Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan proses pembentukan lipatan dan patahan pada gerakan Orogenesa

Jelaskan proses pembentukan lipatan dan patahan pada gerakan Orogenesa  

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Gerak Orogenesa adalah gerakan yang terjadi di permukaan bumi dan terjadi dalam jangka waktu yang relatif singkat. Umumnya, orogenesa juga terjadi dalam wilayah yang sempit dan dipengaruhi oleh faktor kompresi dan pelipatan. Lipatan terjadi ketika dua lempeng kerak bumi yang saling berhadapan bertabrakan. Lapisan batuan pada kerak bumi mendapat tekanan hebat yang menyebabkan pelipatan lapisan batuan. Proses pelipatan lapisan batuan ini merupakan awal pembentukan pegunungan lipatan. Terlipatnya lapisan batuan ini dapat mendorong terbentuknya perbukitan (antiklinal) dan lembah (sinklinal). Patahan terjadi ketika tekanan dalam bumi bekerja pada lapisan batuan yang tidak elastis atau keras, yang mengakibatkan kerak Bumi menjadi retak kemudian patah. Di patahan ini ada bagian yang turun dan disebut graben ( slenk ) . Lapisan tanah yang terangkat disebut dengan horst yang menghasilkan kenampakan sebuah plato (dataran tinggi).

Gerak Orogenesa adalah gerakan yang terjadi di permukaan bumi dan terjadi dalam jangka waktu yang relatif singkat. Umumnya, orogenesa juga terjadi dalam wilayah yang sempit dan dipengaruhi oleh faktor kompresi dan pelipatan.

  1. Lipatan terjadi ketika dua lempeng kerak bumi yang saling berhadapan bertabrakan. Lapisan batuan pada kerak bumi mendapat tekanan hebat yang menyebabkan pelipatan lapisan batuan. Proses pelipatan lapisan batuan ini merupakan awal pembentukan pegunungan lipatan. Terlipatnya lapisan batuan ini dapat mendorong terbentuknya perbukitan (antiklinal) dan lembah (sinklinal).
  2. Patahan terjadi ketika tekanan dalam bumi bekerja pada lapisan batuan yang tidak elastis atau keras, yang mengakibatkan kerak Bumi menjadi retak kemudian patah. Di patahan ini ada bagian yang turun dan disebut graben (slenk). Lapisan tanah yang terangkat disebut dengan horst yang menghasilkan kenampakan sebuah plato (dataran tinggi).

Latihan Bab

Pengantar Litosfer

Tektonisme

Vulkanisme

Seisme

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8rb+

ANNISA DWI SEPTANIA

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Proses yang termasuk gerak orogenetic adalah ....

8rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia