Roboguru

Jelaskan tiga bentuk status sosial menurut cara memperolehnya. Berikan contoh tiap bentuk!

Pertanyaan

Jelaskan tiga bentuk status sosial menurut cara memperolehnya. Berikan contoh tiap bentuk!
 

Pembahasan Soal:

Soal diatas membahas mengenai konsep dasar status sosial yang menjadi materi pokok dalam sosiologi. Status sosial menurut Ralph Linton merupakan sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya. Orang yang memiliki status sosial yang tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah.

Ada 3 bentuk status sosial yang harus dipahami, yakni status sosial berdasarkan kelahiran, status sosial berdasarkan prestasi, dan status sosial berdasarkan pemberian. Adapun penjelasannya yaitu : 

  • Status sosial berdasarkan kelahiran : Status sosial ini diperoleh dari kelahiran, dikenal dengan ascribed status. Status sosial ini sudah ada sejak lahir, contohnya yaitu status keluarga bangsawan.
  • Status sosial berdasarkan prestasi : Status kelahiran berdasarkan usaha atau prestasi disebut juga dengan achieved status. contohnya, seorang anak petani bekerja keras sehingga menerima beasiswa ke luar negeri dan menjadi CEO di perusahaan.
  • Status sosial berdasarkan pemberian : Assigned status atau status sosial berdasarkan pemberian, terjadi berdasarkan kemampuan individu dalam suatu masyarakat ataupun usahanya. Misalnya Puun sebagai ketua suku atau sesepuh baduy.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pak Dani adalah seorang pimpinan perusahaan Tambang. Di lingkungan kerjanya, ia sangat dihormati oleh para karyawannya. Namun ketika pulang ke rumahnya, Pak Dani hanyalah warga biasa. Di lingkungan te...

Pembahasan Soal:

Dalam soal dijelaskan bahwa Pak Dani di kantornya menjadi seorang direktur atau pimpinan perusahaan, sedangkan di lingkungan tempat tinggalnya, ia hanyalah warga biasa. Ini menunjukkan bahwa individu dapat memiliki status ganda. Status ganda berarti dalam suatu struktur sosial, seseorang bisa memiliki status sosial yang tinggi, tapi di struktur sosial yang lain, bisa memiliki status sosial yang lebih rendah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Dalam sebuah perusahaan, ada status sebagai direktur, manajer, dan juga karyawan. Berdasarkan tanggung jawab dan kewenangannya, status sebagai karyawan memiliki posisi yang lebih rendah daripada manaj...

Pembahasan Soal:

Status sosial berkaitan dengan posisi seseorang dalam masyarakat yang dilihat dari tingkatan atau hierarki sosialnya. Seseorang yang berada di posisi atas akan memiliki status sosial yang tinggi, sedangkan ketika berada di posisi bawah, maka status sosialnya rendah. Maka itu, di masyarakat bisa menemukan ada orang yang memiliki status kaya, namun ada yang miskin. Ada yang berpendidikan tinggi, ada yang berpendidikan rendah. Ada yang memiliki jabatan yang tinggi, ada yang rendah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Berdasarkan gambar dapat disimpulkan bahwa....

Pembahasan Soal:

Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan seorang atau kelompok dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat. Mobilitas sosial vertikal naik memiliki dua bentuk utama, yaitu:

  1. Masuknya individu yang memiliki kedudukan rendah ke tingkat kedudukan yang lebih tinggi.
  2. Pembentukan suatu kelompok sosial baru kemudian ditempatkan pada derajat yang lebih tinggi dari orang-orang pembentuk kelompok tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. Antara orang tua dengan anak-ke1 mengalami mobilitas vertikal naik.

undefined 

0

Roboguru

Ketika bekerja sebagai seorang pegawai, Dedi bergaul erat dengan teman-temannya. Namun kini ia berperilaku berbeda karena telah menjadi pejabat penting di Pemkot daerahnya. Kasus tersebut berdampak ne...

Pembahasan Soal:

Dalam sebuah hubungan sosial antar individu tedapat istilah homophilus yakni suatu derajat persamaan yang diketahui memiliki pengaruh besar pada keberhasilan suatu komunikasi atau interaksi sosial. Persamaan yang dimaksud seperti pekerjaan, usia, keyakinan, status sosial, kepentingan, nilai yang dianut dan juga pendidikan. Apabila seseorang mengalami perubahan status, kepentingan, ataupun unsur-unsur persamaan yang telah disebutkan tadi maka orang itu juga akan mengalami perubahan pada lingkungan pertemanannya. Sebab, ia akan mencari teman yang sesuai dengan dirinya.

Pada kasus soal ini, perubahan status dan peran Dedi ketika menjabat sebagai pejabat penting Pemkot mengakibatkan perbedaan status dan peran sosial yang dapat mengancam hubungan sosial pertemanannya. Sesuai dengan konsep homophilus tadi maka menjadi jelas mengapa hubungan sosial pertemanan Dedi dapat terancam setelah Dedi mempunyai status dan peran sosial yang baru.

0

Roboguru

Multidimensi identitas adalah....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan struktur sosial di masyarakat dan poin yang ditanyakan yaitu status dalam struktur sosial.

Multidimensi identitas diartikan sebagai keberagaman sudut pandang, ukuran yang beragam terhadap identitas seseorang. Identitas seseorang di dalam masyarakat ditandai dengan keadaan, sifat atau ciri-ciri khusus seseorang di masyarakat. Dampak negatif dari multidimensi identitas yaitu dapat memicu adanya konflik. 

Contoh dari multidimensi identitas

Ketika ada orang yang sakit jantung kemudian dibawa ke dokter praktek setempat dan berharap bisa segera disembuhkan, namun karena dokter tersebut bukan dokter spesialis maka ia mengatakan tidak bisa banyak membantu dan menyarankan untuk ke dokter spesialis. Di sini terdapat pandangan bahwa   apabila profesinya dokter maka ia dapat mengobati segala jenis penyakit. space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved