Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan upaya yang dilakukan tokoh pendiri negara dalam mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia!

Jelaskan upaya yang dilakukan tokoh pendiri negara dalam mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bentuk perjuangan tokoh pendiri negara adalah dengan melakukan upaya diplomasi dan perlawanan fisik.

bentuk perjuangan tokoh pendiri negara adalah dengan melakukan upaya diplomasi dan perlawanan fisik. 

Iklan

Pembahasan

Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta adalah dua sosok pendiri bangsa yang perannya tidak dapat dilepaskan, waluapun sering berbeda pendapat namun keduanya saling melengkapi satu sama lain. Banyak peristiwa penting yang melibatkan Soekarno dan Hatta, baik masa persiapan kemerdekaan sampai usaha mempertahankannya. Perang tersebut diantaranya tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno bersama Mohammad Hatta dan Rajiman Wedyodiningrat ke Dalat, Vietnam. Mereka bertemu Jenderal Terrauchi untuk membicarakan kemerdekaan Indonesia. Tanggal 17 Agustus 1945, membacakan Proklamasi Kemerdekaaan RI dan bersama Mohammad Hatta menandatangani naskah proklamasi. Tanggal 18 Agustus 1945 Soekarno Hatta dilantik menjadi presiden RI. Tanggal 23 Agustus 1945, Soekarno membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR). Tanggal 28 Oktober 1945, Soekarno mengadakan perundingan dengan Inggris di Surabaya. Disamping itu Drs. Mohammad Hatta berperan besar dalam memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda tanggal 23 Agustus–2 November 1949 dan berhasil enekan Belanda untuk mengakui kedaulatan RI. Dengan demikian, bentuk perjuangan tokoh pendiri negara adalah dengan melakukan upaya diplomasi dan perlawanan fisik.

Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta adalah dua sosok pendiri bangsa yang perannya tidak dapat dilepaskan, waluapun sering berbeda pendapat namun  keduanya saling melengkapi satu sama lain. Banyak peristiwa penting yang melibatkan Soekarno dan Hatta, baik masa persiapan kemerdekaan sampai usaha mempertahankannya. Perang tersebut diantaranya tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno bersama Mohammad Hatta dan Rajiman Wedyodiningrat ke Dalat, Vietnam. Mereka bertemu Jenderal Terrauchi untuk membicarakan kemerdekaan Indonesia. Tanggal 17 Agustus 1945, membacakan Proklamasi Kemerdekaaan RI dan bersama Mohammad Hatta menandatangani naskah proklamasi. Tanggal 18 Agustus 1945 Soekarno Hatta dilantik menjadi presiden RI. Tanggal 23 Agustus 1945, Soekarno membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR). Tanggal 28 Oktober 1945, Soekarno mengadakan perundingan dengan Inggris di Surabaya. Disamping itu Drs. Mohammad Hatta berperan besar dalam memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda tanggal 23 Agustus–2 November 1949 dan berhasil enekan Belanda untuk mengakui kedaulatan RI.

Dengan demikian, bentuk perjuangan tokoh pendiri negara adalah dengan melakukan upaya diplomasi dan perlawanan fisik. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

44

Indah Herdiyanti Safitri

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

"Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kugoncangkan dunia" Kalimat ini dikemukakan oleh ...

3

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia