Pertanyaan

Jelaskan prinsip-prinsip yang terkait dengan pertambangan berkelanjutan !

Jelaskan prinsip-prinsip yang terkait dengan pertambangan berkelanjutan !space 

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Jawaban yang benar pada soal ini adalah prinsip-prinsip pertambangan yang berkelanjutan terbagi menjadi empat. Berikut adalah penjelasannya. Pertambangan yang berkelanjutan merupakan sebuah konsep yang diterapkan dalam kegiatan pertambangan yang mengacu pada pendekatan manajemen yang efisien dan mengitegrasikan isu-isu ekonomi, lingkungan, dan sosial. Tujuan pertambangan berkelanjutan adalah untuk menciptakan keuntungan jangka panjang bagi pemangku kepentingan dan mencoba mendapatkan dukungan,kerja sama, dan kepercayaan dari masyarakat di sekitar wilayah pertambangan. Prinsip-prinsip pertambangan berkelanjutan adalah sebagai berikut. Memfasilitasi penciptaan kekayaan mineral karena kontribusinyauntuk pembangunan berkelanjutan dengan menggunakanteknologi dan pengetahuan yang memadai untuk kegiataneksplorasi. Memastikan bahwa penambangan mineral dilakukan secaraefisien. Efisiensi bertujuan untuk memaksimalkan keuntunganbersih dari pertambangan. Mendistribusikan keuntungan ekonomi dari pertambangansecara adil. Mempertahankan manfaat pertambangan bahkan setelahmenutup tambang.

Jawaban yang benar pada soal ini adalah prinsip-prinsip pertambangan yang berkelanjutan terbagi menjadi empat.

Berikut adalah penjelasannya. 

Pertambangan yang berkelanjutan merupakan sebuah konsep yang diterapkan dalam kegiatan pertambangan yang mengacu pada pendekatan manajemen yang efisien dan mengitegrasikan isu-isu ekonomi, lingkungan, dan sosial. Tujuan pertambangan berkelanjutan adalah untuk menciptakan keuntungan jangka panjang bagi pemangku kepentingan dan mencoba mendapatkan dukungan, kerja sama, dan kepercayaan dari masyarakat di sekitar wilayah pertambangan.

Prinsip-prinsip pertambangan berkelanjutan adalah sebagai berikut.

  1. Memfasilitasi penciptaan kekayaan mineral karena kontribusinya untuk pembangunan berkelanjutan dengan menggunakan teknologi dan pengetahuan yang memadai untuk kegiatan eksplorasi. 
  2. Memastikan bahwa penambangan mineral dilakukan secara efisien. Efisiensi bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan bersih dari pertambangan. 
  3. Mendistribusikan keuntungan ekonomi dari pertambangan secara adil. 
  4. Mempertahankan manfaat pertambangan bahkan setelah menutup tambang.space 

122

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan agar sumber daya kehutanan, pertambangan dan perikanan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan?

125

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia