Roboguru
SD

Jelaskan yang dimaksud dengan Revolusi Industri!

Pertanyaan

Jelaskan yang dimaksud dengan Revolusi Industri!

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Revolusi Industri adalah perubahan radikal (revolusi) dalam sistem produksi barang dan jasa (industri) yang terjadi di Inggris sekitar abad XVIII. Perubahan radikal tersebut mengacu pada ditinggalkannya produksi barang dan jasa menggunakan tanganm manusia secara manusal dan alat-alat sederhana, serta dinamainnya penggunaan mesin (mekanisasi). Revolusi ini terjadi di Inggris sekitar tahun 1750 (abad XVIII), lalu berkembang dengan cepat ke seluruh Eropa, seperti Prancis, Jerman, dan Belanda, lalu kemudia ke seluruh dunia. Pada masa Revolusi Industri, peralatan-peralatan tradisional ditinggalkan karena ditemukannya mesin pemintal, mesin tenun, atau manual lokomotif dan sebagainya. Semua mesin tersebut tidak lagi di gerakkan dengan tangan dan kaki, tetapi oleh mesin uap. Oleh karena itu terjadilah penghematan tenaga manusia. Dalam perkembangannya, penggunaan mesin untuk menggantikan tenaga manusai dan hewan ini tidak terjadi hanya dalam bidang manufaktur, tetapi juga dalam bidang pertanian, pertambangan dan transportasi. Istitah Revolusi Industri sendiri diperkenalkan oleh Friedrich Engels dan Louis-Auguste Blanqui pada pertengahan abad XIX. Istilah ini kemudian di populerkan oleh sejarawan Inggris Arnold Toynbee (1852-1883). Revolusi Industri menandai terjadinya titik balik yang besar dalam sejarah dunia. Hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari di pengaruhi oleh Revolusi Industri., baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, maupun politik.


Berdasarkan penjelasan di atas maka yang di maksud Revolusi Industri adalah perubahan radikal (revolusi) dalam sistem produksi barang dan jasa (industri) yang terjadi di Inggris sekitar abad XVIII. Perubahan radikal tersebut mengacu pada ditinggalkannya produksi barang dan jasa menggunakan tanganm manusia secara manusal dan alat-alat sederhana, serta dinamainnya penggunaan mesin (mekanisasi).

380

5.0 (3 rating)

_nadia _

Makasih ❤️ Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Istilah "Revolusi Industri" sendiri diperkenalkan oleh Friedrich Engles dan Louis-Auguste Blanqui pada per...

435

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia