RoboguruRoboguru
SD

Jelaskanlah bagaimana cara membangun peradaban Indonesia agar bisa kembali berjaya seperti masa kegemilangan Sriwijaya dan Majapahit!

Pertanyaan

Jelaskanlah bagaimana cara membangun peradaban Indonesia agar bisa kembali berjaya seperti masa kegemilangan Sriwijaya dan Majapahit!

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Belajar dari pengalaman sejarah, dimana pada masa lalu Indonesia memiliki pengaruh dominan di wilayah Asia Tenggara, terutama melalui kekuatan maritim yang besar di bawah Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Wilayah laut Indonesia yang merupakan duapertiga wilayah Nusantara mengakibatkan sejak masa lampau, Nusantara diwarnai dengan berbagai dinamika kehidupan di laut. Dalam catatan sejarah terekam bukti-bukti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia telah menguasai lautan Nusantara, bahkan mampu mengarunginya. Nenek moyang bangsa Indonesia telah memahami dan menghayati arti dan kegunaan laut sebagai sarana untuk menjamin berbagai kepentingan antar bangsa, seperti transportasi dan perdagangan. Kerajaan Singosari juga memiliki armada laut yang kuat dan mengadakan hubungan dagang secara intensif dengan wilayah sekitarnya. Strategi besar Majapahit mempersatukan wilayah Nusantara melalui Sumpah Amukti Palapa dari Mahapatih Gajah Mada dan Kerajaan Majapahit telah banyak mengilhami perkembangan nilai-nilai luhur dari kebudayaan bangsa Indonesia sebagai manifestasi sebuah bangsa bahari yang besar. Sejak awal saat pelantikannya, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Pemerintah telah meningkatkan pembangunan di sektor maritim, diantaranya dengan melaksanakan sistem logistik kelautan atau dengan nama lain Pendulum Nusantara atau pembangunan konsep Tol Laut. Konsep ini bertumpu pada penggunaan kapal-kapal bertonase besar untuk melayani lalu lintas logistik dari Wilayah Barat ke Wilayah Timur Indonesia atau sebaliknya. Pemerintah juga mengembangkan sarana dan infrastruktur pelabuhan, serta mendorong keberadaan pelabuhan yang dapat disinggahi kapal-kapal besar sehingga pelaksanaan distribusi logistik dan perekonomian nasional semakin efisien dan merata.

 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit adalah kerajaan yang cukup berjaya dengan kekuatan maritimnya. Pada masanya dua kerajaan itu berhasil menguasai jaringan perdagangan-jaringan perdagangan yang ada di Asia Tenggara. Pada era hari ini, Presiden Joko Widodo telah berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia tersebut seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit dengan meningkatkan pembangunan di sektor maritim seperti mengembangkan sarana dan infrastruktur pelabuhan, serta mendorong keberadaan pelabuhan yang dapat disinggahi kapal-kapal besar sehingga pelaksanaan distribusi logistik dan perekonomian nasional semakin efisien dan merata.

310

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Puncak kejayaan kerajaan Majapahit berlangsung pada masa pemerintahan raja ...

676

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia