Roboguru

Jelaskan perkembangan lagu Indonesia Raya selama masa pendudukan Jepang di Indonesia!

Pertanyaan

Jelaskan perkembangan lagu Indonesia Raya selama masa pendudukan Jepang di Indonesia! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Lagu Indonesia Raya merupakan karya dari W.R. Soepratman yang pertama kali diperdengarkan ke publik pada saat pelaksanaan Kongres Pemuda II, atau tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928. Dalam perkembangannya, lagu Indonesia Raya merupakan lagu yang dilarang oleh pemerintah kolonial Belanda karena dianggap mampu memprovokasi masyarakat untuk melakukan perlawanan. Pada awal pendudukan Jepang terjadi perubahan dalam sejumlah kebijakan, salah satunya terkait lagu Indonesia Raya. Jepang memperbolehkan pemutaran lagu Indonesia Raya dan juga lagu Kimigayo yang merupakan lagu nasional Jepang. Hal tersebut ditujukan untuk menarik simpati dan dukungan rakyat Indonesia. Namun dalam perkembangannya, Jepang kembali melarang pemutaran lagu Indonesia Raya. Hal yang menadasari perubahan keputusan Jepang tidak jauh berbeda pada masa kolonial.

Dengan demikian, pada awal pendudukannya Jepang memperbolehkan pemutaran lagu Indonesia Raya. Namun dalam perkembangannya, Jepang kembali melarang pemutaran lagu Indonesia Raya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam bidang pendidikan para pelajar harus menghormati budaya dan adat istiadat Jepang. Mereka juga harus melakukan kerja bakti atau yang biasa disebut…

Pembahasan Soal:

Pada masa pendudukan Jepang, kondisi pendidikan di tanah air lebih buruk di bandingkan masa pemerintahan Hindia-Belanda. Jumlah sekolah menurun drastis. Beberapa kegiatan pendidikan di perguruan tinggi sempat terhenti selama beberapa tahun. Baru pada tahun 1943, kegiatan pendidikan di perguruan tinggi di buka kembali. Selain itu, sistem pembelajaran dan kurikulum sekolah ditujukan bagi kepentingan perang. Para pelajar diberikan slogan Hakko Ichiu (yang secara harfiah berarti delapan penjuru dunia di bawah satu atap) Hakko Ichiu adalah ambisi Jepang untuk menyatukan Asia Timur Raya (termasuk Asia Tenggara) dalam satu kepemimpinan, yakni di bawah Kaisar Jepang. Pada awalnya, Jepang sempat bersedia mengakomodasi kurikulum lokal. Kendati demikian, ketika Jepang makin terimpit dalam perang, Jepang mengerahkan sendenbu (petugas propaganda). Tujuannya, menanamkan ideologi yang diharapkan dapat menghancurkan ideologi Indonesia merdeka. Jepang mewajibkan setiap siswa latihan disiplin militer keras seperti tentara Jepang. Siswa diwajibkan melakukan kinrohosyi atau kerja bakti. Mereka diminta mengumpulkan bahan-bahan untuk perang, menanam bahan makanan, membersihkan asrama, dan memperbaiki jalan. Pelatihan ini ditujukan agar siswa memiliki semangat Jepang (Nippon Seishin). Mereka juga harus menyanyikan lagu kebangsaan Jepang Kimigayo, melakukan penghormatan untuk kaisar ke arah Tokyo, menghormati bendera Jepang Hinomaru, dan gerak badan taiso.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah C.

Roboguru

Dampak yang ditimbulkan dari pembubaran lembaga pendidikan bentukan pemerintah kolonial Belanda oleh Jepang adalah ….

Pembahasan Soal:

Salah satu kebijakan pendidikan Jepang adalah membubarkan lembaga pendidikan bentukan pemerintah kolonial Belanda. Hal ini ternyata berdampak pada menurunnya jumlah sekolah di Indonesia. Sebagai contoh, jumlah sekolah lanjutan menurun dari 850 menjadi 20 buah. Selain jumlah sekolah yang berkurang, jumlah murid sekolah ternyata juga berkurang. Jumlah murid sekolah dasar menurun 30% dan jumlah siswa sekolah lanjutan merosot sampai 90%. Begitu juga tenaga pengajarnya mengalami penurunan secara signifikan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Di jenjang sekolah dasar, Jepang mendirikan Kokumin Gakko atau Sekolah Rakyat dengan masa belajar selama ….

Pembahasan Soal:

Jepang memiliki konsep pendidikan yang luas dan merakyat, karena itulah mereka membolehkan semua kalangan untuk merasakan belajar di lembaga-lembaga pendidikan. Meskipun demikian, pada dasarnya tetap ada perbedaan lembaga pendidikan. Di jenjang sekolah dasar, Jepang mendirikan Kokumin Gakko atau Sekolah Rakyat dengan lama masa belajar selama 6 tahun. Lalu untuk pendidikan lanjutan, Jepang mendirikan Shoto Chu Gakko atau Sekolah Menengah Pertama dengan lama studi 3 tahun dan Koto Chu Gakko atau Sekolah Menengah Tinggi juga dengan lama studi 3 tahun.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Di masa pendudukan Jepang aktivitas pendidikan formal di sekolah-sekolah Indonesia mengalami penurunan karena ....

Pembahasan Soal:

Pada masa pendudukan Jepang, keadaan pendidikan di Indonesia semakin memburuk. Dilakukan pembatasan pendidikan sebagai politik Jepang untuk memudahkan pengawasan. Berikut ini beberapa akibat pendudukan Jepang di bidang pendidikan: para pelajar wajib mempelajari bahasa Jepang., para pelajar harus mempelajari adat istiadat Jepang, lagu kebangsaan Jepang Kimigayo, dan gerak badan sebelum pelajaran dimulai, penggunaan Bahasa Indonesia mulai digunakan sebagai bahasa pengantar di semua sekolah dan menjadi mata pelajaran wajib, perkembangan perguruan tinggi mengalami kemunduran, banyak perguruan tinggi yang ditutup pada 1943. dan para pelajar dianjurkan masuk organisasi militer.

Dengan demikian masa pendudukan Jepang aktivitas pendidikan formal di sekolah-sekolah Indonesia mengalami penurunan karena Jepang melakuan pembatasan pendidikan untuk mempermudah pengawasan.

Roboguru

Jepang memberikan pelatihan intensif kepada guru-guru dengan materi pelatihan sebagai berikut, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Dalam rangka mensukseskan sistem pendidikannya, Jepang memandang kalau guru-guru perlu memiliki keseragaman pengertian tentang maksud dan tujuan pendidikan. Oleh karena itu, Jepang memberikan pelatihan intensif kepada guru-guru dengan materi pelatihan sebagai berikut.

  1. Indoktrinasi ideologi hakko ichiu.undefined  
  2. Nippon seishin, yaitu latihan kemiliteran dan semangat Jepang.undefined  
  3. Bahasa, sejarah dan adat-istiadat Jepang.undefined  
  4. Ilmu bumi dengan perspektif geopolitik Asia Timur Raya.undefined  
  5. Olahraga dan nyanyian Jepang.undefined 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved