Roboguru

Jelaskan tipe-tipe difusi!

Pertanyaan

Jelaskan tipe-tipe difusi!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Difusi dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Difusi intra masyarakat yaitu difusi kebudayaan atau penyebaran kebudayan didalam satu masyarakat
  2. Difusi antar masyarakat yaitu difusi kebudayaan atau penyebaran kebudayaan antar 2 masyarakat atau lebih

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

.... adalah penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari suatu individu ke individu yang lain.

Pembahasan Soal:

Difusi adalah suatu proses menyebarnya unsur-unsur kebudayaan dari satu kelompok ke kelompok lainnya atau dari satu masyarakat ke masyarakat lainnya. Dengan kata lain, difusi adalah suatu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan ke seluruh penjuru dunia. Contoh terjadinya proses difusi sebagai proses penyebaran kebudayaan pada masa prehistori yaitu ketika kelompok manusia berburu berpindah ke daerah lain yang jauh sekali dan membawa budaya berburu ke daerah tempat mereka berpindah. Penyebaran unsur kebudayaan melalui pertemuan kelompok individu yang bertetangga.

Difusi terbagi menjadi 2 macam, yaitu difusi intramasyarakat dan difusi antarmasyarakat. Difusi intramasyarakat merupakan difusi unsur kebudayaan antarindividu (dari indiividu satu ke individu lainnya), sedangkan difusi antarmasyarakat adalah difusi unsur kebudayaan dari satu masyarakat ke masyarakat lain.

Dengan demikian, jawabannya adalah difusi intramasyarakat.

0

Roboguru

Proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu individu ke individu lain disebut ….

Pembahasan Soal:

Kebudayaan adalah suatu keseluruhan dari sistem gagasan, tindakan, dan juga hasil karya dari manusia untuk memenuhi kehidupan bermasyarakat dan hal tersebut kemudian akan dijadikan manusia sebagai milik mereka sendiri dengan cara belajar. Beberapa orang menyebut budaya merupakan hasil karya dan karsa manusia, dimana budaya ada karena adanya interaksi yang ada dalam kehidupan masyarakat. interaksi sosial juga menimbulkan adanya persebaran budaya dari masyarakat satu kemasyarakat yang lain, yang biasanya disebut dengan difusi kebudayaan.

Difusi,  suatu proses penyebaran unsurunsur kebudayaan dari satu kelompok ke kelompok lain atau dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Dengan proses tersebut manusia mampu menghimpun penemuan-penemuan baru yang dihasilkan. penyebaran kebudayaan atau difusi memiliki dua jenis yaitu antarmasyarakat dan intramasyarakat

Difusi antarmasyarakat adalah  difusi unsur kebudayaan dari satu masyarakat ke masyarakat yang lain, interaksi ini terjadi diluar dari lingkungan dan kelompok masyarakat itu sendiri. 
Difusi intramasyarakat adalah  difusi unsur kebudayaan antarindividu atau golongan dalam masyarakat yang dipengaruhi beberapa faktor seperti adanya pengakuan bahwa unsur budaya baru tersebut memiliki banyak kegunaan, penyevbaran difusi intramasyarakat ini terjadi di dalam golongan atau kelompok itu sendiri. 

Dengan demikian dapat di simpulkan bahwasannya proses penyebaran budaya dalam masyarakat karena adanya sebuah interaksi dari masyarakat satu ke masyarakat lain, sehingga kebudayaan satu dengan yanglaiinya dapat dikenal dan membawa pengaruh dalam kehidupan masyarakay. proses difusi memliliki dua jenis yaitu difusi intraamsyarakat dan antar masyarakat, sesuai dengan ruang lingkup interaksi dan penyebaran budaya dalam masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu individu ke individu lainnya dinamakan ….

Pembahasan Soal:

Difusi kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu proses menyebarnya unsur-unsur budaya dari satu kelompok ke kelompok lainnya atau dari satu masyarakat ke masyarakat lainnya.undefined  

0

Roboguru

Proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu individu lain disebut ....

Pembahasan Soal:

Difusi merupakan suatu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari orang perorangan kepadaorang perorangan yang lain, dan dari masyarakat ke masyarakat lain. Misalnya, terdapat penemuan baru dalam suatu masyarakat, maka penemuan itu dapat diteruskan dan disebarkan kepada masyarakat yanglain dengan cara difusi sehingga mereka pun dapat menikmati manfaat dari penemuan baru itu.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Dinamika sosial pada umumnya terjadi akibat adanya difusi. Difusi dibagi menjadi dua macam. Sebutkan dan jelaskan kedua macam difusi disebutkan!

Pembahasan Soal:

Difusi adalah suatu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu kelompok ke kelompok lain atau dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Dengan proses tersebut manusia mampu menghimpun penemuan-penemuan baru yang dihasilkan. dari penyebaran itu dapat dilakukan dnegan berbagai cara, sehingga difusi di bagi menjadi dua sesuai dengan skala penyebarannya.

Difusi dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Difusi intramasyarakat adalah difusi unsur kebudayaan antarindividu atau golongan dalam masyarakat yang dipengaruhi beberapa faktor seperti adanya pengakuan bahwa unsur budaya baru tersebut memiliki banyak kegunaan.
  2. Difusi antarmasyarakat adalah difusi unsur kebudayaan dari satu masyarakat ke masyarakat yang lain. Difusi antarmasyarakat terjadi karena adanya kontak sosial antarmasyarakat hingga timbul pengakuan akan kegunaan unsur kebudayaan baru tersebut.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved