Pertanyaan

Jenis fauna yang dilindungi di Indonesia adalah...

Jenis fauna yang dilindungi di Indonesia adalah...space 

  1. kanguru, orang utan, kerbau, dan kancilspace 

  2. gajah, orang utan, tapir, dan kasuarispace 

  3. kuskus, kerbau, kuda, dan kasuarispace 

  4. kuda, kambing hutan, kancil, dan kakak tuaspace 

  5. rusa, kancil, kambing hutan, dan kucingspace 

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B. space 

Pembahasan

Beberapa contoh fauna yang terancam punah dan dilindungi adalah, sebagai berikut. Orangutan. Borneo atau Kalimantan satu-satunya habitat asli. Jumlah orangutan yang terus menurun diakibatkan populasi mereka yang membutuhkan hutan lebat. Tak hanya itu, habitat mereka direbut oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk pembukaan lahan paksa. Badak bercula satu. Badak bercula satu merupakan satu dari lima spesies badak yang masih hidup di dunia. Di pulau Jawa, hewan ini hanya dapat ditemui di Taman Nasional Badak daerah Ujung Kulon, Banten. Karena dulunya banyak yang memburu culanya, jumlah spesies badak ini terus menurun. Kini hanya tersisa 50-60 ekor saja. Kasuari Kerdil merupakan salah satu hewan endemik Indonesia, dapat ditemukan di hutan-hutan papua. Kasuari memiliki warna yang begitu eksotis. Tapir merupakan hewan yang hidup soliter. Tapir sudah ada sekitar 20 juta taun lalu dan selama kurun waktu itu, tapir tidak mengalami evolusi perubahan tubuh yang berarti. Oleh karena itu, tapir termasuk kategori mamalia paling primitive di dunia. Tapir ditemukan di Pulau Sumatra. Gajah Sumatra. Populasinya tersebar di sejumlah provinsi di Sumatera mulai dari Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan hingga Lampung. Gajah Sumatra termasuk hewan endemik Indonesia. Gajah penghuni hutan Sumatera ini terancam punah karena berbagai faktor. Rusa. Terdapat 4 jenis rusa khas Indonesia yang kini masih hidup namun keadaannya sudah hampir punah, di antaranya Kijang (Muntiacus muntjak), Rusa Sambar (Cervus unicolor), Rusa Timor (Cervus timorensis), dan Rusa Bawean (Axis kuhli). Semua jenis rusa ini dilindungi karena spesiesnya yang mulai habis akibat perburuan yang berlebihan. Kanguru pohon. Jenis kanguru pohon (Dendrolagus) banyak sekali terdapat di hutan-hutan Papua. Spesies ini merupakan spesies endemik Indonesia, sehingga keberadaannya dipertahankan agar tidak sampai punah. Berdasarkan contoh-contoh tersebut, yang tercantum dalam pilihan jawaban gajah, tapir, kasuari, dan orangutan, Jadi, jawaban yang tepat adalah B .

Beberapa contoh fauna yang terancam punah dan dilindungi adalah, sebagai berikut.

  • Orangutan. Borneo atau Kalimantan satu-satunya habitat asli. Jumlah orangutan yang terus menurun diakibatkan populasi mereka yang membutuhkan hutan lebat. Tak hanya itu, habitat mereka direbut oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk pembukaan lahan paksa.
  • Badak bercula satu. Badak bercula satu merupakan satu dari lima spesies badak yang masih hidup di dunia. Di pulau Jawa, hewan ini hanya dapat ditemui di Taman Nasional Badak daerah Ujung Kulon, Banten. Karena dulunya banyak yang memburu culanya, jumlah spesies badak ini terus menurun. Kini hanya tersisa 50-60 ekor saja.
  • Kasuari Kerdil merupakan salah satu hewan endemik Indonesia, dapat ditemukan di hutan-hutan papua. Kasuari memiliki warna yang begitu eksotis. 
  • Tapir merupakan hewan yang hidup soliter. Tapir sudah ada sekitar 20 juta taun lalu dan selama kurun waktu itu, tapir tidak mengalami evolusi perubahan tubuh yang berarti. Oleh karena itu, tapir termasuk kategori mamalia paling primitive di dunia. Tapir ditemukan di Pulau Sumatra. 
  • Gajah Sumatra. Populasinya tersebar di sejumlah provinsi di Sumatera mulai dari Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan hingga Lampung. Gajah Sumatra termasuk hewan endemik Indonesia. Gajah penghuni hutan Sumatera ini terancam punah karena berbagai faktor.
  • Rusa. Terdapat 4 jenis rusa khas Indonesia yang kini masih hidup namun keadaannya sudah hampir punah, di antaranya Kijang (Muntiacus muntjak), Rusa Sambar (Cervus unicolor), Rusa Timor (Cervus timorensis), dan Rusa Bawean (Axis kuhli). Semua jenis rusa ini dilindungi karena spesiesnya yang mulai habis akibat perburuan yang berlebihan.
  • Kanguru pohon. Jenis kanguru pohon (Dendrolagus) banyak sekali terdapat di hutan-hutan Papua. Spesies ini merupakan spesies endemik Indonesia, sehingga keberadaannya dipertahankan agar tidak sampai punah. 

Berdasarkan contoh-contoh tersebut, yang tercantum dalam pilihan jawaban gajah, tapir, kasuari, dan orangutan,

Jadi, jawaban yang tepat adalah Bspace 

968

5.0 (2 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Orang utan merupakan salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia karena populasinya rendah. Masalah tersebut dapat ditangani melalui upaya ....

828

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia