Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jenis hewan yang memilikikesesuaian antara kelas dan tempat hidupnya adalah ....

Jenis hewan yang memiliki kesesuaian antara kelas dan tempat hidupnya adalah .... 

  1. (1) dan (5)

  2. (1) dan (6)

  3. (2) dan (4) 

  4. (2) dan (5) 

  5. (3) dan (6) 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Badak Jawa ( Rhinoceros sondaicus ) atauJavan rhinomerupakan spesies paling langka diantara 5 spesies badak yang ada di dunia. Di Indonesia terdapat dua spesies badak, yaitu Badak Jawa dan Badak Sumatera. Badak Jawa Badak termasuk kedalam ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Ukuran culanya lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya sekitar 20 cm.. Badak Jawa merupakan hewan yang termasuk kedalam kelas Mamalia. Hewan Mamalia memiliki ciri yaitu diantaranya memiliki tulang belakang, berkembang biak dengan melahirkan (vivipar), memiliki kelenjar mamae, berdaun telinga, dan memiliki rambut yang menutupi tubuhnya. Burung kasuari ( Casuarius casuarius ) merupakan hewan endemik dari Papua. Burung ini memiliki ciri yaitu ukuran tubuh yang sangat besar yang tingginya bisa mencapai 1,5 meter, bulu yang kaku dan keras dengan yang berwarna hitam, anduk yang tinggi berwarna kecoklatan pada bagian atas kepala, dan paruh yang besar dan kuat. Burung Kasuari termasuk kedalam kelompok Aves karena memiliki ciri tubuh ditutupi oleh bulu, mempunyai sayap untuk terbang, memiliki pundi-pundi udara, dan berkembang biak dengan bertelur (ovipar).

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) atau Javan rhino merupakan spesies paling langka diantara 5 spesies badak yang ada di dunia. Di Indonesia terdapat dua spesies badak, yaitu Badak Jawa dan Badak Sumatera. Badak Jawa Badak termasuk kedalam ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Ukuran culanya lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya sekitar 20 cm.. Badak Jawa merupakan hewan yang termasuk kedalam kelas Mamalia. Hewan Mamalia memiliki ciri yaitu diantaranya memiliki tulang belakang, berkembang biak dengan melahirkan (vivipar), memiliki kelenjar mamae, berdaun telinga, dan memiliki rambut yang menutupi tubuhnya.

Burung kasuari (Casuarius casuarius) merupakan hewan endemik dari Papua. Burung ini memiliki ciri yaitu ukuran tubuh yang sangat besar yang tingginya bisa mencapai 1,5 meter, bulu yang kaku dan keras dengan yang berwarna hitam, anduk yang tinggi berwarna kecoklatan pada bagian atas kepala, dan paruh yang besar dan kuat. Burung Kasuari termasuk kedalam kelompok Aves karena memiliki ciri tubuh ditutupi oleh bulu,  mempunyai sayap untuk terbang, memiliki pundi-pundi udara, dan berkembang biak dengan bertelur (ovipar).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

3329_Rizka Zahratul Maulia

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jenis hewan yang memiliki kesesuaian antara kelasdan tempat hidupnya adalah ....

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia