Roboguru

Jelaskan reaksi perkaratan besi!

Pertanyaan

Jelaskan reaksi perkaratan besi!space 

Pembahasan Soal:

Perkaratan atau Korosi dapat diartikan sebagai proses oksidasi logam. Korosi terjadi saat logam besi dilapisi dengan lapisan berwarna jingga. Besi (Fe) terbentuk saat Besi (Fe) teroksidasi oleh oksigen di udara dengan bantuan air. 

Pada mulanya besi teroksidasi menjadi ion besi (II)


Fe open parentheses italic s close parentheses yields Fe to the power of 2 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 2 e 


Selanjutnya ion besi (II) bereaksi dengan ion hidroksil menjadi besi (II) hidroksida.


Fe to the power of 2 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 2 O H to the power of minus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis yields Fe open parentheses O H close parentheses subscript 2 left parenthesis italic s right parenthesis 


Besi (II) hidroksida kemudiaan dioksidasi oleh oksigen menghasilkan besi (III) oksida atau disebut karat


4 Fe open parentheses O H close parentheses subscript 2 left parenthesis italic s right parenthesis plus O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields 2 left parenthesis Fe subscript 2 O subscript 3 point 2 H subscript 2 O right parenthesis left parenthesis italic s right parenthesis space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space karat 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Zharva

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada peristiwa korosi besi mengalami oksidasi, sedangkan yang mengalami reduksi adalah ...

Pembahasan Soal:

Korosi merupakan kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki. Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe subscript 2 O subscript 3 point xH subscript 2 O. Proses pengaratan, besi (Fe) mengalami oksidasi dan oksigen (O subscript 2) yang terlarut dalam air mengalami reduksi. Reaksi yang terjadi:

Anode = Fe open parentheses italic s close parentheses yields Fe to the power of 2 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 2 e to the power of minus sign 

Katode = O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and 4 H to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 4 e to the power of minus sign yields 2 H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses 

Oleh karena itu, yang mengalami reduksi adalah O subscript 2.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Salah satu cara mencegah terjadinya korosi adalah perlindungan katodik. Apakah yang dimaksud dengan perlindungan katodik?

Pembahasan Soal:

Metode pencegahan korosi besi dapat dibantu dengan logam lain. Salah satu metode yang dikenal adalah perlindungan katodik atau dikenal juga dengan pengorbanan anodik. Pada metode ini, besi dihubungkan dengan pelindung membentuk sel elektrokimia, di mana besi dijadikan sebagai katode dan logam pelindung sebagai anode sehingga nantinya yang akan teroksidasi adalah logam pelindung. Syarat dari logam yang dapat digunakan dalam metode ini adalah memiliki nilai potensial reduksi standar yang lebih kecil atau lebih reaktif daripada besi

Jadi, perlindungan katodik merupakan metode pencegahan korosi dengan cara menghubungkan logam besi dengan logam lain yang memiliki nilai potensial reduksi standar yang lebih kecil atau lebih reaktif daripada besi.

Roboguru

Pelapisan dengan timah merupakan salah satu proses pencegahan korosi yang paling tepat digunakan untuk ....

Pembahasan Soal:

Korosi merupakan peristiwa kerusakan logam akibat reaksi redoks yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Pemicu utama dari terjadinya korosi adalah air dan oksigen (dalam udara). Ada beberapa macam metode pencegahan korosi, seperti pengecatan, pelumuran dengan oli, pembalutan dengan plastik, pelapisan dengan timah, dan pelapisan dengan krom. Pemilihan metode yang tepat didasarkan pada aplikasi dari logam tersebut.

Metode pelapisan dengan timah termasuk metode elektroplating, yaitu logam yang ingin dilindungi dari korosi dilapisi oleh logam lain melalui metode elektrolisis. Logam timah sering digunakan untuk melindungi besi dari korosi karena memiliki potensial sel yang lebih rendah dari besi sehingga ketika dielektrolisis, akan mengendap dan melapisi besi. Metode ini sering digunakan untuk melapisi bagian dalam kaleng kemasan makanan. Hal ini karena timah relatif aman untuk kesehatan manusia, bersifat mengilat dan tahan karat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Mengapa stainless steel lebih tahan karat dibandingkan logam penyusunnya (besi)?

Pembahasan Soal:

Stainless steel merupakan paduan logam (alloy) yang terdiri atas logam besi, kromium, mangan, karbon, dan lainnya. Stainless steel relatif tahan karat dibandingkan besi. Komponen yang berperan pada sifat tersebut adalah kromium. Berdasarkan deret Volta, potensial reduksi standar dari kromium lebih kecil daripada besi. Hal ini memenuhi syarat sebagai logam pelindung besi dari korosi.


Jadi, stainless steel lebih tahan karat dibandingkan logam penyusunnya (besi) karena merupakan paduan logam dengan salah satu logam penyusunnya adalah kromium. Kromium memiliki potensial reduksi standar lebih kecil daripada besi. Hal ini memenuhi syarat sebagai logam pelindung besi dari korosi.

Roboguru

Di antara percobaan seperti yang terlihat pada gambar berikut, perkaratan paling lambat terjadi pada tabung ....

Pembahasan Soal:

Perkaratan atau korosi pada besi terjadi akibat reaksi redoks besi dengan zat di sekitarnya sehingga terbentuk oksida Fe2O3 yang berwarna cokelat kemerahan. Beberapa faktor yang dapat mempercepat terjadinya korosi, di antaranya oksigen, air, elektrolit, dan suhu.

Tabung A:

Mempercepat korosi: air mendidih; memperlambat korosi: tabung ditutup sumbat dan ada minyak yang menghalangi kontak oksigen ir berisi paku.

Tabung B: 

Mempercepat korosi: air mendidih; memperlambat korosi: tabung ditutup sumbat.

Tabung C:

Mempercepat korosi: air dan tabung tidak ditutup sumbat; memperlambat korosi: -.

Tabung D:

Mempercepat korosi: -; memperlambat korosi: tabung ditutup sumbat dan ada CaCl2 anhidrat yang dapat menyerap air.

Tabung E:

Mempercepat korosi: -; memperlambat korosi: tabung ditutup sumbat, ada CaCl2 anhidrat dan kain wol yang dapat menyerap air.

Dengan demikian, perkaratan paling lambat akan terjadi pada tabung E.


Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved