RoboguruRoboguru
SD

Jelaskan usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak perubahan iklim !

Pertanyaan

Jelaskan usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak perubahan iklim !space 

S. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Perubahan iklim merupakan perubahan pola dan intensitas unsur iklim dalam waktu atau periode tertentu dengan jangka waktu yang sangat lama. Penyebab perubahan iklim disebabkan oleh penebangan dan pembakaran hutan, penggunaan bahan bakar fossil, pencemaran laut, serta penggunaan pupuk buatan yang sangat banyak sampai menimbulkan efek gas rumah kaca. Dampak yang ditimbulkan akibat perubahan iklim adalah perubahan curah hujan, kenaikan suhu dan tinggi muka air laut, pergeseran musim, dan memicu melakukan pembangunan berkelanjutan. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk menanggulangi dampak perubahan iklim adalah sebagai berikut.

  1. Hemat energi, penggunaan listrik secara berlebihan akan menimbulkan perubahan iklim. Hal ini dikarenakan sebagian listrik yang digunakan oleh masyarakat sebagian besar berasal dari batu bara, minyak bumi, dan gas. 
  2. Menggunakan transportasi umumberjalan kaki, dan bersepeda, penggunaan transportasi umum dapat mengurangi polusi udara akibat dari penggunaan kendaraan bermobil dan bermotor. Berjalan dan bersepeda pun juga salah satu upaya pengurangan polusi kendaraan.
  3. Mengganti kendaraan bahan bakar fossil dengan kendaraan listrik, kendaraan listrik membantu mengurangi polusi udara dan menyebabkan emisi gas rumah kaca yang lebih sedikit dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar fossil.
  4. Menerapkan reuse, reduce, repair, dan recycle, salah satu upaya untuk melindungi iklim ialah dengan menggunakan barang yang sedikit, sehingga tidak ada barang-barang yang terbuang (zero waste) dan berakhir pada pencemaran lingkungan. 
  5. Tidak membuang makanan, makanan yang terbuang akan membusuk dan menghasilkan gas metana yang merupakan gas rumah kaca.
  6. Mengkonsumsi sayur-sayuran, memproduksi tanaman sayur-sayuran meghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih sedikit.space 

156

4.3 (3 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan reaksi kimia berikut ini! 6 CO2​ + 6 H2​O klorofil, cahaya matahari​ C6​H12​O6​ + 6 O2​  Reaksi kimia di atas dapat mengurangi kuantitas dari suatu gas rumah kaca di atmosfer. Cara tepat ...

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia