Roboguru

Jelaskan peristiwa yang terjadi akibat revolusi Bumi

Pertanyaan

Jelaskan peristiwa yang terjadi akibat revolusi Bumi

Pembahasan Soal:

Revolusi Bumi adalah gerakan peredaran Bumi mengelilingi matahari. Revolusi Bumi terjadi akibat gaya tarik-menarik antara Matahari dengan Bumi. Bumi mengelilingi Matahari selama 365 1/4 hari atau sama dengan satu tahun. Beberapa peristiwa yang terjadi akibat revolusi bumi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Perbedaan lamanya siang dan malam. Perbedaan ini diakibatkan oleh bergesernya garis edar matahari sehingga suatu tempat akan mengalami malam yang lebih panjang dibandingkan siang. Di kutub utara malam berlangsung selama 24 jam, sedangkan kutub selatan siang berlangsung selama 24 jam.
  • Pergantian musim. Pergantian musim ini diakibatkan oleh pergeseran garis edar matahari sehingga pada daerah tropis secara garis besar memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Daerah subtropis memiliki 4 musim yaitu musim panas, musim hujan, musim semi, dan musim gugur.
  • Gerak semu tahunan matahari. Gerak ini diakibatkan pergerakan posisi matahari ke arah belahan bumi utara (22 Desember-21 Juni) dan pergerakan posisi matahari dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan (21 Juni-21 Desember) disebut gerak semu harian matahari. Disebut demikian karena sebenarnya matahari tidak bergerak. Gerak itu akibat revolusi bumi dengan sumbu rotasi yang miring. Pergerakan ini menyebabkan kita dapat mengenal dan melihat rasi bintang.
  • Kalender Masehi. Banyaknya hari dalam setahun adalah 365 hari. Untuk mengakomodasi kelebihan 1/4 hari pada tiap tahun, maka lamanya satu tahun diperpanjang 1 hari menjadi 366 hari pada setiap empat tahun. Kelebihan satu hari tersebut terdapat pada bulan Februari. Tahun yang lebih sehari ini disebut tahun kabisat. Tahun kabisat adalah tahun yang habis dibagi empat, contohnya 2000, 2004, 2008, dan seterusnya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah kegunaan hukum Kepler I dan II?

Pembahasan Soal:

Bunyi Hukum I Kepler: Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari matahari dengan matahari berada di salah satu titik fokus elips.

Bunyi Hukum 2 Kepler: Suatu garis khayal yang menghubungkan matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam waktu yang sama.

Kegunaan dari Hukum Kepler yaitu untuk mengetahui jarak rata-rata planet terhadap matahari. Titik di mana planet berada paling jauh dengan matahari disebut aphelium, dan titik di mana planet berada paling dekat dengan matahari disebut perihelium. Perhatikan gambar di attachment untuk lebih jelasnya. Jarak rata-rata planet ke Matahari = (perihelium + aphelium) : 2

0

Roboguru

gerhana bulan sebagian  gerhana matahari cincin  gerhana matahari total  gerhana bulan cincin Fenomena yang terjadi akibat bumi dan bulan mengelilingi matahari adalah ....

Pembahasan Soal:

Bulan merupakan satelit Bumi, bergerak mengelilingi Bumi dengan lintasan berbentuk spiral. Hal ini dikarenakan bulan Bulan mengikuti Bumi mengelilingi Matahari. Pergerakan Bumi mengelilingi Matahari disebut sebagai revolusi bumi. Oleh karenanya, terkadang Bulan ada di dalam dan kadang-kadang di luar lintasan Bumi. Posisi Bulan dan Bumi selama mengelilingi Matahari menyebabkan beberapa fenomena yaitu: librasi bulan, rupa semu bulan, gerhana matahari, dan gerhana bulan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Penyebab pergantian musim di bumi adalah revolusi bumi terhadap...

Pembahasan Soal:

Tiap-tiap belahan Bumi memiliki iklim dan musim yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh gerak semu matahari. Gerak semu matahari mengakibatkan perbedaan intensitas penyinaran matahari di berbagai wilayah Bumi. Perbedaan intensitas inilah yang menjadi penyebab terjadinya perbedaan musim di Bumi.
Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah revolusi bumi terhadap matahari.

 

0

Roboguru

Bumi mengalami pergerakan rotasi dan revolusi, dibawah ini adalah akibat revolusi bumi...

Pembahasan Soal:

Revolusi bumi adalah perputaran bumi terhadap matahari pada orbitnya. Revolusi bumi mengakibatkan beberapa fenomena, yaitu:

  • Perbedaan siang dan malam
  • Gerak semu tahunan matahari
  • Perubahan musim
  • Perubahan kenampakan rasi bintang
  • Terjadinya gerhana bulan
  • Terjadinya gerhana matahari

 

 

0

Roboguru

Salah satu dampak dari revolusi bumi adalah ....

Pembahasan Soal:

Revolusi bumi merupakan pergerakan bumi yang beredar mengelilingi Matahari, dan berlangsung selama 365,25 hari atau satu tahun. Salah satu dampak dari revolusi bumi adalah pergantian musim. Hal tersebut dikarenakan sumbu bumi miring 23,5 derajat terhadap bidang ekliptika. Revolusi bumi akan menyebabkan salah satu belahan bumi (utara atau selatan) lebih condong ke Matahari, sehingga belahan bumi yang lebih condong ke Matahari akan mengalami musim panas, dan di saat yang bersamaan belahan bumi yang lainnya akan mengalami musim dingin, begitupun sebaliknya.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved