkan arus listrik karena tidak memiliki ion-ion yang bergerak bebas.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved