Pertanyaan

Jelaskan waktu berakhirnya Masa Praaksara ...

Jelaskan waktu berakhirnya Masa Praaksara ...

D. Setiadi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Masa Praaksara secara istilah merupakan gabungan dari dua kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum, dan aksara berarti tulisan, karenanya Masa Praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal bentuk tulisan. Dengan begitu, berakhirnya Masa Praaksara adalah ketika manusia sudah mengenal bentuk tulisan, atau, ditemukannya bukti berupa tulisan di wilayah tersebut. Dalam konteks Sejarah Indonesia, berakhirnya Masa Praaksara adalah ketika ditemukannya tujuh buah Yupa di Kerajaan Kutai Kalimantan Timur, yang diperkirakan ada sejak abad ke-5 masehi.

Masa Praaksara secara istilah merupakan gabungan dari dua kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum, dan aksara berarti tulisan, karenanya Masa Praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal bentuk tulisan. 
Dengan begitu, berakhirnya Masa Praaksara adalah ketika manusia sudah mengenal bentuk tulisan, atau, ditemukannya bukti berupa tulisan di wilayah tersebut. Dalam konteks Sejarah Indonesia, berakhirnya Masa Praaksara adalah ketika ditemukannya tujuh buah Yupa di Kerajaan Kutai Kalimantan Timur, yang diperkirakan ada sejak abad ke-5 masehi.

3rb+

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu hasil budayanya berupa prasasti, disebut juga Zaman Nirleka, berakhir sekitar tahun 3.000 sm, dan kehidupan dipelajari melalui benda-benda peninggalan. Keterangan yang terkait...

405

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia