Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan sistematika kritik sastra secara lengkap!

Jelaskan sistematika kritik sastra secara lengkap! 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sistematika kritik sastra adalah pengenalan isu/tinjauan karya sastra, pembahasan/pemaparan argumen, sesrta penilaian dan rekomendasi.

sistematika kritik sastra adalah pengenalan isu/tinjauan karya sastra, pembahasan/pemaparan argumen, sesrta penilaian dan rekomendasi.undefined 

Iklan

Pembahasan

Kritik sastra adalah salah satu cabang ilmu sastra untuk menghakimi suatu karya sastra. Selain menghakimi karya sastra, kritik sastra juga memiliki fungsi untuk mengkaji dan menafsirkan karya sastra secara lebih luas. Kritik sastra biasanya dihasilkan oleh kritikus sastra. Berikut ini adalah sistematika kritik sastra yang dapat diterapkan untuk membuat sebuah kritik sastra yang baik. Pengenalan Isu/Tinjauan Karya Sastra Bagian ini berisi identitas penulis, karyasastra yang penah dihasilkan,penilaian secara umum, termasuk gambaran isi karya sastra itu sendiri (sinopsis). Pembahasan/Pemaparan Argumen Bagian ini berisi analisis unsur- unsur karya sastra berdasarkan sudut pandang dan interpretasi penulis terhadap karya tersebut, juga dikemukakan fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis. Penilaian dan Rekomendasi Bagian ini berisi penilaian yang objektif terhadap sebuah karya sastra, berupa keunggulan dan kelemahan karya sastra yang dikritik, juga saransaran untuk khalayak terkait dengan kepentingan pengapresiasiannya. Dengan demikian, sistematika kritik sastra adalah pengenalan isu/tinjauan karya sastra, pembahasan/pemaparan argumen, sesrta penilaian dan rekomendasi.

Kritik sastra adalah salah satu cabang ilmu sastra untuk menghakimi suatu karya sastra. Selain menghakimi karya sastra, kritik sastra juga memiliki fungsi untuk mengkaji dan menafsirkan karya sastra secara lebih luas. Kritik sastra biasanya dihasilkan oleh kritikus sastra.

Berikut ini adalah sistematika kritik sastra yang dapat diterapkan untuk membuat sebuah kritik sastra yang baik.

  • Pengenalan Isu/Tinjauan Karya Sastra

Bagian ini berisi identitas penulis, karya sastra yang penah dihasilkan, penilaian secara umum, termasuk gambaran isi karya sastra itu sendiri (sinopsis).

  • Pembahasan/Pemaparan Argumen

Bagian ini berisi analisis unsur- unsur karya sastra berdasarkan sudut pandang dan interpretasi penulis terhadap karya tersebut, juga dikemukakan fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis.

  • Penilaian dan Rekomendasi

Bagian ini berisi penilaian yang objektif terhadap sebuah karya sastra, berupa keunggulan dan kelemahan karya sastra yang dikritik, juga saransaran untuk khalayak terkait dengan kepentingan pengapresiasiannya.


Dengan demikian, sistematika kritik sastra adalah pengenalan isu/tinjauan karya sastra, pembahasan/pemaparan argumen, sesrta penilaian dan rekomendasi.undefined 

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada sistematika esai, isi bagian tesis yaitu ....

232

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia