Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari hari!

Jelaskan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari hari! undefined 

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Prinsip ekonomi adalah panduan dalam kegiatan ekonomi untuk mencapai perbandingan rasional antara pengorbanan yang dikeluarkan dan hasil yang diperoleh. Jenis prinsip ekonomi , di antaranya: Keputusan yang melibatkan pengorbanan ( trade offs ), yaitu pemilihan sesuatu terhadap dua hal atau lebih yang dapat mengorbankan sesuatu yang lain serta dianggap lebih menguntungkan . Contohnya adalah memilih jenis kendaraan ketika akan berangkat kerja, apakah memilih menggunakan pribadi atau kendaraan umum. Biaya yang dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu ( opportunity cost ), yaitu peluang/kesempatan yang dikorbankan untuk mendapatkan peluang/kesempatan yang lain. Contohnya adalahseseorang ingin melanjutkan pendidikan, namun ia harus keluar dari pekerjaannya sekarang. Biaya peluang melibatkan pekerjaan yang telah diberikan seorang individu untuk mengejar pendidikan lebih tinggi. Berpikir rasional terhadap keuntungan ( marginity ), yaitu seorang akan berpikir secara rasional untuk mendapatkan keuntungan dan menghindarikerugian dari kesempatan yang dipilih. Contohnya adalah ada siswa yang terdaftar untuk pendidikan di luar negeri selama 1 tahun. Jika ia menambahsatu tahun lagi, ia dapat mengajukan permohonan untuk tinggal permanen dan mendapatmanfaat tambahan. Perbandingan ini mencakup manfaat dan biaya marjinal.

Prinsip ekonomi adalah panduan dalam kegiatan ekonomi untuk mencapai perbandingan rasional antara pengorbanan yang dikeluarkan dan hasil yang diperoleh.

Jenis prinsip ekonomi, di antaranya:

  1. Keputusan yang melibatkan pengorbanan (trade offs), yaitu pemilihan sesuatu terhadap dua hal atau lebih yang dapat mengorbankan sesuatu yang lain serta dianggap lebih menguntungkan. Contohnya adalah memilih jenis kendaraan ketika akan berangkat kerja, apakah memilih menggunakan pribadi atau kendaraan umum.
  2. Biaya yang dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu (opportunity cost), yaitu peluang/kesempatan yang dikorbankan untuk mendapatkan peluang/kesempatan yang lain. Contohnya adalah seseorang ingin melanjutkan pendidikan, namun ia harus keluar dari pekerjaannya sekarang. Biaya peluang melibatkan pekerjaan yang telah diberikan seorang individu untuk mengejar pendidikan lebih tinggi.
  3. Berpikir rasional terhadap keuntungan (marginity), yaitu seorang akan berpikir secara rasional untuk mendapatkan keuntungan dan menghindari kerugian dari kesempatan yang dipilih. Contohnya adalah ada siswa yang terdaftar untuk pendidikan di luar negeri selama 1 tahun. Jika ia menambah satu tahun lagi, ia dapat mengajukan permohonan untuk tinggal permanen dan mendapat manfaat tambahan. Perbandingan ini mencakup manfaat dan biaya marjinal.

undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ami memiliki uang sebesar Rp 300.000,00 dan ingin sekali membeli sepatu serta ikut memberi sumbangan kepada para korban banjir. Oleh karena Ami memegang prinsip ekonomi, maka yang akan dilakukan Ami a...

248

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia