Roboguru

Jelaskan upaya mencegah punahnya flora dan fauna di Indonesia!

Pertanyaan

Jelaskan upaya mencegah punahnya flora dan fauna di Indonesia!  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Namun, aktivitas manusia mengakibatkan berkurangnya flora dan fauna yang ada di Indonesia. Agar kerusakan ekosistem berkurang, perlu adanya kegiatan konservasi agar kelestarian flora dan fauna tetap terjaga dan terhindar dari kepunahan. Konservasi adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjarnin kesinambungan persediaan dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragiunan nilainya. Upaya konservasi untuk mencegah punahnya flora dan fauna di Indonesia dilakukan dengan cara membuka kawasan berupa hutan lindung, suaka margasatwa, taman nasional, dan cagar alam.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang bukan penyebab kepunahan hewan adalah ...

Pembahasan Soal:

Faktor yang dapat menyebabkan punahnya suatu spesies hewan adalah sebagai berikut.

  • Perburuan liar oleh manusia;
  • Kerusakan dan kehilangan habitat akibat bencana alam;
  • Perubahan iklim yang cukup ekstrem;
  • Wabah penyakit;
  • Persaingan antar spesies; dan
  • Ketersediaan makanan yang tidak mencukupi.

Pada opsi jawaban tidak terdapat opsi jawaban yang tepat. Karena opsi A, B, C, D, dan E merupakan penyebab kepunahan hewan.

Roboguru

Kerusakan flora dan fauna dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Peristiwa yang mengindikasikan terjadinya ketidakseimbangan ekosistem adalah ....

Pembahasan Soal:

Kerusakan flora dan fauna dapat menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem, misalnya berkaitan dengan populasi predator. Salah satu dampak kerusakan flora dan fauna di bumi, adalah dapat menimbulkan adanya ketidakseimbangan ekosistem. Ekosistem merupakan suatu kesatuan antara alam dengan makhluk hidup di dalamnya.

Dalam suatu ekosistem terdapat beberapa komponen yang menjadi penyusunnya. Misalnya ada tumbuhan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen tingkat 1 dan hewan karnivora atau predator yang merupakan konsumen puncak. Apabila suatu komponen penyusun ekosistem tersebut hilang, maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Misalnya banyaknya pemburuan terhadap hewan ular (predator) pada ekosistem sawah, mengakibatkan meningkatnya jumlah hewan tikus yang dapat merusak hasil padi.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Kerusakan flora dan fauna dapat menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem, misalnya berkaitan dengan populasi predator. Jelaskan keterkaitan tersebut!

Pembahasan Soal:

Ketidakseimbangan ekosistem menjadi salah satu dampak kerusakan flora dan fauna. Dalam suatu ekosistem terdapat beberapa komponen penyusun, misalnya tumbuhan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen tingkat 1 dan hewan karnivora sebagai konsumen puncak atau predator. Apabila salah satu komponen penyusun ekosistem tersebut hilang, maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Contohnya jika banyak perburuan ular (predator) pada ekosistem sawah, hal tersebut mengakibatkan meningkatnya populas tikus (konsumen tingkat 1) yang dapat merusak tanaman padi.undefined 

Roboguru

Daerah dengan kode X seperti gambar adalah Cagar Alam …

Pembahasan Soal:

Tanda X di peta menunjukan wilayah Sulawesi tengah. Jawaban yang tepat untuk cagar alam yang ada dilokasi tersebut adalah Morowali, untuk melindungi angrek dendrobium. Sedangkan untuk Lore limau dikenal sebagai Kawasan Taman Nasional yang merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi. Anoababirusarusa, kera hantu (Tangkasi), kera kakaktonkea, kuskus marsupial dan binatang pemakan daging terbesar di Sulawesi, musang Sulawesi hidup di taman ini. Taman Nasional Lore Lindu juga memiliki paling sedikit 5 jenis bajing dan 31 dari 38 jenis tikusnya, termasuk jenis endemik.

  • Batu angus terletak di Ternate
  • Lore Limau terletak diSulawesi Tengah
  • Bantimurung terletak di Sulawesi Selatan
  • Padang Luway terletak di Kalimantan Timur
  • Morowali terletak di Sulawesi Tengah.
Roboguru

Apakah upaya konservasi terhadap flora dan fauna dengan mendirikan suaka margastwa, taman nasional, dan sejenisnya dapat mencegah kepunahan flora dan fauna? Jelaskan !

Pembahasan Soal:

Konservasi adalah pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan dan melestarikan. Metode konservasi insitu dapat dilakukan dengan cara mendirikan cagar alam, taman nasional, dan suaka marga satwa yang dijelaskan sebagai berikut.

  • Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budi daya, pariwisata, dan rekreasi .
  • Cagar alam merupakan suatu kawasan yang memiliki ciri khas tertentu berupa tumbuhan, satwa, atau tata lirigkungannya. Kawasan ini untuk melindungi dan melestarikan flora dan fauna yang hidup di dalarnnya yang mempunyai nilai tertentu agar dapat berkembang sesuai dengan kondisi aslinya. Selain itu cagar alam juga dipergunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan rekreasi.
  • Suaka margasatwa adalah suatu kawasan alam yang mem punyai ekosistem asli dan memiliki ciri khas berupa keaneka ragaman dan keunikan jenis satwa, di mana untuk menjamin kelangsungan hidupnya maka dilakukanlah upaya pelestaian terhadap habitatnya. Suaka margasatwa bertujuan untuk melindungi dan melestarikan kelangsungan hidup satwa tertentu agar tidak punah.

Dengan manfaat dan tujuan didirikan konservasi seperti cagar alam, taman nasional, dan suaka marga satwa akan mecegah, melindungi dan melestarikan fauan dan flora supaya tidak punah. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved