Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan yang dimaksud dengan jenis puisi baru!undefined  

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

puisi baru adalah puisi yang tidak terikat dengan aturan-aturan tertentu. jenis puisi baru terdir dari balada, romansa, himne, epigram, ode, elegi, dan satire. space  space 

Pembahasan

Puisi baru adalah jenis puisi yang tidak terikat dengan aturan-aturan baku tertentu dalam pembuatan atau pembacaannya. Artinya puisi baru merupakan jenis puisi yang bebas, tidak terikat dengan aturan terkait jumlah suku kata, jumlah kata, jumlah baris, rima (sajak) ataupun jumlah bait dalam pembuatannya. Jenis-jenis puisi baru yaitu balada, romansa, himne, epigram, ode, elegi, dan satire.

  1. balada: Badala adalah puisi yang berisi tentang sebuah terita atau kisah. 
  2. Romansa: Romansa adalah puisi yang mengungkapkan perasaan yang umumnya menimbulkan efek romantisme
  3. Himne. Himne adalah puisi pujian atau pujaan yang ditujukan kepada Thhan, negara, atau sesuatu yang dianggap . begitu penting dan sakral. 
  4. epigram: Epigram adalah puisi yang berisi tuntunan atau ajaran hidup. Epigram berarti unsur pengajaran; didaktik; nasihat yang membawa ke arah kebenaran untuk dijadikan pedoman, iktibar; dan terdapat teladan. 
  5. Ode: Ode adalah puisi yang bersifat memberikan sanjungan kepada orang yang sangat berjasa. Umumnya ode diberikan kepada orang tua, pahlawan, dan orang-orang besar.
  6. Elegi: Elegi adalah puisi yang mengungkapkan kesedihan atau tangisan berupa ratapan diri sendiri atau meratapi suatu peristiwa.
  7. Satire: Satire adalah puisi yang di dalamnya mengandung unsur sindiran kasar (sarkasme) atau kritikan terhadap seseorang atau sesuatu.

Dengan demikian, puisi baru adalah puisi yang tidak terikat dengan aturan-aturan tertentu. jenis puisi baru terdir dari balada, romansa, himne, epigram, ode, elegi, dan satire. space  space 

23

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perbedaan sastra lama dan baru yang paling tepat adalah ...

88

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia