Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan yang dimaksud dengan ion, kation, dan anion!

Jelaskan yang dimaksud dengan ion, kation, dan anion!

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ion adalah atom yang bermuatan listrik, kation adalah atom yang melepas elektron, dan anion adalah atom yang menerima elektron.

ion adalah atom yang bermuatan listrik, kation adalah atom yang melepas elektron, dan anion adalah atom yang menerima elektron.

Iklan

Pembahasan

Bagian terkecil dari suatu materi disebut partikel materi. Partikel materi tersusun dari atom, molekul, dan ion. Atom merupakan suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi secara kimiawi. Atom memiliki sifat netral (tidak bermuatan). Atom tersusun atas partikel dasar (subatom), yaitu elektron, neutron, dan proton. Elektron merupakan partikel bermuatan negatif yang berada di kulit atau di luar inti atom. Proton merupakan partikel bermuatan positif yang berada di dalam inti atom, sedangkan neutron merupakan partikel tidak bermuatan (netral) yang berada di inti atom bersama dengan proton. Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Jika atom menerima elektron, maka akan berubah menjadi atom bermuatan negatif (anion). Contohnya, Cl - , Br - , dan OH - . Sedangkan, ketika atom melepaskan elektron, maka atom akan bermuatan positif (kation). Contohnya, Na + , K + , Ca + . Jadi, ion adalah atom yang bermuatan listrik, kation adalah atom yang melepas elektron, dan anion adalah atom yang menerima elektron.

Bagian terkecil dari suatu materi disebut partikel materi. Partikel materi tersusun dari atom, molekul, dan ion. Atom merupakan suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi secara kimiawi. Atom memiliki sifat netral (tidak bermuatan).

Atom tersusun atas partikel dasar (subatom), yaitu elektron, neutron, dan proton. Elektron merupakan partikel bermuatan negatif yang berada di kulit atau di luar inti atom. Proton merupakan partikel bermuatan positif yang berada di dalam inti atom, sedangkan neutron merupakan partikel tidak bermuatan (netral) yang berada di inti atom bersama dengan proton.

Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Jika atom menerima elektron, maka akan berubah menjadi atom bermuatan negatif (anion). Contohnya, Cl-, Br-, dan OH-. Sedangkan, ketika atom melepaskan elektron, maka atom akan bermuatan positif (kation). Contohnya, Na+, K+, Ca+.space 

Jadi, ion adalah atom yang bermuatan listrik, kation adalah atom yang melepas elektron, dan anion adalah atom yang menerima elektron.

Latihan Bab

Atom dan Partikel Penyusunnya

Perkembangan Teori Atom

Prinsip Pembentukan Molekul

Karakteristik Benda dalam Kehidupan Sehari-hari

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

227

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Atom tembaga (Cu)dapat membentuk ion Cu + dan Cu 2 + .Jumlah elektron iori Cu + sama dengan jumlah proton atom nikel. Jumlah proton atom Ni 9 4 ​ kali nomor massa Cu. Jika atom Cu memiliki 34 neutron ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia