Pertanyaan

Jelaskan usaha-usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh!

Jelaskan usaha-usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh! 

A. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sistem imun pada dasarnya merupakan sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh manusia. Dalam istilah lain, sistem imun sering juga disebut sebagai sistem kekebalan tubuh. Fungsi utama sistem ini adalah menangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Usaha-usahayang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya sebagai berikut. Minum banyak air putih, minum air putih secukupnya juga sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena bisa meningkatkan kadar oksigen dan keseimbangan cairan di darah. Konsumsi air yang cukup juga meningkatkan produksi limfa atau cairan yang digunakan kekebalan tubuh untuk melakukan sirkulasi sel darah putih dan nutrisi ke seluruh tubuh. Mengonsumsi makanan sehat, banyak mengonsumsi makanan sehat dan penuh nutrisi, serta hindari makanan cepat saji ataupun makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan sodium. Meningkatkan asupan vitamin C, Vitamin C, atau asam askorbat, telah lama dikenal sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Vitamin C dapat menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh. Mengurangi konsumsi alkohol, afein, dan rokok, kebeiasaan tersebutdapat merusak kekebalan tubuh, karena meningkatkan toksisitas. Toksisitas juga bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dan ketidakseimbangan zat kimia pada tubuh. Olahraga teratur, olahraga rutin akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Sistem imun pada dasarnya merupakan sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh manusia. Dalam istilah lain, sistem imun sering juga disebut sebagai sistem kekebalan tubuh. Fungsi utama sistem ini adalah menangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya sebagai berikut.

  1. Minum banyak air putih, minum air putih secukupnya juga sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena bisa meningkatkan kadar oksigen dan keseimbangan cairan di darah. Konsumsi air yang cukup juga meningkatkan produksi limfa atau cairan yang digunakan kekebalan tubuh untuk melakukan sirkulasi sel darah putih dan nutrisi ke seluruh tubuh.
  2. Mengonsumsi makanan sehat, banyak mengonsumsi makanan sehat dan penuh nutrisi, serta hindari makanan cepat saji ataupun makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan sodium.
  3. Meningkatkan asupan vitamin C, Vitamin C, atau asam askorbat, telah lama dikenal sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Vitamin C dapat menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Mengurangi konsumsi alkohol, afein, dan rokok, kebeiasaan tersebut dapat merusak kekebalan tubuh, karena meningkatkan toksisitas. Toksisitas juga bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dan ketidakseimbangan zat kimia pada tubuh.
  5. Olahraga teratur, olahraga rutin akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. 

3rb+

5.0 (4 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan apa yang dimaksud dengansistem kekebalan tubuh bawaan dankekebalan tubuh adaptif!

154

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia