Roboguru

Jenderal korban G30S/PKI yang jenazahnya ditemukan di Lubang Buaya mendapat penghargaan sebagai?

Pertanyaan

Jenderal korban G30S/PKI yang jenazahnya ditemukan di Lubang Buaya mendapat penghargaan sebagai?

Pembahasan Soal:

Pahlawan Revolusi adalah gelar yang diberikan kepada sejumlah perwira militer yang gugur dalam tragedi pada tanggal 30 September malam hingga 1 Oktober 1965. Pembantu Letnan Dua Marinir (Purnawirawan) Sugimin, 79 tahun, mengatakan baru mendapat pengakuan pemerintah sebagai salah satu petugas pengambil jenazah Pahlawan Revolusi dari sumur Lubang Buaya setelah 15 tahun. Pengakuan itu diberikan oleh TNI Angkatan Darat dalam bentuk piagam penghargaan pada 18 Oktober 1980.

Dengan demikian, Jenderal korban G30S/PKI yang jenazahnya ditemukan di Lubang Buaya mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Revolusi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam melancarkan aksi pemberontakan APRA Raymond Westerling bersekongkol dengan...

Pembahasan Soal:

Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil atau Kudeta 23 Januari adalah peristiwa yang terjadi pada 23 Januari 1950 di mana kelompok milisi Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang ada di bawah pimpinan mantan Kapten KNIL Raymond Westerling yang juga mantan komandan Depot Speciale Troepen (Pasukan Khusus) KNIL, masuk ke kota Bandung dan membunuh semua orang berseragam TNI yang mereka temui. Aksi gerombolan ini telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya oleh Westerling dan bahkan telah diketahui oleh pimpinan tertinggi militer. Untuk melancarkan aksinya, Westerling bersekutu dengan sultan Hamid II . Anggota APRA berasal dari Pasukan KNIL yang tak mau bergabung dengan Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS). Dalam waktu singkat, gerakan APRA bisa ditumpas oleh TNI. Niat mereka untuk melakukan kudeta ke Jakarta gagal karena suplai senjata yang mereka tunggu tak kunjung datang. Perlawanan ini dipatahkan di Cianjur dan Cikampek oleh TNI.space

Dengan demikian, dalam melancarkan aksi pemberontakan APRA Raymond Westerling bersekongkol dengan sultan Hamid II.

Roboguru

Pada dasarnya tujuan gerakan 30 september 1965 adalah...

Pembahasan Soal:

Tujuan utama dari G30S adalah mengulingkan pemerintahan yang sah. Dalam beberapa versi, dalang kejadian G30S tersebut terbagi menjadi beberapa kubu seperti konflik TNI AD, CIA dan Inggris,PKI sebagai dalangnya. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Apa upaya pemerintah dalam mengatasi pemberontakan dan pergorakan daerah?

Pembahasan Soal:

Memasuki tahun 1950-an, lndonesia sebagai bangsa yang baru merdeka mulai berdaulat dan belajar berpemerintahan sendiri. Bersamaan dengan itu, keadaan pasca perang belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Infrastruktur, jalan dan jembatan, fasilitas publik yang hancur berantakan di masa perang nyaris belum tersentuh pembangunan kembali. Jatuh bangun pemerintahan mengakibatkan perhatian terhadap daerah terabaikan. Sementara itu, cita-cita kemerdekaan yang masih hangat dalam memori kolektif para pemimpin dan rakyat di daerah justru melahirkan kekecewaaan karena tidak sesuai dengan yang dibayangkan sebelumnya. Kekecewaan ini mendorong terjadinya pemeberontakan dan pergorakan daerah. Terdapat delapan pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia, yaknipemberontakan PKI di Madiun. pemberontakaan DI/TII, pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), pemberontakan PRRI (Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia) di Sumatera Barat dan PERMESTA (Perjuangan Rakyat Semesta) di Sulawesi Utara, pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) di Jawa Barat, pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), pemberontakan Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka.

Dalam menghadapi berbagai pemberontakan ini, pemerintah Indonesia melakukan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan melalui musyawarah dan negosiasi untuk membujuk agar tidak melakukan pemberontakan dan cara kedua adalah menurunkan pasukan bersenjata hal ini disebabkan pemberontakan yang terjadi adalah pemberontakan bersenjata.

Dengan demikian, upaya pemerintah dalam mengatasi pemeberontakan dan pergorakan daerah adalah dengan musyawarah dan negosiasi serta pengerahaan pasukan bersenjata untuk menumpas pemberontakan.

Roboguru

Terangkan pengertian integrasi nasional dan disintegrasi !

Pembahasan Soal:

Integrasi adalah proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam satu kesatuan wilayah, dan membentuk suatu identitas sosial. Artinya, integrasi merupakan penyatuan suatu masyarakat hingga membentu suatu indentitas sosial. Sedangkan Integrasi nasional adalah usaha atau proses mempersatukan perbedaan-perbedaan dalam suatu negara berdasarkan bahasa, darah, sejarah, tanah, dan tujuan yang sama sehingga tercapai keserasian dan keselarasan nasional. 

Disintegrasi adalah keadaan tidak bersatu padu yang menghilangnya keutuhan, atau persatuan serta menyebabkan perpecahan. Contoh yang menggambarkan hal tersebut adalah perang antar suku, perang antar agama yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan demikian, integrasi nasional adalah usaha dalam mempersatukan perbedaan dalam suatu negara, sedangkan disintegrasi adalah sebuah keadaan tidak bersatu yang menyebabkan perpecahan dalam suatu negara.

Roboguru

Pada 1950 Kapten Raymond Westerling memotori gerakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) di Bandung. Mengapa Kapten Raymond Westerling menamai pemberontakannya dengan APRA?

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) didasari kepercayaan masyarakat tentang datangnya seorang Ratu Adil sesuai ramalan Jayabaya, Raja Kediri. Ratu Adil merupakan pemimpin yang dianggap dapat menghadirkan suasana aman, tenteram, serta memerintah dengan adil dan bijaksana. Kepercayaan masyarakat ini dimanfaatkan dengan baik oleh Kapten Reymond Pierre Westerling dengan membentuk gerakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA). Dengan demikian, penamaan gerakan/pemberontakan APRA oleh Raymond Westerling ditujukan untuk mendapat kepercayaan masyarakat.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved