Roboguru

Jelaskan reaksi masyarakat bangsa Indonesia dengan adanya perang maupun diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan?

Pertanyaan

Jelaskan reaksi masyarakat bangsa Indonesia dengan adanya perang maupun diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Berikut ini reaksi masyarakat bangsa Indonesia dengan adanya konfrontasi yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan:

  1. Pertempuran Surabaya 10 November 1945. Pengaruh pertempuran Surabaya berdampak luas di kalangan internasional, bahkan masuk dalam agenda sidang Dewan Keamanan PBB tanggal 7-13 Februari 1946.
  2. Pertempuran Ambarawa. Pertempuran Ambarawa terjadi tanggal 20 November sampai tanggal 15 Desember 1945, antara pasukan TKR dan Pemuda Indonesia melawan pasukan Sekutu (Inggris).Keberhasilan TKR mengusir Sekutu dari Ambarawa menjadi salah satu peristiwa penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI.
  3. Pertempuran Medan Area 1 Desember 1945. Pada tanggal 9 Oktober 1945 tentara Inggris yang diboncengi oleh NICA mendarat di Medan.
  4. Bandung Lautan Api. Terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api diawali dari datangnya Sekutu pada bulan Oktober 1945. Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh ultimatum Sekutu untuk mengosongkan kota Bandung.
  5. Puputan Margarana 20 November 1946. Perang Puputan Margarana di Bali diawali dari keinginan Belanda mendirikan Negara Indonesia Timur (NIT).
  6. Serangan Umum 1 Maret 1949. Dalam agresi militer II, Belanda berhasil menangkap para pemimpin politik dan menduduki ibukota RI di Yogyakarta. Belanda ingin menunjukkan kepada dunia bahwa pemerintahan RI telah dihancurkan dan TNI tidak memiliki kekuatan lagi.

Berikut ini reaksi masyarakat bangsa Indonesia dengan adanya diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan:

  1. Perundingan Linggarjati. Perundingan Linggarjati dilakukan pada tanggal 10 November 1946 di Linggarjati, dekat Cirebon.
  2. Perundingan Renville. Perundingan Renville dilaksanakan di atas Geladak Kapal Renville milik Amerika Serikat tanggal 17 Januari 1948.
  3. Perundingan Roem – Royen
    Terjadinya Agresi Militer Belanda menimbulkan reaksi yang cukup keras dari Amerika Serikat dan Inggris, bahkan PBB. Hal ini tidak lepas dari kemampuan pada diplomat Indonesia dalam memperjuangkan dan menjelaskan realita di PBB.
  4. Konferensi Meja Bundar (KMB). Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan tindak lanjut dari Perundingan Roem-Royen.

Dengan demikian, berikut ini reaksi masyarakat bangsa Indonesia dengan adanya konfrontasi dan diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan:

  1. Pertempuran Surabaya 10 November1945
  2. Pertempuran Ambarawa
  3. Pertempuran Medan Area 1 Desember 1945
  4. Bandung Lautan Api
  5. Puputan Margarana 20 November 1946
  6. Serangan Umum 1 Maret 1949
  7. Perundingan Linggarjati
  8. Perundingan Renville
  9. Perundingan Roem – Royen
  10. Konferensi Meja Bundar (KMB)

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di bawah ini negara yang membantu Indonesia menembus blokade ekonomi Belanda melalui jalur politik adalah....

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan Indonesia, Belanda berambisi ingin menguasai kembali wilayah Indonesia. Keinginan untuk menguasai Indonesia terlihat jelas ketika Belanda melakukan blokade ekonomi sejak bulan November 1945. Dalam pelaksanaannya, Belanda memusatkan blokade di jalur perdagangan laut. Pemerintah Indonesia berusaha menembus blokade ekonomi Belanda dengan melaksanakan diplomasi beras ke India. Tindakan tersebut dilakukan atas inisiatif Perdana Menteri Sultan Sjahrir. Pada tahun 1946 pemerintah Indonesia mendengar bahwa rakyat India dilanda bencana kelaparan. Pada saat yang sama, pemerintah Indonesia mengalami surplus beras sekitar 200.000-400.000 ton. Akhirnya, pemerintah Indonesia memutuskan mengirim bantuan beras 500.000 ton kepada India. Bagi Indonesia, bantuan beras ke India tersebut mengandung muatan politis.undefined


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

1

Roboguru

Latar belakang peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang adalah adanya desas-desus Jepang ....

Pembahasan Soal:

Pertempuran Lima Hari di Semarang terjadi pada tanggal 14-19 Oktober 1945. Peristiwa ini diawali dengan kaburnya tentara Jepang yang ditawan oleh para pemuda Indonesia. Semula tawanan itu akan dipindahkan dari Cepiring ke Bulu. Para tawanan itu berhasil kabur dan bergabung dengan pasukan Kido Butai dibawah pimpinan Jenderal Nakamura dan Mayor Kido. Pada tanggal 14 Oktober 1945, pasukan Jepang bersenjata lengkap melancarkan serangan mendadak dan pada saat itu pun terdengar berita bahwa Jepang telah meracuni sumber air (reservoir siranda) dan berhasil melucuti delapan orang polisi yang berjaga di sana.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Pemimpin pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 adalah....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI di Madiun diawali dengan jatuhnya kabinet RI yang pada waktu itu dipimpin oleh Amir Sjarifuddin karena kabinetnya tidak mendapat dukungan lagi sejak disepakatinya Perjanjian Renville. Lalu dibentuklah kabinet baru dengan Mohammad Hatta sebagai perdana menteri, namun Amir beserta kelompok-kelompok sayap kiri lainnya tidak setuju dengan pergantian kabinet tersebut. Dalam sidang Politbiro PKI pada tanggal 13-14 Agustus 1948, Musso, seorang tokoh komunis Indonesia yang lama tinggal di Uni Soviet (sekarang Rusia) ini menjelaskan tentang “pekerjaan dan kesalahan partai dalam dasar organisasi dan politik” dan menawarkan gagasan yang disebutnya “Jalan Baru untuk Republik Indonesia”. Musso menghendaki satu partai kelas buruh dengan memakai nama yang bersejarah, yakni PKI. Untuk itu harus dilakukan fusi tiga partai yang beraliran Marxsisme-Leninisme: PKI ilegal, Partai Buruh Indonesia (PBI), dan Partai Sosialis Indonesia (PSI). PKI hasil fusi ini akan memimpin revolusi proletariat untuk mendirikan sebuah pemerintahan yang disebut "Komite Front Nasional".undefined


Dengan demikian, maka jawaban yang benar adalah A.undefined

0

Roboguru

Sistem multipartai di Indonesia pada awal kemerdekaan bertujuan....

Pembahasan Soal:

BP KNIP pada 3 November mengajukan usulan untuk mengubah sistem partai tunggal menjadi sistem multipartai. Usulan tersebut ditindaklanjuti oleh Muhammad Hatta dengan mengeluarkan Maklumat Pemerintah 3 November 1945. Maklumat Pemerintah 3 November 1945 berisi tetang keputusan pemerintah yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada rakyat untuk mendirikan partai politik tanpa batasan jumlah. Sistem Multi Partai Di Indonesia Pada Awal Kemerdekaan Bertujuan Untuk Memberikan Pilihan Kepada Rakyat Untuk Berdemokrasi dengan Adil dan Bijak Dalam Memilih Partai Politik yang Sedang bersaing pada Pemilihan Umum Pada Saat Itu.undefined


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined
 

1

Roboguru

Pada tanggal 23 Maret 1946 Sekutu mengeluarkan ultimatum di Bandung isinya...

Pembahasan Soal:

Latar belakang dari Bandung Lautan Api berawal saat awal tahun 1946 saat Inggris menjanjikan penarikan pasukannya dari Jawa Barat dan menyerahkan kepada Belanda untuk selanjutnya digunakan sebagai basis militer. Kesepakatan Sekutu, Inggris, dan NICA (Nederlands Indie Civil Administration) memunculkan perlawanan heroik dari masyarakat dan pemuda pejuang di Bandung.  Serangan–serangan sporadis, pertempuran di Jalan Fokker, penghadangan konvoi pasukan Sekutu, dan serangan mortir oleh pasukan Indonesia ditambah kegagalan mencari penyelesaian di tingkat daerah membuat posisi Sekutu di Jawa Barat semakin terdesak sehingga mengeluarkan ultimatum untuk mengatasi keadaaan. Ultimatum Sekutu disampaikan tanggal 23 Maret 1946 kepada Perdana Menteri Syahrir, yang isinya:

  1. TRI harus meninggalkan Bandung Selatan sejauh 10-11 kilometer dari pusat kota,
  2. TRI dilarang melakukan bumi hangus,
  3. penarikan TRI dari Bandung Selatan harus sudah dilaksanakan paling lambat pukul 24.00 pada 24 Maret 1946,
  4. pemerintah RI boleh tetap berada di dalam kota.

Jika tidak dipenuhi, Kota Bandung akan digempur habis-habisan. Ultimatum tersebut disusul dengan persiapan Sekutu dalam Operasi Sam. Sekutu menyiapkan tiga brigade infanteri untuk menguasai Bandung, yakni Brigade Infanteri India ke-49 dari timur, Brigade Infanteri India ke-36 dari barat, dan Brigade Infanteri India Pertama dari utara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved