Pertanyaan

Jelaskan secara singkat kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang terbagi dalam 5 (lima) peristiwa pada saat itu!

Jelaskan secara singkat kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang terbagi dalam 5 (lima) peristiwa pada saat itu!

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi lima peristiwa, yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi, dan puncak proklamasi. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada 17 Agustus 1945, adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka melepaskan diri dari penjajahan. Adapun peristiwa tersebutterjadisecara kronologis. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesiadapat dilihat dalam lima peristiwa yang berhubungan, yaitu sebagai berikut. 6 dan 9 Agustus 1945: Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat. 12 Agustus 1945: Sukarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. 16 Agustus 1945: Dini hari, Sukarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio. 16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Sukarno dan Moh.Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Sukarno dan Moh. Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi lima peristiwa, yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi, dan puncak proklamasi.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada 17 Agustus 1945, adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka melepaskan diri dari penjajahan. Adapun peristiwa tersebut terjadi secara kronologis. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dilihat dalam lima peristiwa yang berhubungan, yaitu sebagai berikut.

  • 6 dan 9 Agustus 1945: Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat.
  • 12 Agustus 1945: Sukarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
  • 16 Agustus 1945: Dini hari, Sukarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.
  • 16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Sukarno dan Moh. Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  • 17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Sukarno dan Moh. Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

16rb+

4.6 (5 rating)

Nabiel Prasetya Negara

Makasih ❤️ Ini yang aku cari!

Nahas Giwop

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Pertanyaan serupa

Urutan kronologi peristiwa menjelang Proklamasi Kemerdekaan...

42rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia