Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jenis hewan: (1) kasuari; (2) badak; (3) kanguru; (4) kakatua; (5) banteng. Hewan khas Indonesia timur terdapat pada angka ....

Jenis hewan:

(1) kasuari;

(2) badak;

(3) kanguru;

(4) kakatua;
(5) banteng.
Hewan khas Indonesia timur terdapat pada angka ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (3), dan (4)

  3. (2), (3), dan (4)

  4. (2), (3), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

  6. (1), (2), dan (3)

  7. (1), (3), dan (4)

  8. (2), (3), dan (4)

  9. (2), (3), dan (5)

  10. (3), (4), dan (5)

Iklan

C. Julaika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

adalah salah satu dari dua genus burung di dalam suku Casuariidae . Genus ini terdiri dari tiga spesies kasuari yang berukuran sangat besar dan tidak dapat terbang. Daerah sebaran ketiga spesies ini adalah di hutan tropis dan pegunungan di Pulau Irian . Kasuari Gelambir ganda adalah satu-satunya spesies burung kasuari yang terdapat di Australia . Badak. Di Indonesia terdapat 2 jenis badak, yaitu badak jawa ( Rhinocerus sondaicus) yang beratnya bisa mencapai sekitar 2 ton dan badak bercula satu. Badak sumatera ( Dicerorhinus sumatrensis ) yang beratnya mencapai sekitar 1 ton, merupakan badak terkecil yang masih hidup, serta mempunyai tonjolan kecil selain cula sehingga terkesan bercula dua. ataukangguruadalah hewan mamalia yang memiliki kantung ( marsupialia ) . Hewan ini termasuk hewan khas Australia . Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru . Kanguruternyata tidak hanya terdapat di Autralia saja. Ternyata di Indonesia, tepatnya di Papua, juga memiliki Kangguru, spisies yang mempunyai ciri khas kantung di perutnya ( Marsupialia ). Kanguru Papua ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kanguru Australia ( Cacatuidae ) adalah jenis burung hias yang memiliki bulu yang indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring.Kakatua raja hitam merupakan hewan asli pulau Papua dan Australia .Hewan ini biasanya ditemukan di kepulauan Aru , pulau Misool di bagian barat pulau Papua, Irian Barat, Selatan Papua Nugini dari Timur Marauke sampai teluk Papua, dan di Australia pada kawasan utara tanjung York Peninsula. Banteng hanya terdapat di Jawa dan di Kalimantan dalam jumlah sedikit. Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk hewan khas Indonesia Timur adalah (1). Kasuari, (3). Kanguru dan (4). Kakatua.

  1.  adalah salah satu dari dua genus burung di dalam suku . Genus ini terdiri dari tiga spesies kasuari yang berukuran sangat besar dan tidak dapat terbang. Daerah sebaran ketiga spesies ini adalah di hutan tropis dan pegunungan di Pulau .  adalah satu-satunya spesies burung kasuari yang terdapat di .
  2. Badak. Di Indonesia terdapat 2 jenis badak, yaitu badak jawa (Rhinocerus sondaicus) yang beratnya bisa mencapai sekitar 2 ton dan badak bercula satu. Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) yang beratnya mencapai sekitar 1 ton, merupakan badak terkecil yang masih hidup, serta mempunyai tonjolan kecil selain cula sehingga terkesan bercula dua.
  3.  atau kangguru adalah hewan  yang memiliki kantung (). Hewan ini termasuk hewan khas . Kata kangurudiambil dari bahasa  gangguru. Kanguru ternyata tidak hanya terdapat di Autralia saja. Ternyata di Indonesia, tepatnya di Papua, juga memiliki Kangguru, spisies yang mempunyai ciri khas kantung di perutnya (Marsupialia). Kanguru Papua ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kanguru Australia
  4.  (Cacatuidae) adalah jenis burung hias yang memiliki bulu yang indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring. Kakatua raja hitam merupakan hewan asli pulau  dan .Hewan ini biasanya ditemukan di ,  di bagian barat pulau Papua, Irian Barat, Selatan  dari Timur  sampai teluk Papua, dan di Australia pada kawasan utara tanjung York Peninsula.
  5. Banteng hanya terdapat di Jawa dan di Kalimantan dalam jumlah sedikit.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk hewan khas Indonesia Timur adalah (1). Kasuari, (3). Kanguru dan (4). Kakatua.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Wilayah fauna Indonesia bagian timur dan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis ...

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia