Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan Jalan Sutra!

Pertanyaan

Jelaskan yang dimaksud dengan Jalan Sutra!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Istilah “Jalan Sutera” atau “Jalur Sutera” diperkenalkan oleh ahli geografi dan penjelajah Jerman, Ferdinand von Richthofen, pada tahun 1877, yang menyebut jalur perdagangan ke China sebagai 'Seidenstrasse' (jalan sutra) atau 'Seidenstrassen' (rute sutra). Jalur Sutra adalah jaringan rute perdagangan kuno, yang dimulai dari masa Dinasti Han di China, yang menghubungkan China dengan berbagai kawasan dunia dalam perdagangan antara 130 SM - 1453 M. Jalan Sutera ini digunakan mulai dari 130 SM, ketika Dinasti Han secara resmi membuka perdagangan dengan wilayah-wilayah di barat China, seperti Asia Tengah dan India. Selain sutera, barang berharga yang diperdagangkan di Jalan Sutera, selain sutera itu sendiri adalah keramik perselain, teh, batu mulia dan rempah-rempah (dari arah China) serta kuda, emas, perak, gelas dan wool (dari arah Eropa dan Timur Tengah).

Dengan demikian jalur sutra atau the great silk road adalah sebuah istilah bagi sebuah rute perjalanan dari Cina, melewati India hingga mencapai Roma. Disebut "jalur sutera" karena rute ini utamanya dimanfaatkan untuk jalur kepentingan dagang lintas benua dan salah satu komuditas andalannya adalah sutra. Jalan Sutera beroperasi hingga tahun 1453, ketika Turki Usmani menutup jalur perdagangan dengan Barat setelah menaklukan Konstantinopel.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Proses masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha di Indonesia masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli hingga saat ini. Perdebatan ini muncul karena ....

Pembahasan Soal:

Perkembangan ajaran Hindu-Budha di Indonesia tidak terlepas dari letak strategis Indonesia yang menjadikannya sebagai daerah dengan banyaknya orang asing yang ingin melakukan perdagangan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka disebarkanlah ajaran-ajaran termasuk di dalamnya ajaran Hindu-Budha. Proses pasti dari masuknya agama Hindu-Budha di Indonesia masih belum terkuak. Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli sejarah perihal masuk dan berkembangnya agama Hindu-Budha di Indonesia seperti teori brahmana, teori ksatria, teori waisya, teori sudra, dan teori arus balik.
Walaupun begitu, perdebatan masih saja terus terjadi karena kelima teori tersebut masih memiliki kelemahan sebab tidak ada bukti sejarah yang cukup kuat. Misalnya, dalam teori brahmana disebutkan bahwa kaum brahmana (agamawan) dari India adalah orang-orang yang menyebarkan agama Hindu Buddha di Nusantara. Namun, teori ini memiliki kelemahan karena kaum brahmana tidak diperkenankan untuk menyebrangi lautan. Contoh lainnya adalah dalam teori waisya yang menyebutkan bahwa agama Hindu Buddha dibawa oleh para pedagang juga memiliki kelemahan, yaitu ajaran kitab Weda yang ditulis dengan bahasa Sansekerta hanya dapat dimengerti oleh kaum brahmana.      

Dengan demikian , jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Bagaimanakah hubungan antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha dan Islam ke Indonesia?

Pembahasan Soal:

Masuknya Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia tidak lepas dari pengaruh para pedagang Arab, India, hingga China. Para pedagang umumnya melakukan transaksi atau sekedar berlabuh menyeberangi perairain Indonesia. Jalur yang paling sering digunakan dalam aktivitas perdagangan internasional adalah Jalur Sutra. Para pedagang diperkirakan memanfaatkan jalur sutra sebagai rute perdagangan komoditas sutra dan rempah-rempah. Jalur sutra sendiri merupakan sebuah rute perdagangan yang menghubungkan wilayah China, India, hingga Arab dengan wilayah Eropa. Jalur tersebut terbagi menjadi dua rute yakni rute darat dan rute laut yang panjangnya diperkirakan berkisar 6500 kilometer.
Pada awal penyebaran agama di Indonesia, wilayah-wilayah nusantara seperti daerah pesisir seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku merupakan daerah yang paling cepat menerima ajaran agama dari luar. Oleh sebab itu, dalam perkembangan agama di nusantara, daerah-daerah tadi termasuk ke dalam lokasi pusat berlangsungnya pemerintahan kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.

Dengan demikian, hubungan yang terjalin antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha di Indonesia adalah melalui jalur sutra yang membuat terjadinya interaksi antar bangsa dan menjadikan masyarakat menjadi heterogen serta budaya terakulturasi sehingga memunculkan pengaruh agama Hindu-Buddhadan Islam di Indonesia.

1

Roboguru

Teori arus balik yang dikemukakan oleh F.D.K. Bosch mengemukakan bahwa proses masuknya pengaruhnya agama India ke Indonesia terjadi karena peran aktif yang dilakukan oleh …

Pembahasan Soal:

Teori arus balik oleh F.D.K. Bosch mengemukakan bahwa proses masuknya pengaruh agama India ke Indonesia terjadi karena adanya peran aktif bangsa Indonesia dalam mengirimkan banyak utusannya ke India. Utusan-utusan tersebut ditugaskan untuk mempelajari agama India langsung kepada kaum brahmana. Setelah selesai belajar, mereka akan pulang ke Indonesia untuk menyebarkan agama yang sudah dipelajarinya tersebut kepada masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Agama Hindu-Buddha berkembang di Nusantara melalui ....

Pembahasan Soal:

Kepulauan Nusantara memiliki letak strategis karena berada di jalur pelayaran yang menghubungkan Tiongkok di Asia bagian timur dan India di Asia bagian barat. Hal ini menyebabkan banyak kapal-kapal bangsa asing, baik pelayaran maupun perdagangan yang berlabuh di pulau-pulau Nusantara dan memberikan pengaruh bagi masyarakat Nusantara. Melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan antarbangsa itu, maka terjadilah penyebaran agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Nusantara. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

1

Roboguru

Agama Hindu muncul di Indonesia pada tahun …. SM.

Pembahasan Soal:

Agama Hindu-Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari India. Berdasarkan catatan sejarah, masuknya agama Hindu ke Indonesia diperkirakan terjadi sekitar awal abad ke-4 dan diketahui berasal dari India. Hal itu ditandai dengan berdirinya kerajaraan Kutai dan Tarumanegara yang bercorak Hindu. Selain itu juga dibuktikan dari beberapa prasasti yang ditemukan yang berasal dari Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat yang menggunakan tulisan Pallawa, tulisan asli India. Dengan adanya bukti tersebut menandakan bahwa agama Hindu sudah mulai berkembang di Indonesia sekitar abad ke-4 atau kurang lebih tahun 500 M.

Dengan demikian, soal yang diatas menyebutkan Sebelum Masehi, namun pada hakekatnya agama Hindu muncul di Indonesia sekitar tahun 500 M. 

Jadi, soal diatas menyebutkan Sebelum Masehi/"SM" seharusnya "Masehi/M". Sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah B.

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved