Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perkembangan sejarah kemaritiman Indonesia pada masa kolonialisme Portugis!

Jelaskan perkembangan sejarah kemaritiman Indonesia pada masa kolonialisme Portugis!

Iklan

D. Wiratama

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kedatangan Kolonialisme Portugis ke Indonesia awalnya didasari oleh semboyan feitoria, fortaleza, dan igreja yang secara harfiah artinya emas, kejayaan, dan gereja, atau perdagangan, dominasi militer, serta penyebaran agama katolik.Semboyan ini sama ketika bangsa Eropa datang ke Indonesia. Bangsa Portugis merupakan bangsa Eropa yang pertama kali menjajah bangsa Indonesia. Pada tahun 1511 bangsa Portugis masuk ke Indonesia melalui jalur laut karena Indonesia merupakan negara maritim sebagai poros dunia. Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas daripada wilayah daratannya, menyebabkan Indonesia disebut negara maritim. Tidak hanya itu, Negara Indonesia menjadi poros maritim dunia. Selain itu Indonesia juga akan kaya rempah rempah di Pulau Maluku. Ekspedisi ini di pimpin oleh Albuquerque sang Gubernur Portugis Kedua memimpin ekspedisi ke Malaka dengan membawa 15 Kapal besar dan kecil serta tentara berjumlah 600 orang. Jalur Bangsa Portugis masuk ke Indonesia. Awalnya Bangsa Portugis masuk ke Indonesia melalui jalur laut yang dimulai dari Malaka, lalu ke Aceh, Banten, Jawa, Cirebon, Sunda Kelapa(Sekarang Jakarta), Laut Banda, Flores, Solor dan sampailah ke Maluku. Saat itulah terjadi penjajahan oleh bangsa Portugis, dengan merampas banyak Rempah-rempah dari Indonesia dan menjualnya di Benua Eropa dengan harga yang sangat tinggi. Padahal, Bangsa Portugis hanya merampas rempah-rempah dari Tanah Maluku. Perkembangan sejarah kemaritiman Indonesia pada masa kolonialisme Portugis adalah karena Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas daripada wilayah daratannya, menyebabkan Indonesia disebut negara maritim. Tidak hanya itu, Negara Indonesia menjadi poros maritim dunia. Selain itu Indonesia juga akan kaya rempah rempah di Pulau Maluku.

Kedatangan Kolonialisme Portugis ke Indonesia awalnya didasari oleh semboyan feitoria, fortaleza, dan igreja yang secara harfiah artinya emas, kejayaan, dan gereja, atau perdagangan, dominasi militer, serta penyebaran agama katolik. Semboyan ini sama ketika bangsa Eropa datang ke Indonesia. Bangsa Portugis merupakan bangsa Eropa yang pertama kali menjajah bangsa Indonesia. Pada tahun 1511 bangsa Portugis masuk ke Indonesia melalui jalur laut karena Indonesia merupakan negara maritim sebagai poros dunia. Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas daripada wilayah daratannya, menyebabkan Indonesia disebut negara maritim. Tidak hanya itu, Negara Indonesia menjadi poros maritim dunia. Selain itu Indonesia juga akan kaya rempah rempah di Pulau Maluku. Ekspedisi ini di pimpin oleh Albuquerque sang Gubernur Portugis Kedua memimpin ekspedisi ke Malaka dengan membawa 15 Kapal besar dan kecil serta tentara berjumlah 600 orang. Jalur Bangsa Portugis masuk ke Indonesia. Awalnya Bangsa Portugis masuk ke Indonesia melalui jalur laut yang dimulai dari Malaka, lalu ke Aceh, Banten, Jawa, Cirebon, Sunda Kelapa(Sekarang Jakarta), Laut Banda, Flores, Solor dan sampailah ke Maluku. Saat itulah terjadi penjajahan oleh bangsa Portugis, dengan merampas banyak Rempah-rempah dari Indonesia dan menjualnya di Benua Eropa dengan harga yang sangat tinggi. Padahal, Bangsa Portugis hanya merampas rempah-rempah dari Tanah Maluku. Perkembangan sejarah kemaritiman Indonesia pada masa kolonialisme Portugis adalah karena Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas daripada wilayah daratannya, menyebabkan Indonesia disebut negara maritim. Tidak hanya itu, Negara Indonesia menjadi poros maritim dunia. Selain itu Indonesia juga akan kaya rempah rempah di Pulau Maluku.

Latihan Bab

Karakteristik Wilayah Indonesia

Jalur Transportasi dan Perdagangan Internasional

Potensi dan Pengelolaan Laut Indonesia

Letak, Luas dan Batas Wilayah

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

978

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan permasalahan berikut! Biaya operasional masih disubsidi pemerintah. Disparitas harga di Indonesia menurun. Keberangkatan kapal tidak sesuai jadwal. Pengangkutan efektif dan...

760

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia