Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan secara singkat faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia.

Jelaskan secara singkat faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia.space 

Iklan

R. Hajrianti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwafaktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia terdiri dari faktor iklim, fisiografi, edafik, dan biotik.

dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia terdiri dari faktor iklim, fisiografi, edafik, dan biotik.space 

Iklan

Pembahasan

Faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia adalah sebagai berikut. Faktor Iklim, merupakan kondisi cuaca dalam kurun waktu yang panjang dan melingkupi wilayah yang luas. Unsur yang terdapat di faktor iklim ini meliputi suhu, kelembapan, cahaya matahari, curah hujan, dan angin. Faktor fisiografi, merupakan faktor yang berhubungan dengan topografi atau bentuk muka bumi, seperti ketinggian, dan kemiringan lereng. Faktor edafik, merupakan faktor yang berkaitan dengan kondisi tanah di suatu wilayah. Unsur-unsur yang membentuk fakto ini antara lain kedalaman lapisan atas tanah, tekstur dan struktur tanah, kandungan organik tanah, dan derajat keasaman. Faktor biotik, memegang peranan yang paling besar dalam persebaran flora dan fauna. Faktor biotik tersebut terdiri dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Jadi, dapat disimpulkan bahwafaktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia terdiri dari faktor iklim, fisiografi, edafik, dan biotik.

Faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Faktor Iklim, merupakan kondisi cuaca dalam kurun waktu yang panjang dan melingkupi wilayah yang luas. Unsur yang terdapat di faktor iklim ini meliputi suhu, kelembapan, cahaya matahari, curah hujan, dan angin.
  2. Faktor fisiografi, merupakan faktor yang berhubungan dengan topografi atau bentuk muka bumi, seperti ketinggian, dan kemiringan lereng.
  3. Faktor edafik, merupakan faktor yang berkaitan dengan kondisi tanah di suatu wilayah. Unsur-unsur yang membentuk fakto ini antara lain kedalaman lapisan atas tanah, tekstur dan struktur tanah, kandungan organik tanah, dan derajat keasaman.
  4. Faktor biotik, memegang peranan yang paling besar dalam persebaran flora dan fauna. Faktor biotik tersebut terdiri dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia terdiri dari faktor iklim, fisiografi, edafik, dan biotik.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

30

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor yang tidak memengaruhi sebaran flora dan fauna adalah ....

2

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia