Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan proses inspirasi pada katak?

Jelaskan proses inspirasi pada katak? space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Mekanisme pernapasan pada katak melibatkan organ paru-paru dan kulit. Proses inspirasi dimulai dengan berkontraksinya otot sternohioideus sehingga rongga mulut membesar dan udara masuk ke rongga mulut, lalu menuju hulu tenggorokan melalui koane. Setelah itu, koane tertutup dan diikuti dengan berkontraksinya otot geniohiodeus yang menyebabkan rongga mulut mengecil. Proses ekspirasi , otot rahang bawah mengendur dan otot perut serta otot sternohioideus kontraksi sehingga paru-paru mengecil dan udara terdorong ke rongga mulut. Membukanya koane dan menutupnya celah tekak menyebablkan kontraksi pada rahang bawah dan diikuti dengan kontraksi otot geniohioideus. Rongga mulut mengecil, udara kaya karbondioksida keluar melalui koane. Pernapasan dengan kulit berlangsung saat katak ada di air ataupun darat sehingga kulit harus lembab agar udara dapat berdifusi dengan baik.

Mekanisme pernapasan pada katak melibatkan organ paru-paru dan kulit. Proses inspirasi dimulai dengan berkontraksinya otot sternohioideus sehingga rongga mulut membesar dan udara masuk ke rongga mulut, lalu menuju hulu tenggorokan melalui koane. Setelah itu, koane tertutup dan diikuti dengan berkontraksinya otot geniohiodeus yang menyebabkan rongga mulut mengecil.

Proses ekspirasi, otot rahang bawah mengendur dan otot perut serta otot sternohioideus kontraksi sehingga paru-paru mengecil dan udara terdorong ke rongga mulut. Membukanya koane dan menutupnya celah tekak menyebablkan kontraksi pada rahang bawah dan diikuti dengan kontraksi otot geniohioideus. Rongga mulut mengecil, udara kaya karbondioksida keluar melalui koane.

Pernapasan dengan kulit berlangsung  saat katak ada di air ataupun darat sehingga kulit harus lembab agar udara dapat berdifusi dengan baik. space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

46

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan hewan dibawah ini ! Planaria Laba - laba Kalajengking Katak Cacing tanah Hewan - hewan diatas yang bernapas menggunakan seluruh permukaan tubuhnya adalah....

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia