Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan sejarah limaagama yang datang ke Indonesia secara lengkap (Agama Islam, Kristen, Budha, Hindu, dan Konghucu)?

Jelaskan sejarah lima agama yang datang ke Indonesia secara lengkap (Agama Islam, Kristen, Budha, Hindu, dan Konghucu)?

Iklan

C. Susilo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-7 dan 13 melalui jalur perdagangan dari Arab, Cina, dan India. Agama Buddha muncul pada abad ke-4 M dan mulai menyebar pada abad ke- 7 dengan berdirinya Kerajaan Kaling atau Ho Ling di Jawa Tengah.Agama Hindu masuk ke Nusantara pada awal abad ke-4 ditandai dengan berdirinya kerajaan Kutai dan Tarumanegara.Agama Kristen muncul di Nusantara pada abad ke-7 dengan ditemukannya orang yang beragama Katolik di Barus dan Sibolga kemudian bekembang ketika orang Barat tiba dalam pelayaran mencari pulàu rempah-rempah.Agama Konghucu muncul di Nusantara pada abad ke-3 dari para pedangan Tionghoa, agama Konghucu mulai berkembang ketika awal abad ke-19 hingga diakui pada masa reformasi.

 Agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-7 dan 13 melalui jalur perdagangan dari Arab, Cina, dan India. Agama Buddha muncul pada abad ke-4 M dan mulai menyebar pada abad ke- 7 dengan berdirinya Kerajaan Kaling atau Ho Ling di Jawa Tengah.Agama Hindu masuk ke Nusantara pada awal abad ke-4 ditandai dengan berdirinya kerajaan Kutai dan Tarumanegara.Agama Kristen muncul di Nusantara pada abad ke-7 dengan ditemukannya orang yang beragama Katolik di Barus dan Sibolga kemudian bekembang ketika orang Barat tiba dalam pelayaran mencari pulàu rempah-rempah.Agama Konghucu muncul di Nusantara pada abad ke-3 dari para pedangan Tionghoa, agama Konghucu mulai berkembang ketika awal abad ke-19 hingga diakui pada masa reformasi.  

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Agama Islam datang ke Indonesia dijelaskan dalam beberapa teori yaitu : Teori Gujarat dikemukakan oleh Hoesein Djajadiningrat yang menyatakan bahwa agama Islam datang dari Gujarat India pada abad 13. Teori Mekkah yang dikemukakan oleh Hamka yang menytakan agama Islam datang pada abad 9 M. Teori Persia dikemukakan oleh Snouck Hurgronje yang menyatakan bahwa Islam datang dari Persia, Iran. Proses islamisasi dilakukan melalui pernikahan, pendidikan, dakwah dan kesenian. Penyebaran agama Kristen di Indonesia dilakukan melalui pelayaran dan perdagangan. Aktivitas pelayaran dan perdagangan di masa itu sudah bisa menjangkau seluruh wilayah Kepulauan Indonesia. Agama Kristen Katolik dan Kristen Protestan sudah berkembang di berbagai daerah. Agama Hindu dan Budha masuk ke Indonesia diungkapkan dalam beberapa teori yaitu : Teori Brahmana yang dikemukakan oleh Van Leur. Ia mengemukakan bahwa para kaum brahmana diundang datang ke Nusantara untuk mengajarkan agama tersebut untuk raja dan rakyatnya. Teori Waisya yang dikemukakan oleh N.J.Krom menyebutkan bahwa para pedagang Hindu dan Buddha memperkenalkan agama dan kepercayaannya kepada masyarakat. Teori Ksatria dikemukakan oleh C.C. Berg, Mookerij, J.C. Moens. Pada jaman masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara, di daratan India dan China sedang berlangsung perang saudara. Raja-raja yang kalah peperangan melarikan diri ke Nusantara untuk berlindung. Lambat laun mereka mendirikan kerajaan kembali di Nusantara . Teori Arus Balik berasumsi bahwa perkembangan ajaran Hindu dan Buddha diawali oleh kaum terpelajar di Nusantara untuk berguru ke India. Setelah mereka berguru dan pulang ke Nusantara, mereka mulai menyebarkan agama baru yang mereka pelajari disana sebagai pemuka agama dan pendeta. Agama Konghucu berasal dari Cina dan dibawa oleh para pedagang Tionghoa. Masuknya Konghucu ke Indonesia diperkirakan sekitar abad ke 3 Masehi. Namun agama Kong Hucu saat itu belum disebarkan secara luas Dengan demikian,Agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-7 dan 13 melalui jalur perdagangan dari Arab, Cina, dan India. Agama Buddha muncul pada abad ke-4 M dan mulai menyebar pada abad ke- 7 dengan berdirinya Kerajaan Kaling atau Ho Ling di Jawa Tengah.Agama Hindu masuk ke Nusantara pada awal abad ke-4 ditandai dengan berdirinya kerajaan Kutai dan Tarumanegara.Agama Kristen muncul di Nusantara pada abad ke-7 dengan ditemukannya orang yang beragama Katolik di Barus dan Sibolga kemudian bekembang ketika orang Barat tiba dalam pelayaran mencari pulàu rempah-rempah.Agama Konghucu muncul di Nusantara pada abad ke-3 dari para pedangan Tionghoa, agama Konghucu mulai berkembang ketika awal abad ke-19 hingga diakui pada masa reformasi.

Agama Islam datang ke Indonesia dijelaskan dalam beberapa teori yaitu : Teori Gujarat dikemukakan oleh Hoesein Djajadiningrat yang menyatakan bahwa agama Islam datang dari Gujarat India pada abad 13. Teori Mekkah yang dikemukakan oleh Hamka yang menytakan agama Islam datang pada abad 9 M. Teori Persia dikemukakan oleh Snouck Hurgronje yang menyatakan bahwa Islam datang dari Persia, Iran. Proses islamisasi dilakukan melalui pernikahan, pendidikan, dakwah dan kesenian.

Penyebaran agama Kristen di Indonesia dilakukan melalui pelayaran dan perdagangan. Aktivitas pelayaran dan perdagangan di masa itu sudah bisa menjangkau seluruh wilayah Kepulauan Indonesia. Agama Kristen Katolik dan Kristen Protestan sudah berkembang di berbagai daerah.

Agama Hindu dan Budha masuk ke Indonesia diungkapkan dalam beberapa teori yaitu : Teori Brahmana yang dikemukakan oleh Van Leur. Ia mengemukakan bahwa para kaum brahmana diundang datang ke Nusantara untuk mengajarkan agama tersebut untuk raja dan rakyatnya. Teori Waisya yang dikemukakan oleh N.J.Krom menyebutkan bahwa para pedagang Hindu dan Buddha memperkenalkan agama dan kepercayaannya kepada masyarakat. Teori Ksatria dikemukakan oleh C.C. Berg, Mookerij, J.C. Moens. Pada jaman masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara, di daratan India dan China sedang berlangsung perang saudara. Raja-raja yang kalah peperangan melarikan diri ke Nusantara untuk berlindung. Lambat laun mereka mendirikan kerajaan kembali di Nusantara. Teori Arus Balik berasumsi bahwa perkembangan ajaran Hindu dan Buddha diawali oleh kaum terpelajar di Nusantara untuk berguru ke India. Setelah mereka berguru dan pulang ke Nusantara, mereka mulai menyebarkan agama baru yang mereka pelajari disana sebagai pemuka agama dan pendeta.

Agama Konghucu berasal  dari Cina dan  dibawa oleh para pedagang Tionghoa. Masuknya Konghucu ke Indonesia diperkirakan sekitar abad ke 3 Masehi. Namun agama Kong Hucu saat itu belum disebarkan secara luas

Dengan demikian, Agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-7 dan 13 melalui jalur perdagangan dari Arab, Cina, dan India. Agama Buddha muncul pada abad ke-4 M dan mulai menyebar pada abad ke- 7 dengan berdirinya Kerajaan Kaling atau Ho Ling di Jawa Tengah.Agama Hindu masuk ke Nusantara pada awal abad ke-4 ditandai dengan berdirinya kerajaan Kutai dan Tarumanegara.Agama Kristen muncul di Nusantara pada abad ke-7 dengan ditemukannya orang yang beragama Katolik di Barus dan Sibolga kemudian bekembang ketika orang Barat tiba dalam pelayaran mencari pulàu rempah-rempah.Agama Konghucu muncul di Nusantara pada abad ke-3 dari para pedangan Tionghoa, agama Konghucu mulai berkembang ketika awal abad ke-19 hingga diakui pada masa reformasi.  

Latihan Bab

Teori Masuknya Agama Hindu Buddha

Kerajaan-Kerajaan Hindu Buddha

Pengaruh Kehidupan Kerajaan Hindu Buddha

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa bukti dimulainya ajaran Hindu-Buddha di Indonesia? Jelaskan!

493

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia