Roboguru

Jelaskan tentang penyakit kuning yang terjadi pada organ eksresi!

Jelaskan tentang penyakit kuning yang terjadi pada organ eksresi!space space

  1. ....

  2. ....

Jawaban:

Penyakit kuning atau jaundice merupakan suatu kondisi medis ketika terjadinya perubahan warna menjadi kekuningan pada kulit, bagian putih dari mata, dan juga membran mukosa seseorang. Penyakit kuning sendiri terjadi karena kadar bilirubin dalam sirkulasi darah seseorang meningkat. Bilirubin adalah zat yang dihasilkan dari perombakan sel darah merah di hati.

Penyebab terjadinya jaundice dapat dibagi berdasarkan tiga golongan besar, yaitu:

  1. Masalah pada pre-produksi dari bilirubin (pre-hepatik), masalah ketika terjadinya peningkatan bilirubin akibat pemecahan sel darah merah berlebihan di dalam pembuluh darah. Dapat disebabkan oleh penyakit thalasemia, sikle-cell anemia, dan malaria.
  2. Masalah pada proses produksi bilirubin (hepatik), terganggunya organ hati tempat perombakan sel darah merah karena penyakit hepatitis, sirosis hati, atau kanker hati.
  3. Masalah setelah bilirubin selesai diproduksi (post-hepatik). Adanya batu empedu yang menyumbat saluran empedu membuat bilirubin yang sudah diproduksi terperangkap di dalam kantung empedu dan tidak dapat keluar. Penyebab lain dapat berupa infeksi pada kantung empedu, pankreatitis, atau kangker pada kantung empedu.space space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved