Roboguru

Jelaskan persamaan dan perbedaan kerajaan Kutai, Tarumanegara dan Sriwijaya!

Pertanyaan

Jelaskan persamaan dan perbedaan kerajaan Kutai, Tarumanegara dan Sriwijaya! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Persamaan Kerajaan Kutai, Tarumanegara, dan Sriwijaya:

  • Memiliki peninggalan berupa prasasti
  • Peninggalan prasasti ditulis menggunakan huruf Pallawa
  • Sudah mengenal sistem kepercayaan Hindu atau Buddha
  • Perdagangan merupakan penunjang sektor perekonomian

Perbedaan Kerajaan Kutai, Tarumanegara, dan Sriwijaya:

  • Peninggalan prasasti di Kutai dan Tarumanegara ditulis menggunakan bahasa Sanskerta, sedangkan di Sriwijaya menggunakan bahasa Melayu Kuno
  • Kerajaan Kutai dan Tarumanegara menganut aliran kepercayaan Hindu, sedangkan Sriwjaya Buddha
  • Kerajaan Sriwijaya banyak meninggalkan peninggalan berupa bangunan-bangunan, seperti candi
  • Jaringan perdagangan serta diplomasi luar negeri Sriwijaya lebih luas dibanding Kutai dan Tarumanegara

Dengan demikian, persamaan dan perbedaan antara Kerajaan Kutai, Tarumanegara, dan Sriwijaya dapat dilihat dari peninggalan, sistem perekonomian dan kepercayaan yang dianut.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 08 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan kondisi sosial-budaya Kerajaan Tarumanegra

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara terletak di Jawa barat, yaitu diantara sungai Citarum dan Cisadane. Kerajaan ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman. Kerajaan ini mengalami masa keemasan pada masa Raja Purnawarman. Kehidupan rakyatnya sudah menggunakan kebudayaan Hindu-Budha, jika dilihat dari peninggalan sejarahnya, yaitu prasasti yang berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta maka penduduknya sudah mengenal kebudayaam tingkat tinggi. karena wilayahnya subur sebagian besar rakyat bermatapencaharian sebagai petani dan sebagiannya lagi melakukan perdagangan. Yang terkenal dari Tarumanegara adalah pembangunan sistem pengairan yang dilakukan oleh Raja bersama rakyatnya untuk pertanian dan pengendali banjir.

Dengan demikian kondisi sosial dan budaya Kerajaan Tarumanegara sudah dipengaruhi kebudayaan Hindu-Budha, melakukan kegiatan pertanian dan perdagangan, dan membangun teknologi pengairan untuk pertanian dan banjir.

0

Roboguru

Kehidupan perekonomian yang berkembang di kerajaan Tarumanegara dapat kita analisis dari isi prasasti ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua di Jawa. Kerajaan Tarumanegara berdiri pada abad ke-5 M dan mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Purnawarman. Mayoritas penduduk Tarumanegara bermata pencarian sebagai petani Hal tersebut ditandai dengan sejumlah peninggalan berupa prasasti, salah satunya prasasti Tugu. Secara garis besar, prasasti Tugu berisi tentang proses pembangunan sungai atau kanal air bernama Candrabaga dan Gomati. Pembangunan tersebut bertujuan untuk irigasi sawah serta penampungan air untuk mencegah banjir. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E. 

3

Roboguru

Jelaskan kondisi politik dan pemerintahan Kerajaan Tarumanegara

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara terletak di Jawa barat, yaitu diantara sungai Citarum dan Cisadane. Kerajaan ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman. Kerajaan ini mengalami masa keemasan pada masa Raja Purnawarman, pada masa raja Purnawarman rakyat hidup dengan makmur karena perdagangan berlangsung ramai, dan raja bersama rakyatnya membangun sistem pengairan untuk pertanian dan pengendali banjir. Raja terakhir dari kerajaan ini adalah Raja Linggawarman, ia memiliki 2 orang putri dan saat itu ia tidak memiliki keturunan lelaki untuk meneruskan takhtanya.

Dengan demikian kodisi politik dan pemerintahan Kerajaan Tarumanegara ialah memasuki masa keemasan pada masa Raja Purnawarman, pada saat itu Tarumanegara memiliki wilayah kekuasaan yang luas, sudah menjalin hubungan dengan  bangsa luar dan rakyatnya hidup dengan makmur.

0

Roboguru

Jelaskan kondisi ekonomi Kerajaan Tarumanegara

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara terletak di Jawa barat, yaitu diantara sungai Citarum dan Cisadane. Kerajaan ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman. Kerajaan ini mengalami masa keemasan pada masa Raja Purnawarman. Karena wilayah Kerajaan Tarumegara ini subur jadi sebagian rakyatnya bermatapencaharian sebagai petani dan sebagianya lagi melakukan perdagangan. Pada masa raja Purnawarman rakyat hidup dengan makmur karena perdagangan berlangsung ramai dan juga melakukan perdagangan dengan bangsa luar seperti dengan bangsa Cina dan India.

Dengan demikian kondisi ekonomi Kerajaan Tarumanegara ialah rakyatnya menjadikan pertanian sebagai mata pencaharian utama dan juga berkembangnya kegiatan perdagangan.

0

Roboguru

Dibawah ini disajikan nama raja-raja Kerajaan Tarumanegara! Raja Jayasingawarman Raja Indrawarman Raja Purnawarman Raja Suyawarman Raja Linggawarma Berdasarkan nama-nama raja kerajaan Taruman...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara berkembang kira-kira bersamaan dengan kerajaan Kutai pada abad V M, dan berlokasi di Jawa Barat. Hal ini diperkuat dengan berita Tiongkok yang menyebut kerajaan To-Lo-Mo (Tarumanegara) mengirimkan utusan ke Tiongkok pada tahun 528, 538, 665 dan 666 M untuk sebuah kunjungan persahabatan yang didasari hubungan dagang. Kata Taruma sendiri berasal dari kata tarum yang berarti nila. Sampai sekarang, nama ini masih dapat kita jumpai sebagai nama sungai yaitu Sungai Citarum. Kerajaan Tarumanegara mencapai puncak kejayaannya saat dipimpin oleh Raja Purnawarman. Dalam sejarah kerajaan Tarumanegara tertulis, kemasyuran kerajaan ini diabadikan dalam Prasasti zaman Purnawarman mengenai dibangunnya pelabuhan dan beberapa sungai sebagai sarana perekonomian. Pada masa pemerintahan Purnawarman, Kerajaan Tarumanegara juga memperluas kekuasaan dengan menaklukkan raja-raja kecil di Jawa Barat. Selain itu, pemerintahan di masa Purnawarman sangat memperhatikan pemeliharaan aliran sungai. Seperti pada tahun 410 Masehi, Raja Purnawarman memperbaiki Kali Gangga hingga Sungai Cisuba yang terletak di daerah Cirebon. Selain itu, di tahun 334 Saka atau 421 Masehi, Purnawarman memperindah daerah aliran Sungai Cupu yang mengalir hingga istana raja.

Bahkan di tahun 335 Saka atau 413 Masehi, Purnawarman memerintahkan membangun Sungai Sarasah atau Sungai Manuk Rawa atau sekarang lebih dikenal dengan Sungai Cimanuk. Ia juga memperbaiki alur Sungai Gomati dan Sungai Candrabaga, yang sebelumnya pernah dilakukan oleh Rajadirajaguru, kakeknya di tahun 339 Saka atau 417 Masehi. Sungai Gomati dan Sungai Candrabaga sendiri menurut para ahli, dikenal sebagai Sungai Bekasi sekarang. Terakhir, pada tahun 341 Saka atau 419 Masehi, ia juga memerintahkan untuk memperdalam Sungai Citarum yang merupakan sungai terbesar di wilayah Kerajaan Tarumanegara. Ternyata perhatian Raja Purnawarman terhadap sungai-sungai ini membawa dampak positif. Di antaranya, keberadaan sungai-sungai ini dapat memperteguh daerah-daerah yang dibangun sebagai daerah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved