Jelaskan sejarah berdirinya kerajaan Sriwijaya!

Pertanyaan

Jelaskan sejarah berdirinya kerajaan Sriwijaya!

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sejarah berdirinya kerajaan Sriwijaya menurut catatan I-Tsing dan prasasti Kedukan bukit, Sriwijaya telah berdiri pada abad ke-7 M  dan dipimpin oleh seorang raja bernama Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Pusat kerajaan Sriwijaya menurut para ahli terletak di Palembang di dekat pantai dan di tepi Sungai Musi.

Pembahasan

Kerajaan Sriwijaya menjadi satu diantara 3 kerajaan yang berada di Sumatera dan dikenal oleh Cina alias Tiongkok. Kerajaan lain yang juga menduduki kepulauan Sumatera adalah Tulangbawang dan Kerajaan Melayu. Terdapat beberapa sumber berupa prasasti dan catatan perjalanan mengenai berdirinya kerajaan Sriwijaya ini. Menurut catatan I-Tsing seorang pendeta yang berasal dari Tiongkok, Sriwijaya berdiri pada abad ke-7 M. I-Tsing mendalami agama Buddha dan sempat singgah di Sriwijaya untuk belajar bahasa Sansakerta pada tahun 682 M.

Menurut catatan I-Tsing, pada saat itu Sriwijaya dipimpin oleh seorang raja bernama Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Raja Dapunta Hyang Sri Jayanasa ini, disebutkan dalam prasati Kedukan Bukit berangka tahun 605 saka (683 M). Isinya antara lain menerangkan bahwa seorang bernama Dapunta Hyang mengadakan perjalanan suci (siddhayatra) dengan menggunakan perahu. Ia berangkat dari Minangatamwan dengan membawa tentara 20.000 personel. Prasasti tersebut merupakan prasasti paling tua yang menjelaskan mengenai seorang pemimpin yang ada di Sriwijaya.

Letak pusat Kerajaan Sriwijaya ada berbagai pendapat. Ada yang berpendapat bahwa pusat Kerajaan Sriwijaya ada di Palembang, ada yang berpendapat di Jambi, bahkan ada yang berpendapat di luar Indonesia. Akan tetapi, pendapat yang banyak didukung oleh para ahli, pusat Kerajaan Sriwijaya berlokasi di Palembang, di dekat pantai dan di tepi Sungai Musi.

Dengan demikian, sejarah berdirinya kerajaan Sriwijaya menurut catatan I-Tsing dan prasasti Kedukan bukit, Sriwijaya telah berdiri pada abad ke-7 M  dan dipimpin oleh seorang raja bernama Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Pusat kerajaan Sriwijaya menurut para ahli terletak di Palembang di dekat pantai dan di tepi Sungai Musi.

777

1.0 (1 rating)

Jihan

Jawaban tidak sesuai Pembahasan terpotong Pembahasan tidak menjawab soal Pembahasan tidak lengkap

Pertanyaan serupa

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan p...

188

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia