Roboguru

Jelaskan proses pembentukan ikatan logam!

Pertanyaan

Jelaskan proses pembentukan ikatan logam!

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya ikatan logam terjadi akibat adanya delokalisasi elektron yang senantiasa berpindah pindah, kemudian terjadilah proses saling meminjamkan elektron atau juga sering disebut sebagai model lautan elektron. 

Ikatan logam terbentuk akibat adanya gaya tarik menarik antara muatan positif dari inti atom logam dan muatan negatif dari elektron valensi yang bebas bergerak dalam kisi kristal. Kekuatan ikatan logam ditentukan oleh besarnya gaya tarik-menarik antara ion-ion positif dan elektron-elektron bebas.

Jadi, ikatan terbentuk karena adanya gaya tarik menarik muatan positif dan negatif dalam logam.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Nurul

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kedudukan elektron-elektron dari atom-atom logam dalam membentuk ikatan logam adalah ...

Pembahasan Soal:

Logam tersusun dalam suatu kisi kristal yang terdiri dari ion-ion positif logam di dalam lautan elektron. Lautan elektron tersebut merupakan elektron-elektron valensi dari masing-masing atom yang saling tumpang tindih. Masing-masing elektron valensi dapat bergerak bebas mengelilingi inti atom yang ada di dalam kristal tersebut, tidak hanya terpaku pada salah satu inti atom. Elektron-elektron yang bebas bergerak dari satu inti atom ke inti atom yang lain disebut elektron terdislokalisasi. Gaya tarikan inti atom-atom logam dengan lautan elektron mengakibatkan terjadinya ikatan logam. Adanya elektron yang dapat bergerak bebas dari satu atom ke atom yang lain menjadikan logam sebagai penghantar lisrrik dan kalor yang baik.

Jadi kedudukan elektron-elektron dari atom-atom logam dalam membentuk ikatan logam tidak terikat pada salah satu atom tetapi dapat bergerak bebas sebagai awan elektron.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Jelaskan definisi dari ikatan logam.

Pembahasan Soal:

Unsur logam memiliki elektron valensi yang sedikit, sehingga banyak orbital kosong yang menyebabkan elektron valensi unsur logam dapat bergerak bebas dan berpindah dari satu orbital ke orbital lain dalam satu atom atau antar atom. Atom-atom logam yang dikelilingi elektron valensi membentuk lautan elektron.

Berikut ini merupakan gambaran ikatan logam:

 

Maka, ikatan logam adalah gaya tarik menarik antara ion-ion positif dengan elektron-elektron pada kulit valensi pada suatu atom unsur logam.

 

0

Roboguru

Logam tembaga yang dipukui dengan palu tidak akan hancur; tetapi hanya berubah bentuk. Hal ini karena atom-atom logam dapat bergeser akibat adanya gaya tolak antar ion logam. Menurut Anda, benarkah pe...

Pembahasan Soal:

Logam tembaga mengandung ikatan logam. Ikatan logam adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat penggunaan bersama elektron valensi antara atom-atom logam. Salah satu sifat dari ikatan logam adalah mudah ditempa dikarenakan mobilitas elektron dalam logam yang sedemikian bebas. space  

Ketika logam tembaga dipukul logam tidak akan hancur namun hanya berubah bentuk, ini merupakan aplikasi dari sifat ikatan logam yang mudah ditempa. space  

Jadi, dapat disimpulkan pernyataan pada soal benar.space  

 

0

Roboguru

Tabel berikut menyangkut berbagai sifat fisik dari 5 jenis zat. A hingga E.       Di antara zat tersebut yang tergolong senyawa logam, senyawa ion, dan senyawa kovalen, berturut-turut adalah ....

Pembahasan Soal:

Perbedaan senyawa ion, kovalen dan logam yaitu:

  1. Wujud senyawa ion pada suhu ruang biasanya adalah padat, senyawa kovalen ada yang gas ada yang cair, sedangkan logam biasanya padat.
  2. Titik didih dan titik leleh senyawa logam lebih tinggi dari senyawa ion, senyawa ion lebih tinggi dari senyawa kovalen.
  3. Senyawa ion dapat menghantarkan arus listrik dalam wujud lelehan dan larutan, sedangkan senyawa kovalen polar hanya menghantarkan dalam bentuk larutan, senyawa kovalen nonpolar tidak dapat menghantarkan sama sekali. Senyawa logam merupakan konduktor listrik yang baik.
  4. Senyawa ion umumnya larut dalam air, senyawa kovalen umumnya tidak larut dalam air (kecuali kovalen polar). Sedangkan logam ada yang mudah larut dalam air ada juga yang sukar larut dalam air.

Oleh karena itu senyawa logam, senyawa ion, dan senyawa kovalen, berturut-turut adalah A, D, dan B.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah C.space

0

Roboguru

Ikatan logam sangat berhubungan dengan salah satu sifat logam, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Ikatan logam merupakan ikatan yang terjadi karena elektron-elektron mengalir di antara dan sekeliling kation logam dan mengikatkan kation-kation logam tersebut. Berikut adalah sifat-sifat dari ikatan logam:

  • Umumnya bersifat keras
  • Memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi
  • Penghantar panas dan listrik yang baik
  • Mempunyai permukaan yang mengkilap

Dengan demikian yang bukan sifat dari ikatan logam adalah semikonduktor.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved