Roboguru

Jelaskan perlawanan yang dilakukan Rakyat Indonesia terhadap pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia dalam 3 bentuk yaitu. Melalui gerakan Rahasia (Gerakan dibawah tanah).

Pertanyaan

Jelaskan perlawanan yang dilakukan Rakyat Indonesia terhadap pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia dalam 3 bentuk yaitu.

  1. Melalui gerakan Rahasia (Gerakan dibawah tanah).

Pembahasan Soal:

Kependudukan Jepang di Indonesia menyisakan kenangan buruk yang mendalam bagi rakyat Indonesia. Kala itu penguasa Jepang bersikap semena-mena dan menyengsarakan rakyat Indonesia, sehingga memicu kebencian rakyat terhadap Jepang. Bahkan di sebagian wilayah Indonesia, rakyat memilih angkat senjata untuk mengusir keberadaan Jepang di Indonesia. Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Pendudukan Jepang pun pecah. Saat itu, perlawanan bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang di Indonesia bisa dikategorikan menjadi 3 salah satunya yaitu melalui perjuangan gerakan bawah tanah. 

Selain melalui gerakan organisasi, rakyat Indonesia melawan kependudukan Jepang di Indonesia dengan gerakan bawah tanah yaitu gerakan yang dilakukan secara diam-diam dan rahasia. Dimana, gerakan ini dipraktikkan di dalam organisasi bentukan Jepang tanpa sepengetahuan pihak Jepang. Secara umum, kegiatan bawah tanah yang dilakukan oleh para pejuang nasional guna melawan pendudukan Jepang di Indonesia memiliki beberapa tujuan seperti saling membagi informasi dan menjaga nasionalisme, mempersiapkan kekuatan untuk kemerdekaan Indonesia, menyempurnakan semangat dan persiapan untuk kemerdekaan Indonesia, serta mendapatkan informasi perkembangan Perang Asia Timur Raya dari radio. Adapun beberapa contoh gerakan bawah tanah yang mengupayakan perlawanan terhadap pendudukan Jepang di Indonesia antara lain.

  1. Kelompok Sukarni yang mencoba mempengaruhi jiwa-jiwa revolusioner dan rakyat Indonesia dengan membongkar tipu daya Jepang.
  2. Kelompok Achmad Subarjo membentuk Asrama Indonesia Merdeka yang berisikan para pemuda Indonesia, dan mencoba membakar semangat jiwa kemerdekaan para pemuda untuk melakukan perlawanan terhadap pendudukan Jepang.
  3. Kelompok Sutan Syahrir yang menyiapkan Gerakan Bawah Tanah Anti-Fasis untuk melawan Jepang di waktu yang tepat.

Berdasarkan penjelasan di atas gerakan bawah tanah yaitu gerakan yang dilakukan secara diam-diam dan rahasia. Dimana, gerakan ini dipraktikkan di dalam organisasi bentukan Jepang tanpa sepengetahuan pihak Jepang. Secara umum, kegiatan bawah tanah yang dilakukan oleh para pejuang nasional guna melawan pendudukan Jepang di Indonesia memiliki beberapa tujuan seperti saling membagi informasi dan menjaga nasionalisme, mempersiapkan kekuatan untuk kemerdekaan Indonesia, menyempurnakan semangat dan persiapan untuk kemerdekaan Indonesia, serta mendapatkan informasi perkembangan Perang Asia Timur Raya dari radio. Adapun beberapa contoh gerakan adalah Kelompok Sukarni, Kelompok Achmad Soebardjo dan Kelompok Sutan Syahrir.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa pemuda Bali melakukan perlawanan terhadap Jepang?.........

Pembahasan Soal:

Walaupun sudah memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia masih harus berjuang mempertahankan kemerdekaan. Salah satunya adalah daerah Bali yang melakukan perlawanan terhadap tentara Jepang. Karena pihak Jepang selalu menghambat tegaknya kedaulatan Republik Indonesia walaupun pada tanggal 17 Agustus 1945 kemerdekaan Indonesia telah diproklamasikan. Hal ini yang membuat para pemuda di Bali melakukan perlawanan.

Dengan demikian, alasan pemuda Bali melakukan perlawanan kepada Jepang karena Jepang tidak mau pergi dari wilayah Bali dan tidak mau mengakui kedaulatan Indonesia

0

Roboguru

Rosihan Anwar dalam bukunya Sutan Sjahrir: negarawan humanis, demokrat sejati yang mendahului zamannya, menyebut Syahrir bernapas "di bawah tanah." Hal tersebut untuk menegaskan perjuangan Syahrir yan...

Pembahasan Soal:

Perjuangan rakyat Indonesia dalam memerdekakan diri dari pendudukan Jepang terbagi menjadi tiga bentuk perlawanan, yaitu melalui perjuangan kooperasi (kerjasama), gerakan bawah tanah (non kooperasi), dan perjuangan bersenjata. Selain melalui taktik kerja sama dengan Jepang, para pejuang melakukan perjuangan secara rahasia (gerakan bawah tanah) atau ilegal. Contoh perjuangan bawah tanah adalah gerakan Kelompok Sutan Syahrir . Kelompok ini merupakan pendukung demokrasi parlementer model Eropa barat dan menentang Jepang karena merupakan negara fasis. Mereka berjuang dengan cara sembunyi-sembunyi atau dengan strategi gerakan ”bawah tanah”. Gerakan ini dituliskan dalam sebuah buku karya Rosihan Anwar yang berjudul “Sutan Sjahrir: negarawan humanis, demokrat sejati yang mendahului zamannya”. Dalam buku tersebut menyebutkan Syahrir bernapas "di bawah tanah." Hal tersebut untuk menegaskan perjuangan Syahrir yang dilakukan melalui gerakan bawah tanah (sembunyi-sembunyi).undefined 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Tuliskan 3 cara bangsa indonedia dalam menghadapi Jepang ...

Pembahasan Soal:

Terdapat tiga bentuk perjuangan pada masa pendudukan Jepang yaitu kooperatif, bawah tanah, dan perlawanan fisik.

Perjuangan jalan kooperatif di dukung oleh tokoh-tokoh nasional seperti Soekarno, Hatta, dan Ki Hadjar Dewantara. Hal yang mendasar dari para tokoh tersebut mengambil jalan kooperatif adalah untuk menghindari pertumpahan darah dengan militer jepang. Bentuk-bentuk perjuangan kooperatif mengunakan organisasi-organisasi bentukan jepang seperti Putera dan BPUPKI.

Perjuangan bawah tanah di dukung oleh kalangan kiri seperti Sutan Sjahrir dan Amir Syariffudin. Hal mendasari dari para tokoh tersebut mengambil jalan bawah tanah adalah karena kekejaman Jepang dan alasan ideologi fasisme dari Jepang.  Bentuk-bentuk gerakan bawah tanah salah satunya adalah melakukan pembobolan radio untuk mengetahui perkembangan Perang Dunia II karena Jepang mensensor informasi tentang kekalahan Jepang. 

Perlawanan fisik pada masa pendudukan Jepang didorong berbagai faktor seperti melawan praktik Sekerai atau tidak tahan melihat penderitaan rakyat. Perlawanan Sekerai terjadi di Aceh dan Tasikmalaya yang menolak tuntuk untuk menyembah Kaisar Jepang yang dinilai melanggar ajaran Islam. Pemberontakan PETA terjadi di Blitar karena para pemuda yang dilatih oleh Jepang sadar bahwa telah terjadi penindasan yang dilakukan oleh Jepang.

Dengan demikian ada tiga bentuk perjuangan masa Jepang yaitu kooperatif, bawah tanah, dan perjuangan fisik.

0

Roboguru

Jelaskan cara-cara perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan pada masa pendudukan Jepang !

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa pada masa pendudukan Jepang, keinginan bangsa Indonesia untuk merdeka tidak surut. Terdapat tiga perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Gerakan Kolaboratif : gerakan ini dilakukan dengan cara bekerjasama dengan Jepang. Hal ini dikarenakan jika menentang Jepang maka akan memakan banyak korban jiwa dari rakyat. Gerakan ini contohnya dilakukan oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta, K.H. Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara melalui gerakan PUTERA.
  2. Gerakan Bawah Tanah : Makna gerakan bawah tanah adalah perjuangan yang dilakukan secara tertutup dan rahasia. Perjuangan ini biasanya dilakukan oleh bangsa Indonesia yang bekerja di instansi-instansi pemerintahan Jepang. Cara perjuangannya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan tidak resmi, tanpa sepengetahuan Jepang. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dengan bertujuan menghimpun dan mempersatukan rakyat untuk meneruskan perjuangan mencapai kemerdekaan. Gerakan bawah tanah ini tersebar di berbagai tempat seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Medan. Beberapa tokohnya adalah Sutan Syahrir, Achmad Soebardjo, dan Soekarni.
  3. Perjuangan Bersenjata : perjuangan bersenjata merupakan perjuangan dengan menghadapi Jepang dengan cara pertempuran langsung. Pada umumnya disebabkan oleh ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintah pendudukan Jepang. Jepang seringkali bertindak sewenang-wenang yang mengakibatkan kemarahan rakyat Indonesia. Perlawanan ini terjadi di berbagai daerah seperti di Singaparna hingga ke Aceh.

Dengan demikian, terdapat tiga cara perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan pada masa pendudukan Jepang yakni dengan cara berkolaborasi hingga perjuangan bersenjata.

0

Roboguru

JELASKAN SEBAB UTAMA INDONESIA BERPERANG MELAWAN TIRANI JEPANG...

Pembahasan Soal:

Jepang menjajah Indonesia dalam kurun waktu tahun 1942-1945. Tujuan utama Jepang menduduki Indonesia adalah untuk menguasai sumber-sumber alam, terutama minyak bumi, guna mendukung potensi perang Jepang serta mendukung industrinya. Jawa dirancang sebagai pusat penyediaan bagi seluruh operasi militer di Asia Tenggara, dan Sumatera sebagai sumber pasokan minyak utama. Pendudukan Jepang atas Indonesia yang berlangsung dalam kurun waktu 3,5 tahun menimbulkan dampak yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Walaupun hanya menjajah dalam waktu yang relatif singkat akan tetapi penderitaan yang dirasakan oleh rakyat Indonesia sama besarnya dengan masa penjajahan Belanda bahkan ada yang mengatakan bahwa pendudukan Jepang lebih kejam dibandingkan Belanda. Hal ini menimbulkan munculnya perlawanan dari rakyat Indonesia melawan Jepang. Tujuan utama perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang tentu saja adalah untuk mencapai kemerdekaan Bangsa Indonesia. Selain itu penderitaan yang telah dialami oleh masyarakat Indonesia selama ratusan tahun menjadi pemicu dan mendapatkan momennya ketika Jepang berkuasa di Indonesia. Dengan demikian, tujuan utama Indonesia melawan tirani Jepang adalah untuk menjadi negara yang merdeka dan terlepas dari segala bentuk penjajahan negara lain.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved