Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan proses terjadinya tsunami dan hal-hal yang dilakukan dalam fase kesiapsiagaanterhadap kejadian tsunami!

Jelaskan proses terjadinya tsunami dan hal-hal yang dilakukan dalam fase kesiapsiagaan terhadap kejadian tsunami!space 

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tsunami merupakangelombang besaryang terjadiakibat aktivitas tektonik dan lerusan gunung api yang terdapatdi dasar laut. Proses terjadinya tsunami adalah sebagai berikut. Proses terjadinya tsunami umumnya didahului oleh gempa yangterjadi di wilayah perairan Laut dan pantai. Tsunami yang besarumumnya dihasilkan oleh gempa berkekuatan lebih dari 7 skalaRichter, berpusat dangkal (kedalaman kurang dari 30 kilometer)dan terkait dengan interaksi antara lempeng benua dan lempengsamudra. Pada zona subduksi, lempeng benua yang berada di ataslempeng samudra tidak lagi bergeser ke atas sehingga tertekan olehlempeng samudra yang bergerak ke bawah. Tekanan ini kemudiansemakin meningkat sehingga ujung lempeng benua terdistorsi dantertarik ke arah bawah. Pada akhirnya, tekanan pada lempeng benuaterlepas sehingga lempeng benua tidak lagi terdistorsi. Akan tetapi,pelepasan tekanan tersebut menghasilkan gempa Bumi di dasarlaut sehingga memindahkan volume air yang berada di atasnya. Terjadilah gelombang tsunami yang menyebar dari pusat tekanantersebut ke segala arah. Hal-hal yang dilakukan dalam kesiapsiagaan tsunami adalah sebagai berikut. Pengetahuan dan sikap menghadapitsunami. Rencana keadaan darurat saat terjadinya tsunami. Sistem peringatan dini.

Tsunami merupakan gelombang besar yang terjadi akibat aktivitas tektonik dan lerusan gunung api yang terdapat di dasar laut. 

Proses terjadinya tsunami adalah sebagai berikut.

  • Proses terjadinya tsunami umumnya didahului oleh gempa yang terjadi di wilayah perairan Laut dan pantai. Tsunami yang besar umumnya dihasilkan oleh gempa berkekuatan lebih dari 7 skala Richter, berpusat dangkal (kedalaman kurang dari 30 kilometer) dan terkait dengan interaksi antara lempeng benua dan lempeng samudra.
  • Pada zona subduksi, lempeng benua yang berada di atas lempeng samudra tidak lagi bergeser ke atas sehingga tertekan oleh lempeng samudra yang bergerak ke bawah. Tekanan ini kemudian semakin meningkat sehingga ujung lempeng benua terdistorsi dan tertarik ke arah bawah.
  • Pada akhirnya, tekanan pada lempeng benua terlepas sehingga lempeng benua tidak lagi terdistorsi. Akan tetapi, pelepasan tekanan tersebut menghasilkan gempa Bumi di dasar laut sehingga memindahkan volume air yang berada di atasnya. 
  • Terjadilah gelombang tsunami yang menyebar dari pusat tekanan tersebut ke segala arah. 

Hal-hal yang dilakukan dalam kesiapsiagaan tsunami adalah sebagai berikut.

  • Pengetahuan dan sikap menghadapi tsunami.
  • Rencana keadaan darurat saat terjadinya tsunami.
  • Sistem peringatan dini.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan terjadinya bencana tsunami!

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia