Roboguru

Jelaskan tahap penanggulangan bencana jika terjadi tsunami, setelah terjadi tsunami!

Pertanyaan

Jelaskan tahap penanggulangan bencana jika terjadi tsunami, setelah terjadi tsunami!space space 
 

Pembahasan Soal:

Tsunami adalah gelombang air besar yang diakibatkan oleh gangguan di dasar laut umumnya disebabkan oleh gempa di dasar laut akibat tumbukan lempeng tektonik. Gelombang laut yang mendekat pantai akan semakin besar dan membentuk gelombang tsunami. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan setelah terjadinya tsunami:

  1. Pastikan telah memperoleh informasi bahwa ancaman tsunami sudah berakhir dari BMKG, informasi dapat melalui TV Nasional, radio daerah ataupun pengumuman di sekitar anda.
  2. Jauhi area yang tergenang, karena kemungkinan terdapat kubangan atau adanya kontaminasi dari zat-zat yang berbahaya.
  3. Jauhi area terdampak yang rusak (banyak puing-puing) kemungkinan adanya benda-benda tajam dapat melukai anda.
  4. Jauhi jaringan instalasi listrik dan pipa gas.
  5. Jika rumah dinyatakan masih layak huni, bersihkan rumah dari sampah yang terbawa gelombang tsunami dan menjernihkan sumber air bersih.
  6. Segera membangun tenda pengungsian apabila keadaan rumah sudah tidak memungkinkan untuk di huni atau kembali lah ke tempat pengungsian.

Pastikan keadaan sudah kembali tenang pasca tsunami dan tidak terburu-buru kembali ke rumah ketika belum ada pengumuman resmi terkait berakhirnya tsunami.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Wilayah X mengalami gempa dengan kekuatan 7,2 magnitudo selama 30 detik. Bencana tersebut menyebabkan rumah roboh dan pohon tumbang. Tindakan tepat setelah menyelamatkan diri dari bencana adalah ....

Pembahasan Soal:

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi bisa disebabkan oleh pergerakan pada lempeng bumi. Peristiwa gempa yang terjadi pada wilayah X merupakan peristiwa gempa yang besar karena skalanya mencapai 7,2 SR dan terjadi selama 30 detik. Hal ini bisa menyebabkan rumah roboh dan pepohonan tumbang. Setelah berhasil menyelamatkan diri dari gempa, kita harus membantu proses evakuasi semampunya, terutama evakuasi terhadap kelompok rentan, seperti ibu hamil dan lansia. Hal ini terjadi karena evakuasi dan penyelamatan korban merupakan hal prioritas yang harus dilakukan saat bencana terjadi. Selain itu, proses evakuasi pada masyarakat ke tempat aman harus segera dilakukan karena dikhawatirkan akan terjadi gempa susulan mengingat skala gempa yang begitu besar di wilayah X.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Roboguru

Apabila terjadi semburan debu vulkanik gunung api dan pada saat itu kita berada di dalam rumah, maka upaya penyelamatan yang tepat adalah ...

Pembahasan Soal:

Apabila terjadi semburan debu vulkanik gunung api dan pada saat itu kita berada di dalam rumah, maka tutup semua jendela dan pintu agar abu vulkanik tidak masuk. Jika masih memiliki waktu, amankan kendaraan juga hewan ternak jika ada.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

Roboguru

Pernyataan: (1) keluar dari dalam ruangan; (2) mencari lapangan yang cukup luas untuk berlindung; (3) mendekati gedung-gedung yang tinggi; (4) jika berada dalam ruangan, bersembunyi di bawah meja;...

Pembahasan Soal:

Mitigasi adalah serangkaian usaha yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana. Dalam kejadian gempa, mitigasi yang dapat dilakukan adalah:

  • Jika berada dalam ruangan, segera mencari kolong meja untuk mencegah kepala terkena runtuhan.
  • Jika ingin keluar gedung, tidak tergesa-gesa dan melalui pintu darurat yang disediakan, jika berada dalam gedung tinggi, hendaklah menggunakan tangga.
  • Keluarlah dari gedung, jauhi gedung dan berlumpul dilapangan.
  • Jauhi pohon, papan reklame atau apapun yang dapat runtuh/tumbang.
  • Ikuti arahan petugas atau hubungi pihak-pihak yang berwenang.

Mitigasi yang dapat dilakukan terdapat dalam pernyataan D. (2), (4), dan (5). Pernyataan nomor (3) bukan mitigasi yang dilakukan saat gempa, pernyataan nomor (1) sudah tersirat dalam pernyataan nomor (2) bahwa sebelum mencari lapangan memang dipastikan harus keluar dulu dari dalam ruangan.

Roboguru

Perhatikan jenis bencana berikut! Banjir bandang Lahar hujan Kelaparan Longsoran vulkanik Hujan abu vulkanik Bencana sekunder yang terjadi akibat erupsi gunungapi ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Erupsi gunung api dapat menimbulkan bahaya utama/bahaya langsung, yaitu bahaya yang terjadi ketika proses peletusan terjadi dan bahaya pengikut/bahaya sekunder, yaitu bahaya yang terjadi setelah proses erupsi.

Bahaya utama yang dihasilkan dari erupsi gunung api adalah sebagai berikut:

  1. Gas vulkanik.
  2. Lava dan aliran pasir serta batu panas.
  3. Lahar.
  4. Hujan abu vulkanik.
  5. Awan panas (piroklastik)
     

Bahaya sekunder yang dihasilkan dari erupsi gunung api adalah sebagai berikut:

  1. Lahar hujan.
  2. Banjir lahar dingin.
  3. Kerugian kesehatan, ekonomi, dan sosial seperti kelaparan dan kehilangan tempat tinggal.
  4. Longsoran vulkanik (tanah longsor dari endapan material vulkanik).

Jawaban seharusnya 2, 3, dan 4. space 

Jadi, jadi jawaban yang tepat adalah C.  

Roboguru

Pernyataan: Rumah sederhana bentuk panggung; Bahan bangunan seringan mungkin; Konstruksi dengan penahan beban yang memadai; Struktur pondasi yang sangat dalam dari bata merah; Menggunakan atap ...

Pembahasan Soal:

Prinsip pembuatan rumah tahan gempa sebagai upaya mitigasi bencana gempa terdapat pada angka:

  • Rumah sederhana bentuk panggung
    Struktur bangunan tahan gempa yang direncanakan haruslah sesederhana mungkin sehingga mudah dalam renovasi dan rekonstruksi setelah terjadi gempa. Selain itu, struktur yang sederhana akan meminimalkan kerugian akibat gempa.
  • Bahan bangunan seringan mungkin
    Bangunan tahan gempa harus memiliki volume yang ringan. Makin berat bangunan, maka makin besar daya massa jika gempa terjadi. Jadi makin tinggi gedung yang dibangun, maka gedungnya harus semakin ringan.
  • Kontruksi dengan penahan beban yang memadai
    Struktur vertikal harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat menerima beban vertikal paling besar. Makin besar gaya vertikal, maka makin tahan terhadap gaya gempa. Oleh karena itu, konstruksi penahan beban harus memadai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved