Roboguru

Jelaskan proses pembentukan jenis-jenis limfosit B dan limfosit T mulai dari sel induk darah!

Pertanyaan

Jelaskan proses pembentukan jenis-jenis limfosit B dan limfosit T mulai dari sel induk darah!space

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan limfosit sebagai berikut:

  • Sel induk darah (hemocytoblast) dapat berdiferensiasi menjadi sel-sel darah
  • Salah satunya hasil diferensiasi hemocytoblast adalah sel progenitor limfoid
  • Sel progenitor limfoid berkembang menjadi limfoblast
  • Limfoblast kemudian berkembang menjadi limfosit dan sel NK (natural killer)
  • Limfosit terdiri dari 2 tipe, yaitu limfosit B dan limfosit T

Perbedaan antara limfosit B dan limfosit T sebagai berikut: proses pembentukan dan pematangan sel B terjadi di sumsum tulang, sementara pada sel T proses pembentukan terjadi di sumsum tulang, sedangkan proses pematangannya terjadi di kelenjar timus.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Hernandez

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbedaan antara perkembangan sel B dengan sel T yaitu . . . .

Pembahasan Soal:

Sistem kekebalan tubuh melibatkan peran limfosit dan antibodi. Limfosit terdiri atas dua tipe, yaitu limfosit B (sel B) dan limfosit T(sel T) 

  1. Sel B atau Limfosit B adalah limfosit yang memainkan peran penting pada imunitas humoral, sedangkan limfosit lain yaitu sel T memainkan peran penting imunitas seluler. Fungsi utama sel B adalah untuk membuat antibodi melawan antigen. Proses pembentukan dan pematangan sel B terjadi di sumsum tulang.
  2. Sel T atau limfosit T berperan dalam pembentukan kekebalan selular yaitu dengan cara menyerang sel penghasil antigen secara langsung. Sel T juga ikut membantu produksi antibodi oleh sel B plasma. Proses pembentukan sel T terjadi di sumsum tulang, sedangkan proses pematangannya terjadi di kelenjar timus.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Organ tempat pematangan limfosit menjadi sel B dan sel T berturut-turut adalah....

Pembahasan Soal:

Salah satu leukosit yang memiliki peran penting pada sistem pertahanan tubuh adalah limfosit. Limfosit adalah sel lekosit kedua terbanyak di dalam darah setelah neutrofil. Sel limfosit mempunyai ukuran yang kecil, nukleous bundar atau lonjong, berlekuk atau berbentuk seperti ginjal dengan kromatin kasar, sitoplasma sedikit, berwarna biru muda dan tanpa granula. Limfosit terdiri dari limfosit B dan limfosit T. Fungsi utama sel B adalah untuk membuat antibodi melawan antigen. Fungsi Sel T adalah pembentukan kekebalan selular yaitu dengan cara menyerang sel penghasil antigen secara langsung. Tempat pematangan limfosit B yaitu di sumsum tulang, sedangkan tempat pematangan limfosit T yaitu di kelenjar timus.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Perbedaan perkembangan sel T dengan sel B adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Sel T dan Sel B diproduksi di sumsum tulang. Perbedaan keduanya adalah tempat pematangannya, sel T dimatangkan di kelenjar Timus sedangkan sel B dimatangkan di sumsum tulang. Sel B akan mengalami perkembangan yang nantinya akan di sebut antibodi tubuh yang mengaitkan diri ke antigen sedangkan Sel B akan mengenali antigen yang menyerang tubuh dan ia akan langsung menyerang antigen dan membunuhnya. Kelenjar timus merupakan bagian dari sistem limfatik yang bertugas untuk memproduksi dan menyimpan sel-sel yang melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Pernyataan yang paling sesuai untuk menjelaskan perbedaan respon efektor sel B (sel plasma) dan sel T sitotoksik yaitu ….

Pembahasan Soal:

Respon imun yang diperoleh atau spesifik terdiri dari respon imun humoral dan respon imun yang diperantarai sel. Respon imun humoral adalah penyerangan patogen pada cairan tubuh seperti plasma darah, sedangkan respon imun yang diperantarai sel adalah imunitas yang terbentuk setelah mengenali patogen yang telah masuk ke dalam sel tubuh. Respon imun humoral diperankan oleh sel B yang menghasilkan antibodi, sedangkan respon imun yang diperantarai sel diperankan oleh sel T sitotoksik dengan cara membunuh sel yang telah terinfeksi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Sel T memegang peranan penting dalam sistem imun adaptif. Sel T mengalami pendewasaan di thymus. Sel-sel yang telah matang kemudian bersirkulasi di sistem peredaran darah dan limfatik tubuh. Sel T aka...

Pembahasan Soal:

Sel T imatur dipersiapkan dalam timus untuk memperoleh reseptor. Timosit imature hanya dapat menjadi matang bila reseptornya tidak berintegrasi dengan peptida sel tubuh sendiri (self antigen) yang diikat MHC dan dipresentasikan oleh APC. Sel T yang self reaktip akan mengalami apoptosis. Proses ini disebut seleksi positip timosit yang menghasilkan sel T cytotoxic (Tc) atau sel T helper. Jadi apoptosis bukan terjadi karena sel T mengenali antigen sendiri tetapi self antigen yang reaktif/ tidak mengenali MHC sendirispace space 

Jadi, jawaban yang benar adalah SALAHspace space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved