Roboguru

Jelaskan riwayat perjuangan bung Karno dan Hatta dalam perjuangan kemerdekaan RI !

Pertanyaan

Jelaskan riwayat perjuangan bung Karno dan Hatta dalam perjuangan kemerdekaan RI !

Pembahasan Soal:

Soekarno dan Hatta merupakan dua pahlawan nasional yang tidak dapat dipisahkan. Akan tetapi, pada mulanya, perjuangan mereka terpisah dan kemudian bertemu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Berikut ini adalah riwayat perjuangan Soekarno dan Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

  1. Perjuangan Soekarno : Pada 4 juli 1927, Soekarno mendirikan partai Nasionalis Indonesia ( PNI) dan akhirnya Pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan . Pada tahun 1929, Belanda menangkap Soekarno dan memasukkannya kedalam penjara . Setelah bebas pada tahun 1931, Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933.Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, gagasan tentang dasar negara dikemukakan oleh Ir. Soekarno yang disebutnya yaitu Pancasila. Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih  sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.Sebelumnya, beliau juga berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pemberontakan G-30-S/PKI melahirkan krisis politik hebat yang berdampak pada penolakan MPR atas pertanggungjawabannya.  MPR mengangkat Soeharto sebagai Pejabat Presiden.  
  2. Perjuangan Hatta : Selama 11 tahun (1921–1932) di Belanda, Hatta tidak hanya belajar tapi juga melakukan kegiatan politik untuk kemerdekaan Indonesia. Hatta dipilih menjadi ketua Perhimpunan Indonesia tahun 1925–1930. Hatta aktif dalam menulis, aktivitas dan tulisan-tulisan Hatta rupanya mengusik pemerintah kolonial Belanda. Maka Hatta ditangkap dan dipenjarakan di Den Haag, Belanda, tanggal 23 September 1927 sampai dengan 22 Maret 1928, karena tulisan-tulisannya di majalah Indonesia Merdeka. Setelah menyelesaikan belajar dengan titel drs (doktorandus), Hatta pulang ke Indonesia tahun 1932 untuk meneruskan perjuangan bagi Indonesia merdeka. Tetapi karena aktivitas, gerakan dan perjuangannya, Hatta kembali dipenjarakan pemerintah kolonial. Pemerintah Hindia Belanda memenjarakan Hatta di Glodok, Jakarta, tahun 1934. Tempat penahanan Hatta kemudian dipindah-pindah. Tahun 1934–1935, dibuang ke Boven Digul, Irian Barat (kini Papua), dan dibuang ke Banda Naira. Selanjutnya dipenjarakan di Sukabumi, Jawa Barat, tahun 1942, dan dibebaskan 9 Maret 1942. Selama era penjajahan Jepang, Hatta dan para pendiri bangsa lainnya terus giat mempersiapkan Indonesia merdeka. Bersama Bung Karno, Ki Hadjar Dewantoro, KH Moh Mansyur, mendirikan Putera. Tanggal 7 Agustus 1945, Hatta menjadi Wakil Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Sejarah akhirnya mencatat, Hatta bersama Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta.

Dengan demikian, Soekarno memulai perjuangannya dari PNI pada tahun 1927 akibat aktivitas politiknya yang mengusik pemerintah Hindia Belanda, Soekarno kerap kali keluar masuk penjara pada tahun 1929 dan 1933. hingga akhirnya, Soekarno menjadi orang yang ditunjuk untuk membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sementara Hatta memulai perjuangannya di negeri Belanda dengan menjadi salah satu tokoh organisasi pelajar di Belanda. Sewaktu di Belanda, aktivitas Hatta sudah mengusik pemerintah Belanda sehingga dia dijebloskan ke penjara.  Sepulangnya ke Indonesia, aktivitasnya dalam politik tidak berkurang, sehingga Hatta pun sering kali keluar masuk penjara, hingga akhirnya Hatta menjadi salah satu tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan dan jelaskan peran Ir. Soekarno dan Moh. Hatta didalam perjuangan kemerdekaan Indonesia !

Pembahasan Soal:

Soekarno dan Hatta merupakan dua pahlawan nasional yang tidak dapat dipisahkan. Akan tetapi, pada mulanya, perjuangan mereka terpisah dan kemudian bertemu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Berikut ini adalah riwayat perjuangan bungkarno dan hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

  1. Perjuangan Soekarno : Pada 4 juli 1927, Soekarno mendirikan Partai Nasionalis Indonesia ( PNI) dan akhirnya Pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Pada tahun 1929, Belanda menangkap Soekarno dan memasukkannya kedalam penjara. Setelah bebas pada tahun 1931, Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, gagasan tentang dasar negara dikemukakan oleh Ir. Soekarno yang disebutnya yaitu Pancasila. Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih  sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.Sebelumnya, beliau juga berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemberontakan G-30-S/PKI melahirkan krisis politik hebat yang berdampak pada penolakan MPR atas pertanggungjawabannya.  MPR mengangkat Soeharto sebagai Pejabat Presiden.  
  2. Perjuangan Hatta : Selama 11 tahun (1921–1932) di Belanda, Hatta tidak hanya belajar tapi juga melakukan kegiatan politik untuk kemerdekaan Indonesia. Hatta dipilih menjadi ketua Perhimpunan Indonesia tahun 1925–1930. Hatta aktif dalam menulis, aktivitas dan tulisan-tulisan Hatta rupanya mengusik pemerintah kolonial Belanda. Maka Hatta ditangkap dan dipenjarakan di Den Haag, Belanda, tanggal 23 September 1927 sampai dengan 22 Maret 1928, karena tulisan-tulisannya di majalah Indonesia Merdeka. Setelah menyelesaikan belajar dengan titel drs (doktorandus), Hatta pulang ke Indonesia tahun 1932 untuk meneruskan perjuangan bagi Indonesia merdeka. Tetapi karena aktivitas, gerakan dan perjuangannya, Hatta kembali dipenjarakan pemerintah kolonial. Pemerintah Hindia Belanda memenjarakan Hatta di Glodok, Jakarta, tahun 1934. Tempat penahanan Hatta kemudian dipindah-pindah. Tahun 1934–1935, dibuang ke Boven Digul, Irian Barat (kini Papua), dan dibuang ke Banda Naira. Selanjutnya dipenjarakan di Sukabumi, Jawa Barat, tahun 1942, dan dibebaskan 9 Maret.

Dengan demikian, Soekarno dan Hatta pada awalnya memiliki jalur perjuangannya masing-masing. akan tetapi pada akhirnya mereka dipertemukan untuk berjuang bersama-sama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

0

Roboguru

Ir. Soekarno bersama Moh. Hatta mendapatkan julukan sebagai ....

Pembahasan Soal:

Sebagai tokoh pada masa pergerakan perjuangan hingga masa kemerdekaan, Ir. Soekarno menjadi panutan bagi para pejuang kemerdekaan yang lain. Perannya dalam proklamasi kemerdekaan meliputi penyusunan konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda, menandatangani teks tersebut atas nama bangsa Indonesia, dan membacakannya di hadapan rakyat, hingga akhirnya bersama Mohammad Hatta beliau dijuluki Bapak Proklamator Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. space 

0

Roboguru

Bagaimanakah Ir. Soekrno begitu mantap dan yakin untuk membacakan isi teks proklamsi kemerdekaan, padahal Jepang sangat ketat dalam menjaga situasi pada masa itu, dan apakah ada dukungan dari seseoran...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 17 Agustus 1945 tepatnya pada pukul 10.00 Soekarno membacakan teks proklamasi secara lantang didampingi oleh Moh. Hatta. Pembacaan teks yang dilakukan di Jalan Peganggsaan Timur No. 56 tersebut menjadi titik awal perjuangan bangsa Indonesia sebagai bangsa merdeka, bebas, dan berdaulat. Pada momen sakral tersebut, Soekarno juga didampingi oleh Fatmawati yang sekaligus telah menjahit bendera merah putih sebagai simbol negara Indonesia. Peristiwa tersebut berlangsung cukup dramatik dengan terjadinya peristiwa Rengasdengklok sebelumnya. Dengan segala perjuangan tersebut, proklamasi akhirnya dikumandangkan oleh Soekarno dengan yakin dan mantap.

Dengan demikian, Soekrno begitu mantap dan yakin untuk membacakan isi teks proklamsi kemerdekaan, padahal Jepang sangat ketat dalam menjaga situasi pada masa itu sebab untuk mencapai tahap tersebut banyak perjuangan dan konflik yang harus dilewati serta keberadaan Fatmawati juga menjadi pendukung Soekarno pada saat itu.

0

Roboguru

Siapa bapak proklamator Indonesia?

Pembahasan Soal:

Ir. Sukarno merupakan presiden Indonesia sekaligus juga sebagai Bapak Proklamator Indonesia. Julukan tersebut melekat sebab beliau berperan sebagai pembaca teks proklamasi pada kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Moh. Hatta yang mendampingi juga dianggap sebagai tokoh proklamasi namun lebih dikenal dengan julukan sebagai Bapak Koperasi.

Dengan demikian, Bapak Proklamator Indonesia adalah Sukarno.

0

Roboguru

Berikut adalah peran besar Moh. Hatta setelah proklamasi kemerdekaan ....

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan, Moh. Hatta tetap aktif menulis berbagai macam artikel ekonomi dan memimpin gerakan koperasi di Indonesia. Tanggal 12 Juli 1951, Moh. Hatta memberikan pidato di radio mengenai Hari Jadi Koperasi dan selang ima hari kemudian Moh. Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia. Dengan latar belakang pendidikan ekonomi, disertai tekad untuk menolong rakyat yang menderita, beliau selalu menganjurkan agar masyarakat menjadi anggota koperasi. Moh. Hatta menginginkan agar koperasi menjadi wadah ekonomi yang dapat menolong masyarakat dari kesenjangan ekonomi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved