Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan zat aditif, adiktif, dan psikotropika …

Jelaskan perbedaan zat aditif, adiktif, dan psikotropika 

Iklan

O. Salu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sam Ratulangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan zat aditif, adiktif dan psikotropika adalah zat aditif boleh digunakan sebagai tambahan di makanan, zat adiktifbahan makanan dan minuman yang dapat menimbulkan kecanduan pada penggunanya, dan psikotropikazat atau obat baik alamiah maupun sintetis yang bukan merupakan narkotika yang berkhasiat psikoaktif berpengaruh selektiif pada saraf pusat dan menyebabkan perubahan mental dan perilaku.

perbedaan zat aditif, adiktif dan psikotropika adalah zat aditif boleh digunakan sebagai tambahan di makanan, zat adiktif bahan makanan dan minuman yang dapat menimbulkan kecanduan pada penggunanya, dan psikotropika zat atau obat baik alamiah maupun sintetis yang bukan merupakan narkotika yang berkhasiat psikoaktif berpengaruh selektiif pada saraf pusat dan menyebabkan perubahan mental dan perilaku.

Iklan

Pembahasan

Jawab : Zat aditif, adiktif dan psikotropika. Zat aditif merupakan zat yang sengaja ditambahkan dalam produk olahan pangan untuk menambah cita rasa, daya tarik, warna, dan daya simpan produk. Zat adiktif adalah narkotika (zat ataupun obat yang berasal dari tanaman) atau bukan tanaman. Baik sintetik maupun semisintetik yang dapat menyebabkan penurunan ataupun perubahan kesadaran. Juga bisa mengurangi ataupun menghilangkan rasa sakit, dan dapat juga menimbulkan ketergantungan. Contoh zat adiktif ganja, kokain, dan opium Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah ataupun sintetik. Bukan narkotika dan berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental ataupun perilaku seseorang. Contoh zat psikotropika adalah LCD (Lysergic Acid Diethylamide) dan amfetamin. Jadi perbedaan zat aditif, adiktif dan psikotropika adalah zat aditif boleh digunakan sebagai tambahan di makanan, zat adiktifbahan makanan dan minuman yang dapat menimbulkan kecanduan pada penggunanya, dan psikotropikazat atau obat baik alamiah maupun sintetis yang bukan merupakan narkotika yang berkhasiat psikoaktif berpengaruh selektiif pada saraf pusat dan menyebabkan perubahan mental dan perilaku.

Jawab :

Zat aditif, adiktif dan psikotropika.

Zat aditif merupakan zat yang sengaja ditambahkan dalam produk olahan pangan untuk menambah cita rasa, daya tarik, warna, dan daya simpan produk.

Zat adiktif adalah narkotika (zat ataupun obat yang berasal dari tanaman) atau bukan tanaman. Baik sintetik maupun semisintetik yang dapat menyebabkan penurunan ataupun perubahan kesadaran. Juga bisa mengurangi ataupun menghilangkan rasa sakit, dan dapat juga menimbulkan ketergantungan. Contoh zat adiktif ganja, kokain, dan opium

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah ataupun sintetik. Bukan narkotika dan berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental ataupun perilaku seseorang. Contoh zat psikotropika adalah LCD (Lysergic Acid Diethylamide) dan amfetamin.

Jadi perbedaan zat aditif, adiktif dan psikotropika adalah zat aditif boleh digunakan sebagai tambahan di makanan, zat adiktif bahan makanan dan minuman yang dapat menimbulkan kecanduan pada penggunanya, dan psikotropika zat atau obat baik alamiah maupun sintetis yang bukan merupakan narkotika yang berkhasiat psikoaktif berpengaruh selektiif pada saraf pusat dan menyebabkan perubahan mental dan perilaku.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ganja berasal dari tanaman ...., sedangkan opium berasal dari tanaman ....

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia