Roboguru

Jelaskan tiga cacat tulang belakang yang timbul karena kebiasaan posisi tubuh yang salah.

Pertanyaan

Jelaskan tiga cacat tulang belakang yang timbul karena kebiasaan posisi tubuh yang salah.

  1. ...

  2. ...undefined

Pembahasan Soal:

Kebiasaan posisi tubuh yang salah yang dilakukan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kelainan tulang lordosis,kifosis, dan skoliosis. Berikut penjelasan 3 kelainan tulang tersebut.

  1. Lordosis
    Lordosis adalah kelainan pada tulang leher dan panggul yang terlalu membengkok ke depan. Lordosis sementara dapat terjadi pada ibu hamil. Untuk menopang beban di bagian perutnya, ibu hamil akan menarik bahu ke belakang sehingga tulang pinggang melengkung ke depan. Lordosis juga dapat disebabkan oleh penyakit TBC pada tulang belakang atau osteomalasia (tulang rapuh).
  2. Kifosis
    Kifosis adalah kelainan pada tulang punggung yang terlalu membengkok ke belakang. Kelainan ini dapat terjadi misalnya karena kebiasaan saat menulis terlalu membungkuk yang dilakukan selama bertahun-tahun. Kifosis sering terjadi pada orang Ian jut usia karena mengalami osteoporosis. Sela in itu, dapat juga disebabkan oleh penyakit TBC tulang belakang, rakitis, atau osteomalasia.
  3. Skoliosis
    Skoliosis adalah kelainan pada ruas-ruas tulang belakang yang membengkok ke samping. Skoliosis dapat terjadi jika seseorang sering membebani salah satu sisi tulang belakang dan kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun. Skoliosis dapat juga disebabkan oleh struktur tulang belakang yang tidak normal, kaki tidak sama panjang, atau kelumpuhan otot.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 11 Februari 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved