Roboguru

Jelaskan usaha apa yang harus dilakukan supaya dalam menghadapi perubahan sosial yang terjadi secara mendadak tidak sampai menimbulkan disintegrasi sosial (perpecahan) minimal mampu meminimalkan permasalahan sosial !

Pertanyaan

Jelaskan usaha apa yang harus dilakukan supaya dalam menghadapi perubahan sosial yang terjadi secara mendadak tidak sampai menimbulkan disintegrasi sosial (perpecahan) minimal mampu meminimalkan permasalahan sosial ! 

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan tentang upaya dalam menghadapi perubahan sosial yang terjadi secara cepat agar tidak menimbulkan disintegrasi sosial.

Perubahan sosial yang terjadi secara cepat dapat menimbulkan permasalahan sosial seperti disintegrasi sosial. Disintegrasi sosial merupakan suatu keadaan dimana orang-orang di dalam masyarakat tidak dapat lagi menjalin kerukunan dan kebersamaan, melainkan saling bertikai dan saling menghancurkan sehingga terjadi perpecahan dalam kehidupan sosial. Dalam mencegah disintegrasi sosial ini, salah satu cara yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah melalui sikap toleransi. Sikap saling menghargai dan menghormati antarkelompok diperlukan, sehingga dengan adanya toleransi, persatuan dan kesatuan bangsa akan senantiasa terjaga. Dengan demikian, sikap toleransi dapat dikembangkan pada masing-masing individu untuk menyikapi perubahan sosial yang terjadi.

Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah Sikap Toleransi. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Fernanda

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikan 3 contoh faktor pendorong perubahan sosial ?

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat merupakan perubahan di lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat tersebut. Dalam perubahan sosial akan merubah kehidupan masyarakat dan unsur-unsurnya, perubahan masyarakat tidak terjadi begitu saja melainkan karena dipengaruhi adanya beberapa faktor pendorong adanya perubahan sebagai berikut : 

1. Kontak dengan kebudayaan lain

    Bila suatu masyarakat melakukan kontak dengan kebudayaan lain maka mereka akan mengalami perubahan sosial budaya karena akan terjadi percampuran kebudayaan baik dalam bentuk asimilasi maupun akulturasi seperti dibangunnya candi di Indonesia karena pada masa dahulu bangsa Indonesia melakukan kontak dengan bangsa India

2. Sistem pendidikan yang maju

    Tingkat pendidikan yang maju dalam suatu masyarakat akan mendorong terbukanya pola pikir dan wawasan masyarakat sehingga mendorong adanya perubahan contoh semakin meningkatnya penggunaan komputer dan internet untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat kota, karena rata-rata tingkat pendidikan masyarakat kota  sudah tinggi

3. Sistem lapisan sosial masyarakat yang terbuka

    Lapisan sosial masyarakat yang terbuka dapat mendorong masyarakatnya untuk berusaha pindah ke lapisan atas sehingga masyarakat menjadi dinamis, dan mendorong banyaknya perubahan sosial, contohnya masyarakat industri dimana perubahan IPTEK sangat cepat terjadi karena anggota masyarakatnya selalu berusaha untuk naik ke kelas atas agar mempunyai kehidupan yang lebih baik dengan menggunakan IPTEK.

0

Roboguru

Di bawah ini yang merupakan contoh faktor pendorong perubahan sosial adalah ....

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor pendorong terjadinya perubahan sosial, yaitu :

  1. Kontak dengan kebudayaan lain.
  2. Heterogenitas masyarakat dalam perubahan sosial.
  3. Toleransi dalam perubahan sosial.
  4. Sikap menghargai karya.
  5. Kemajuan sistem pendidikan.
  6. Sistem pelapisan sosial terbuka.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Roboguru

lnteraksi antaretnis, antarras, dan antaragama perlu disikapi dengan bijak. Sikap yang perlu dihindari agar dapat tetap menjaga keutuhan masyarakat majemuk adalah ....

Pembahasan Soal:

Masyarakat majemuk adalah suatu kondisi di masyarakat yang terdiri dari berbagai perbedaan yang terdiri dari berbagai strata, ekonomi, ras, suku bangsa, agama dan budaya. Sehingga pada masyarakat majemuk rentan terjadi konflik yang akhirnya melahirkan disintegrasi sosial (perpecahan). Oleh sebab itu, perlu dilakukan cara untuk menghindari terjadinya kondisi tersebut. Salah satu hal yang perlu dihindari pada masyarakat majemuk adalah mementingkan kepentingan pribadi dan golongan tertentu. Tentu saja sikap tersebut dapat memicu perpecahan atau pertentangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Espace space 

0

Roboguru

Pak Tono terpilih secara demokratis menjadi ketua RW. Selama menjabat, pak Tono mengaktifkan kembali kegiatan sosial warga seperti gotong royong dan kerja bakti yang sempat terhenti. Faktor pendorong ...

Pembahasan Soal:

Setiap individu atau masyarakat pasti mengalami perubahan, baik perubahan sosial dan perubahan budaya. Perubahan sosial adalah perubahan dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, nilai, ras, sikap, dan pola perilaku individu di antara kelompoknya.

Berikut faktor pendorong perubahan budaya:

  1. Ketidakpuasan terhadap kondisi yang ada.
  2. Penemuan baru (discovery dan invention).
  3. Sikap terbuka terhadap perubahan.
  4. Perubahan standar hidup.
  5. Sikap pendidikan yang maju Keadaan masyarakat yang majemuk.

Berdasarkan ilustrasi yang ada di dalam soal nampak, suatu sikap terbuka melalui kegiatan gotong royong merupakan bentuk sistem lapisan sosial terbuka yang dapat mendorong terjadinya perubahan sosial.

 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1) Kontak dengan budaya lain. 2) Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain. 3) Sistem pendidikan formal yang maju. 4) Sikap masyarakat yang sangat tradisional. ...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial dalam masyarakat dapat terjadi akibat adanya faktor pendorong. Cepat atau lambatnya perubahan sosial pada suatu masyarakat dapat dipengaruhi oleh faktor pendorong tersebut. .
Adapun faktor-faktor pendorong perubahan sosial sebagai berikut.

  1. Sikap Mudah Menerima Hal-hal Baru. Sikap terbuka terhadap hal baru dapat mendorong perubahan sosial karena sikap terbuka masyarakat untuk belajar mengenai hal-hal baru dalam dan sikap menerima hal-hal baru dapat mendorong masyarakat melakukan perubahan sosial dalam kehidupannya.
  2. Orientasi pada Masa Depan. Orientasi pada masa depan mendorong individu memiliki sikap optimis dan selalu berpikir positif dalam menghadapi kehidupan.
  3. Kontak dengan Kebudayaan Lain. Kontak dengan kebudayaan lain menunjukkan terjadinya hubungan sosial antar masyarakat. Hubungan sosial dengan masyarakat lain dapat menyebarkan unsur kebudayaan dan memberikan peluang bagi kebudayaan lain masuk dalam kehidupan masyarakat.
  4. Sikap Menghargai Karya Orang Lain dan Keinginan untuk Maju. Menghargai karya orang lain dapat mendorong individu maupun kelompok mengupayakan terjadinya perubahan sosial .yang mampu membawa masyarakat pada taraf kehidupan yang lebih baik.
  5. Keinginan Manusia untuk Memperbaiki Kehidupannya.  Keinginan manusia memperbaiki kehidupan didasari adanya nilai-nilai hidup dan kepercayaan bahwa Tuhan Yang Maha Esa tidak akan mengubah nasib suatu urnat selama umat tersebut tidak berusaha mengubah nasibnya sendiri. Nilai tersebut mendor6ng martusia senantiasa bekerja keras memperbaiki taraf kehidupannya. Keinginan manusia untuk memperbaiki kehidupan inilah yang mendorong perubahan sosial.
  6. Majunya Sistem Pendidikan. Pendidikan yang didukung dengan sistem yang sesuai dan tepat dapat mendorong perubahan sosial sehingga perubahan kurikulum penting dilakukan agar pendidikan sesuai dengan kemajuan zaman.
  7. Penduduk yang Heterogen. Komposisi penduduk yang heterogen ditandai dengan adanya keragaman latar belakang setiap individu dalam masyarakat, mulai dari perbedaan yang bersifat diferensiasi maupun stratifikasi. Kondisi masyarakat heterogen mendorong terjadinya perubahan sosial.
  8. Toleransi terhadap perilaku menyimpang. Menangani permasalahan perilaku menyimpang tidak langsung diberikan sanksi tetapi ditoleransi dan kemudian diarahkan ke perilaku yang sesuai.
  9. Sistem Stratifikasi Sosial Terbuka (Open Social Stratification). Sistem stratifikasi sosial terbuka memberi peluang bagi individu atau kelompok lain untuk menduduki lapisan masyarakat yang diinginkan. Proses inilah yang mendorong terjadi perubahan sosial.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved