Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan proses pembuatan belerang dengan cara Sisilia, Frasch, dan Claus!

Jelaskan perbedaan proses pembuatan belerang dengan cara Sisilia, Frasch, dan Claus! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Belerang dapat diperoleh dari kerak bumi berupa unsur bebas, mineral sulfida, atau sulfat. Selain itu juga dapat dijumpai dalam gas alam berupa gas hidrogen sulfida dan dalam batu bara atau minyak bumi berupa senyawa belerang organik. Belerang dapat diproduksi dengan menggunakan proses Frasch dan Sisilia. Menurut cara Frasch batuan belerang dalam tanah dicairkan dengan air super panas , kemudian dipompa dan keluar lelehan belerang dan ditampung dalam wadah kemudian dibiarkan mengeras menjadi padatan dan diolah lebih lanjut. Sementara itu, cara sisilia dilakukan dengan mengolah batuan belerang yang berada di atas permukaan tanah. Batu mineral yang mengandung belerang dipanaskan hingga belerang melebur dan terpisah dari batuan, selanjutnya belerang dimurnikan dengan cara sublimasi. Proses Claus adalah proses desulfurisasi gas yang bertujuan untuk memperoleh unsur sulfur dari gas hidrogen sulfida, . Pada proses ini, gas asam sulfida dipanaskan hingga suhu . Gas ini akan terbakar oleh gas oksigen membentuk sulfur dioksida .Gas kemudian dipanaskan dan direaksikan dengan asam sulfida, sehingga menghasilkan belerang murni. Awalnya belerang ini berbentuk , namun kemudian berubah menjadi bentuk yang lebih stabil. Reaksi ini terdiri dari dua langkah, yaitu: Saat ini sebagian besar belerang di dunia dihasilkan melalui proses Claus, karena banyaknya gas dan minyak bumi yang menjadi bahan baku proses Claus.

Belerang dapat diperoleh dari kerak bumi berupa unsur bebas, mineral sulfida, atau sulfat. Selain itu juga dapat dijumpai dalam gas alam berupa gas hidrogen sulfida dan dalam batu bara atau minyak bumi berupa senyawa belerang organik.

Belerang dapat diproduksi dengan menggunakan proses Frasch dan Sisilia. Menurut cara Frasch batuan belerang dalam tanah dicairkan dengan air super panas begin mathsize 14px style left parenthesis 16 space atm comma space 1600 to the power of degree C right parenthesis end style, kemudian dipompa dan keluar lelehan belerang dan ditampung dalam wadah kemudian dibiarkan mengeras menjadi padatan dan diolah lebih lanjut. Sementara itu, cara sisilia dilakukan dengan mengolah batuan belerang yang berada di atas permukaan tanah. Batu mineral yang mengandung belerang dipanaskan hingga belerang melebur dan terpisah dari batuan, selanjutnya belerang dimurnikan dengan cara sublimasi.

Proses Claus adalah proses desulfurisasi gas yang bertujuan untuk memperoleh unsur sulfur dari gas hidrogen sulfida, undefined. Pada proses ini, gas asam sulfida dipanaskan hingga suhu begin mathsize 14px style 850 to the power of degree C end style. Gas ini akan terbakar oleh gas oksigen begin mathsize 14px style open parentheses O subscript 2 close parentheses end style membentuk sulfur dioksida begin mathsize 14px style open parentheses S O subscript 2 close parentheses end style.Gas begin mathsize 14px style S O subscript 2 end style kemudian dipanaskan dan direaksikan dengan asam sulfida, sehingga menghasilkan belerang murni. Awalnya belerang ini berbentuk begin mathsize 14px style S subscript 2 end style, namun kemudian berubah menjadi bentuk begin mathsize 14px style S subscript 8 end style yang lebih stabil.

Reaksi ini terdiri dari dua langkah, yaitu:

begin mathsize 14px style 2 H subscript 2 S and 3 O subscript 2 yields 2 S O subscript 2 and 2 H subscript 2 O 4 H subscript 2 S and 2 S O subscript 2 yields 2 S subscript 2 and 4 H subscript 2 O 4 S subscript 2 yields S subscript 8 end style 

Saat ini sebagian besar belerang di dunia dihasilkan melalui proses Claus, karena banyaknya gas dan minyak bumi yang menjadi bahan baku proses Claus.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

42

Nadilla Dilla

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Alya Widya Ananta

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Proses Frasch sebenarnya hanya memanfaatkan titik leleh belerang yang rendah. Jelaskan pernyataan tersebut.

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia