Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan struktur kehidupan sosial ekonomi Kerajaan Kediri ...

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa terdapat pembedaan penduduk di Kerajaan Kediri, yaitu golongan pemerintah pusat, golongan petani dan golongan nonpemerintahan. Kehidupan perekonomian diatur oleh pejabat kerajaan.

Pembahasan

Penduduk Kerajaan Kediri dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu golongan pemerintah pusat yang terdiri atas kaum bangsawan kerajaan, golongan petani yang bekerja di daerah, dan golongan nonpemerintahan yang terdiri atas orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan atau bekerja selain petani. Kehidupan perekonomian banyak diatur oleh pejabat kerajaan dan pegawai rendahan yang bekerja di daerah-daerah. Penduduknya mayoritas bekerja sebagai petani. Selain itu, ada yang bekerja sebagai pedagang dan peternak. Adapun barang-barang yang diperjualbelikan di antaranya emas, perak, gading, dan cendana. Pemerintah Kerajaan Kediri sudah menerapkan sistem pajak bagi penduduknya yang dibayarkan menggunakan hasil bumi, seperti beras. Ada juga hukuman bagi para pelaku kejahatan berupa hukuman denda atau hukuman mati. Hukuman bergantung pada tingkat kejahatan yang dilakukan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pembedaan penduduk di Kerajaan Kediri, yaitu golongan pemerintah pusat, golongan petani dan golongan nonpemerintahan. Kehidupan perekonomian diatur oleh pejabat kerajaan.

525

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa pada masa Kerajaan Kediri karya sastra berkembang dengan pesat? Tuliskan contohnya . . . .

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia