Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan proses pengangkutan air tanah melalui xilem akar-xilem batang sampai xilem daun melalui mekanisme gradien konsentrasi!

Jelaskan proses pengangkutan air tanah melalui xilem akar-xilem batang sampai xilem daun melalui mekanisme gradien konsentrasi! 

Iklan

F. Andriyani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Terdapat beberapa mekanisme yang saling berhubungan untuk menjelaskan peristiwa naiknya air dari tanah ke akar kemudian ke daun,salah satunya adalahmekanisme gradien konsentrasi. Dalam daun, air terus menerus dipecah dalam reaksi terang selama proses fotosintesis, sehingga konsentrasi air di daun lebih rendah daripada di akar. Selain itu, air juga dapat menguap dari daun oleh sinar matahari yang disebut evapotranspirasi. Karena hal ini, air yang ada di akar tertarik ke daun secara osmosis melalui gaya kapilaritas pembuluh xilem. Gaya ini dipengaruhi kohesi antar molekul air dan adhesi antara air dan dinding trakeid di jaringan pembuluh. Karena air yang ada di jaringan akar tertarik ke daun, maka air dalam tanah akan berdifusi masuk ke jaringan akar secara spontan karena kadar air di akar lebih rendah daripada kadar air di tanah.

Terdapat beberapa mekanisme yang saling berhubungan untuk menjelaskan peristiwa naiknya air dari tanah ke akar kemudian ke daun, salah satunya adalah mekanisme gradien konsentrasi. Dalam daun, air terus menerus dipecah dalam reaksi terang selama proses fotosintesis, sehingga konsentrasi air di daun lebih rendah daripada di akar. Selain itu, air juga dapat menguap dari daun oleh sinar matahari yang disebut evapotranspirasi. Karena hal ini, air yang ada di akar tertarik ke daun secara osmosis melalui gaya kapilaritas pembuluh xilem. Gaya ini dipengaruhi kohesi antar molekul air dan adhesi antara air dan dinding trakeid di jaringan pembuluh. Karena air yang ada di jaringan akar tertarik ke daun, maka air dalam tanah akan berdifusi masuk ke jaringan akar secara spontan karena kadar air di akar lebih rendah daripada kadar air di tanah.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan minimal 3 yang memengaruhi pengangkutan intravaskular air dan garam mineral dalam xilem pada akar sampai ke daun!

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia