Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan tentang pengertian manajemen menurut G.R Terry, Marry Parker dan S.P Hasibuan serta pengertian tentang unsur unsur manajemen seperti man, money, materials, machines, methods dan market!space 

  1. ...space 

  2. ...space 

A. Uliya

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sultan Syarif Kasim

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah sesuai pernyataan di atas.space 

Pembahasan

Menurut G.R Terry, manajemen adalah proses khas yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerak dan pengendalian, dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan dengan menggunakan orang dan sumber daya.

Menurut Mary Parker Follet telah mendefinisikan pengertian manajemen adalah suatu seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, pekerjaan ini membutuhkan seorang manajer untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama.

Manajemen menurut Malayu S.P. Hasibuan adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Unsur-unsur manajemen, yaitu:

  1. Man. Unsur yang pertama adalah manusia, dengan melakukan proses manajemen, manusia sangat berperan penting. Untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan, diatur dan sudah berjalan adalah peran penting yang dilakukan oleh manusia. Manusia dapat dibilang sangat penting dalam unsur unsur manajemen ini. Menjalankan proses manajemen untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien hanya dapat dijalankan oleh manusia. Tanpa adanya manusia sebuah pekerjaan tidak akan berjalan sesuai rencana yang dibuat, karena manusia adalah makhluk pekerja untuk menyelesaikan tugas. Manusia dapat memotivasi pekerja lainnya agar lebih baik dalam melakukan pekerjaan.
  2. Money. Uang merupakan unsur yang sangat penting dalam berjalannya pekerjaan yang akan dicapai sesuai tujuan. Sebuah pekerjaan yang sedang berjalan akan membutuhkan perlengkapan dan peralatan untuk melancarkan proses tersebut. Mendapatkan perlengkapan dan peralatan tersebut harus memiliki uang sehingga uang dapat dibilang penting. Dalam pengertian manajemen, proses yang memanfaatkan sumber daya yang dapat mencapai tujuan efektif dan efisien. Untuk mencapai tujuan yang efisien sangat dibutuhkan modal dalam bentuk uang yang dapat memenuhi hal tersebut. Dapat dilihat untuk membangun sesuatu memiliki uang sangatlah menunjang kelancaran dalam pembangunan tersebut. Pengelolaan keuangan yang benar juga termasuk hal yang krusial dalam keberlangsungan manajemen yang optimal. Dengan proses manajemen keuangan yang efisien, tentunya seluruh proses dalam bisnis bisa terencana dengan baik dengan data finansial yang faktual.
  3. Material. Dalam sebuah proses mencapai sebuah tujuan memiliki persediaan bahan baku sangatlah dibutuhkan. Jika bahan baku tidak tersedia untuk menjalankan proses produksi, maka proses tersebut akan terhambat dalam jangka pendek maupun panjang. Maka dari itu salah satu unsur unsur manajemen yang penting adalah materials yang dapat memenuhi pencapaian tujuan. Bahan baku didapatkan dengan membelinya di tempat yang menyediakan bahan baku yang dibutuhkan. Untuk mencapai tujuan yang efektif sangatlah dibutuhkan bahan baku yang tahan lama dan bagus agar manajemen berjalan lancar. Dalam mengolah bahan baku tersebut membutuhkan manusia yang dapat menjadikannya sebagai produk yang dibutuhkan.
  4. Machine. Salah satu unsur manajemen yang menjadi pendukung terhadap berjalannya proses pencapaian tujuan yang efisien adalah mesin. Dengan menggunakan mesin akan membantu mempercepat pekerjaan yang dilakukan. Mesin digunakan untuk memproses bahan baku agar menjadi sebuah produk yang berkualitas. Manajemen dilakukan dengan banyak proses yang dilakukan dengan baik agar tujuan yang dicapai menjadi sangat baik. Untuk itu bahan baku yang digunakan harus berkualitas sehingga hasilnya sesuai dengan harapan. Mesin dapat berjalan karena manusia yang menggerakan, maksud dari ini dari setiap unsur unsur manajemen sangatlah berkaitan.
  5. Method. Sebuah metode yang digunakan untuk menjalankan proses manajemen dapat dilakukan dengan pemikiran manusia. Sehingga metode dapat membuat proses tersebut lebih mudah dan cepat selesai dalam mencapai tujuan yang efisien. Metode terjadi karena munculnya unsur unsur manajemen di atas untuk melakukan proses dengan lancar. Menggunakan metode yang telah disusun sesuai dengan divisi yang ada dapat dibagikan kepada pekerja yang ahli pada bidangnya. Manusia akan membantu berjalannya metode yang telah dibentuk untuk menghasilkan bahan baku menjadi bahan jadi. Dengan metode yang baik juga akan membuat mesin berjalan dengan sesuai dan uang digunakan sesuai dengan keperluan yang akan mencapai tujuan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah sesuai pernyataan di atas.space 

577

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang bukan merupakan ciri manajemen dalam kegiatannya adalah….

663

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia